Tips memilih hewan Kurban dimasa Pandemi Kimia Farma

Ibadah kurban menjadi satu di antara amalan yang sangat dianjurkan saat Idul Adha tiba. Namun Idul Adha kali ini harus digelar sedikit berbeda karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tapi tentunya tidak membuat semangat berkurban Insan Kimia Farma turun. Ini juga dikarenakan sudah tidak adanya PSBB kebijakan dari pemerintah yang membuat masyarakat agak was-was dalam menghadapi Idul Adha ini. Sehingga tentunya ibadah Idul Adha ini bisa dilaksanakan dengan agak lebih tenang dari Idul Fitri kemaren.  Namun protokol kesehatan tetap masih dilakukan sebelum melakukan ibadah, mulai dari jarak yang sudah diatur oleh panitia, mewajibkan jemaahnya menggunakan masker serta sebelum masuk ke masjid juga wajib menggunakan handsanitizer.

Untuk insan Kimia Farma Bogor sendiri melakukan shalat id ditempat masing-masing.  Sebagian juga ada yang melakukannya di masjid Kimia Farma, kantor BM Bogor. Disana memang setelah dilakukannya sholat id memang akan dilakukan penyembelihan hewan kurban. Kebetulan kurban tahun ini terdiri 4 ekor kambing, dimana 3 diantaranya adalah kurban dari insan kimia farma bogor termasuk pak BM. Sedangkan satunya merupakan sumbangan dari gabungan apotek kimia farma 7. Tepat pukul 08.00 wib setelah dilakukannya ibadah shalat id langsung dilakukan penyembelihan hewan kurban.

Pembagian hewan kurban kali ini sebagian dibagikan ke karyawan dan sebagiannya lagi dibagikan kepada warga kelurahan paledang atau disekitaran apotek. Pembagian juga dilakukan oleh panitia yang merupakan pegawai kimia farma juga. Panitia dari Kimia Farma sebanyak 10 orang, selebihnya dibantu oleh warga sekitar masjid untuk proses penyembelihannya.

Hal menarik yang dirasakan adalah ketika proses pemotongan kambing kurban ada panitia yang ternyata takut melihat pemotongan.  Badannya jadi gemeteran dan membuat semua panitia yang hadir gelak tawa melihat ketakutan dari panitia satu ini. Secara umum proses penyemblihan berjalan lancar dan penuh dengan nuansa kekeluargaan.

Namun yang jadi perhatian saat pandemi adalah dalam menentukan hewan kurban yang akan kita pilih. Kita harus bisa memastikan hewan yang akan kita beli memiliki surat kesehatan hewan yang dikeluarkan oleh dokter hewan setempat. Selain itu ciri yang bisa diperhatikan terkait kondisi hewan yang akan disembelih adalah kulit dan bulunya mengkilat dan bening, jika ditemukan banyak bulu yang rontok itu juga menjadi catatan yang harus diperhatikan lagi. perhatikan juga lubang hidupnya seperti lubang mata, hidung, dubur, telinga pastikan tidak mengeluarkan darah, kondisi hewannya juga tidak pincang serta yang penting matanya tidak boleh kuning tapi harus putih dan segar. Proses penyembelihannya juga sudah sesuai dengan standar pencegahan covid 19. Petugas penyembelihan semuanya wajib menggunakan masker, dihimbau untuk tidak berkerumun, dan selalu menjaga jarak satu sama lainnya.

Proses penyembelihan ini selesai sampai dibagikan sampai dengan pukul 11:00 WIB, setelah ini baru semua panitia pulang dan tentunya sebelum pulang dibersihkan bekas dari pemotongan kambing kurban. (DM)

kurban kfa UB Bogor
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

VITAMIN… perlu gak sih?

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. Tapi apakah perlu kita mengkonsumsi vitamin?

Read More »

Handsanitizer yang Baik

Mengenal Hand Sanitizer Menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus selalu dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Salah satunya yang terpenting adalah menjaga kebersihan tangan, pasalnya

Read More »

Mitos atau Fakta Seputar Covid-19

Pandemi COVID-19 adalah peristiwa menyebarnya penyakit covid di seluruh dunia. Penyakit ini disebabkan oleh corona virus jenis baru yang diberi nama SARS-Cov 2. COVID-19 pertama kali dideteksi di Kota Wuhan

Read More »