Tips-tips Berbelanja Makanan di masa New Normal

Pandemi Corona COVID-19 membuat masyarakat diimbau menjalani karantina mandiri untuk mengurangi penyebaran virus corona. Selama pandemi ini, masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Bahkan setelah memasuki masa new normal, masyarakat diharapkan tetap berada di dalam rumah apabila tidak ada kepentingan urgent yang mengharuskan untuk keluar rumah.

Masyarakat juga diimbau untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah (Work From Home), belajar dan beribadah di rumah. Masyarakat hanya dapat keluar rumah dengan alasan urgent seperti membeli persediaan makanan. Dengan situasi terkini, tidak sedikit orang khawatir makanan seperti sayur dan buah yang dibeli di pasar atau supermarket tidak higienis bahkan bisa saja terpapar virus Corona.

Berbelanja makanan dan bahan pokok merupakan salah satu aktivitas yang diizinkan dilakukan di luar rumah saat pandemi virus corona ini. Tapi Masyarakat harus tetap memperhatikan keselamatan diri ketika berbelanja agar terhindar dari terpaparnya virus corona (Covid-19)..

Pasar atau swalayan merupakan tempat yang didatangi banyak orang. Sejumlah bahan makanan juga kemungkinan sudah disentuh tangan orang lain. Namun, tak perlu khawatir. Terdapat beberapa langkah agar tetap aman saat berbelanja, juga cara membersihkan makanan ketika di rumah. Tak jarang, ada sebagian orang melakukan antisipasi, dengan cara langsung mencuci sayuran atau buah dengan sabun sebelum dikonsumsi. Padahal, cara semacam itu belum tentu aman bagi kesehatan dikarenakan sabun tidak dibuat untuk dimakan serta dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika tertelan.

Berikut adalah ulasan terkait cara aman berbelanja bahan makanan dan setelah pulang berbelanja agar tak terpapar virus corona. Yaitu:

1. Gunakan masker dan pakaian lengan panjang saat keluar rumah menuju supermarket

2. Jaga jarak saat berada di pasar dan supermarket dan mengantri dengan tertib saat membayar di supermarket

3. Sedia hand sanitizer secara mandiri

4. Pakai tas belanjaan sendiri dan rawat dengan baik

5. Cuci tangan dengan sabun setelah sampai di rumah.

6. Jangan mencuci sayur dengan sabun, karena sabun tidak dibuat untuk dimakan serta dapat menyebabkan mual, muntah, dan diare jika tertelan. Kalaupun harus menggunakan sabun, agar menggunakan sabun khusus untuk mencuci buah dan sayuran.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Mental Kuat Selama Pandemi Covid-19

Masih berlangsungnya pandemi virus corona (COVID-19) membuat masyarakat cemas dan takut. Kegiatan-kegiatan seperti sekolah dan perkantoran harus dihentikan untuk sementara waktu. Banyak orang saat ini

Read More »

VITAMIN… perlu gak sih?

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. Tapi apakah perlu kita mengkonsumsi vitamin?

Read More »