Suplemen Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Asam Urat

Suplemen Makanan yang Dapat Membantu Meredakan Asam Urat

Gout atau yang biasa disebut dengan asam urat merupakan penyakit radang sendi yang disebabkan oleh peningkatan kadar asam urat (produk pemecahan purin). Kristal asam urat disimpan di sendi, tendon, ginjal dan jaringan lain dimana dapat menyebabkan peradangan hingga kerusakan serius.

Gejala yang biasa dirasakan oleh penderita asam urat ialah rasa sakit yang hebat di salah satu sendi dan tak jarang bengkak. Namun kendati demikian asam urat masih dapat diatasi dan dicegah sehingga dapat mengurangi keparahannya.

Berikut ulasan lengkap hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah dan mengatasi asam urat:

Diet

Beberapa kebiasaan konsumsi makanan yang dapat memicu asam urat antara lain: alkohol, makanan tinggi purin (seperti jeroan, daging, ragi, dan unggas), lemak, karbohidrat olahan, dan kalori berlebih. Diet merupakan pilihan terbaik saat mengalami asam urat terutama untuk makan-makanan yang mengandung purin dan karbohidrat olahan.

Hindari mengkonsumsi alkohol

Alkohol terbukti dapat mempercepat pemecahan purin menjadi asam urat sekaligus mengurangi pembuangan asam urat dengan meningkatkan produksi laktat yang mengganggu fungsi ginjal.

Kurangi konsumsi vitamin c dan vitamin B3 (Niacin)

Dosis vitamin C yang berlebihan harus dihindari pada penderita asam urat karena dapat meningkatkan kadar asam urat pada beberapa individu. Begitupun Niacin dosis tinggi (misal di atas 100 mg per hari) harus dihindari pada penderita asam urat karena berkompetisi dengan asam urat dalam proses pembuangan dari tubuh.

Diet alkali/basa dan perbanyak konsumsi air putih

Semakin tinggi pH urin (semakin alkalin/ basa), semakin meningkat pula kelarutan asam urat. Diet alkali / basa dapat meningkatkan pengeluaran asam urat melalui urin dari 302 mg/ hari pada pH 5,9 dan 413 mg/ hari pada pH 6,5. Sedangkan  konsumsi air putih yang banyak dapat menjaga urin tetap encer sehingga meningkatkan pembuangan asam urat. Minumlah setidaknya 1,5 liter air putih setiap hari.

Konsumsi suplemen makanan yang dapat mencegah atau meringankan gejala asam urat

Beberapa suplemen makanan mengandung bahan aktif yang terbukti dapat meringankan gejala serta menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Berikut beberapa kandungan dalam suplemen yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat:

          • Devil’s claw (Harpagophytum procumbes)

Tanaman asli Afrika ini memiliki sejarah panjang dalam pengobatan gangguan pencernaan, arthritis, peradangan, dan nyeri. Studi klinis juga menunjukkan kemungkinan membantu pada pasien dengan asam urat, low-back-pain, dan osteoarthritis. Pada terapi penyakit asam urat, tanaman ini terbukti mengurangi nyeri sendi serta mengurangi kadar asam urat.

          • Fish Oil

Suplementasi minyak ikan terbukti bermanfaat dalam pengobatan asam urat. Asam lemak omega-3 EPA dan DHA membatasi produksi leukotrien, yang berperan dalam peradangan dan kerusakan jaringan yang diamati pada penderita asam urat.

          • Asam Folat

Asam folat telah terbukti menghambat kerja enzim xanthine oxidase yang berperan dalam pembentukan asam urat. Walaupun penelitian tidak sepenuhnya konklusif terhadap terapi, hasil positif telah dilaporkan oleh penderita asam urat.

          • Quercetin

Hasil studi menunjukkan quercetin terbukti menurunkan asam urat melalui mekanisme penghambatan xanthine oxidoreductase (XOR).

 



 

 

Sumber:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait