Tips Melakukan Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Bugar

Tips Melakukan Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Bugar

Olahraga merupakan hal yang sangat baik dilakukan bagi semua orang, bahkan dianjurkan oleh para dokter demi menjaga kesehatan tubuh seseorang. Dikutip dari laman Kompas, manfaat olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan, kebugaran, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Bahkan banyak orang merasakan jika sudah rutin berolahraga dan sesekali tidak melakukannya akan lebih mudah merasa cemas dan kadar hormon stresnya rentan melonjak dan hal itu dapat mengganggu respon imun dan membuat seseorang jadi lebih rentan terkena infeksi. Saat tubuh aktif bergerak dan digunakan untuk olahraga, dapat membuat seseorang juga lebih mudah tidur nyenyak di malam hari.

Namun selama ramadan seperti sekarang, tentunya akan membuat waktu olahraga menjadi sangat berkurang. Banyak yang beralasan bahwa saat berpuasa tubuh mereka jadi tidak bertenaga dan lemas sehingga tidak memungkinkan untuk berolahraga. Padahal dengan tetap melakukan olahraga di saat puasa akan membuat tubuh kita menjadi lebih bugar dan tidak mudah sakit.

Tentunya dengan beberapa penyesuaian baik waktu hingga pemilihan jenis olahraga yang harus disesuaikan agar tidak mengganggu ibadah puasa itu sendiri.

Dikutip dari beberapa sumber berikut tips melakukan olahraga saat puasa agar tetap bugar:

1. Pilih waktu terbaik

Tentunya saat puasa kita tidak bisa melakukan olahraga dengan sembarangan, pasalnya perut dalam kondisi kosong dan olahraga dijalankan tanpa asupan air. Salah satu rekomendasinya adalah melakukan olahraga 1,5 jam sebelum buka puasa, 1 jam setelah berpuasa atau sebelum sahur. Tentunya dengan penyesuaian jenis olahraga dengan waktunya. Jika melakukan sebelum buka puasa usahakan melakukan olahraga yang ringan dan tidak terlalu membebani tubuh seperti yoga atau jalan santai begitupun dengan sebelum sahur. Jika setelah berbuka biasanya lebih leluasa memilih jenis olahraga seperti angkat beban namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti hindari makan berlebihan sebelum olahraga, pastikan juga sudah minum cukup air untuk rehidrasi serta bekal tambahan bahan bakar tubuh saat olahraga, dan hindari melakukannya terlalu dekat dengan waktu tidur.

2. Pilih jenis olahraga yang tepat

Selain pemilihan waktu yang tidak boleh sembarangan, jenis olahraga bagi orang yang sedang berpuasa pun harus diperhatikan dengan baik agar tidak menimbulkan kelelahan yang berarti atau bahkan dehidrasi. Jenis-jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan seperti yoga, jogging ringan, jalan santai, peregangan, bersepeda dan pilates. Tentunya jenis dan intensitas waktu olahraga tidak bisa disamakan antara orang yang satu dengan yang lainnya, sesuaikan kebutuhan olahraga dengan kondisi fisik. Selain itu bagi orang-orang yang memiliki riwayat medis khusus akan sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu terkait pemilihan jenis olahraga.

3. Perhatikan asupan makan

Konsumsi makanan yang mengandung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, lemak, vitamin, sampai dengan mineral agar kebutuhan tubuh dapat terpenuhi. Selain itu, pemilihan asupan makanan ini sangat penting agar tubuh tetap kuat dalam berpuasa dan juga tetap bugar dengan menerapkan olahraga.

4. Penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik selama puasa sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran. Jika biasanya saat jogging akan membawa minum, hal ini tentu tidak dapat dilakukan saat sedang puasa. Untuk itu cara menyiasatinya adalah dengan mengatur asupan minuman saat sahur dan berbuka.

5. Maksimalkan waktu istirahat

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar saat puasa adalah waktu tidur harus cukup. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh. Selain itu kurangnya waktu tidur juga dapat menimbulkan kelelahan yang akan berakibat pada tidak produktifnya seseorang karena idealnya orang dewasa memerlukan waktu tidur 7-9 jam per hari.



 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »