Proton Pump Inhibitors

Obat Golongan Ini:

lansoprazole, omeprazole, pantoprazole

Indikasi Umum:

Proton pump inhibitor (PPI) adalah pengobatan lini pertama untuk:

        1. Pencegahan dan pengobatan penyakit tukak lambung, termasuk tukak yang berhubungan dengan NSAID.
        2. Meredakan gejala dispepsia dan penyakit gastroesofagus refluks.
        3. Pemberantasan infeksi Helicobacter pylori, yang digunakan dalam kombinasi dengan terapi antibiotik.

Cara Kerja:

Proton pump inhibitor (PPI) mengurangi sekresi asam lambung. Obat ini bertindak dengan menghambat H+/K+-ATPase secara ireversibel dalam sel parietal lambung. Adalah ‘pompa proton’ yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan H+ dan menghasilkan asam lambung. Keuntungan menargetkan tahap akhir produksi asam lambung adalah bahwa mereka mampu menekan produksi asam lambung hampir seluruhnya. Inilah yang membedakannya dari golongan H2-receptor antagonist.

Efek Samping:

Efek samping umum dari PPI adalah gangguan gastrointestinal dan sakit kepala. Dengan meningkatkan pH lambung, PPI dapat mengurangi pertahanan tubuh terhadap infeksi; ada beberapa bukti peningkatan risiko infeksi Clostridium difficile pada pasien yang memakai PPI. Pengobatan jangka panjang dengan PPI dapat menyebabkan hipomagnesemia, yang jika parah dapat menyebabkan tetany dan aritmia ventrikel.

Peringatan:

PPI dapat menyamarkan gejala kanker lambung. Ada bukti epidemiologis bahwa PPI, terutama bila diberikan dengan dosis tinggi untuk kursus lama pada orang tua, dapat meningkatkan risiko patah tulang. Oleh karena itu, pasien yang berisiko osteoporosis harus diidentifikasi dan ditangani dengan tepat.

Interaksi:

Ada beberapa bukti bahwa PPI, terutama omeprazole, mengurangi efek antiplatelet dari clopidogrel dengan menurunkan aktivasinya oleh enzim sitokrom P450. Pemahaman terus berkembang tentang masalah ini, tetapi bukti saat ini menunjukkan bahwa lansoprazole dan pantoprazole memiliki kecenderungan lebih rendah untuk berinteraksi dengan clopidogrel. Dengan demikian, kedua obat tersebut adalah PPI yang disukai saat meresepkan bersama clopidogrel.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Angiotensin receptor blockers

Obat Golongan Ini: losartan, candesartan, irbesartan Indikasi Umum: Angiotensin receptor blockers (ARB) umumnya digunakan ketika ACE inhibitor tidak dapat ditoleransi karena batuk. Indikasinya sama: Hipertensi:

Read More »

Diuretics, potassium-sparing

Obat Golongan Ini: amiloride (sebagai co-amilofruse, co-amilozide) Indikasi Umum: Sebagai bagian dari terapi kombinasi, untuk pengobatan hipokalemia yang timbul dari terapi loop- atau thiazide-diuretik. Antagonis

Read More »

Diuretics, loop

Obat Golongan Ini: Furosemide, bumetanide Indikasi Umum: Untuk menghilangkan sesak pada edema paru akut (acute pulmonary oedema) dalam konjugasi dengan oksigen dan nitrat.  Untuk pengobatan

Read More »

Nitrates

Obat Golongan Ini: Isosorbide mononitrate, glyceryl trinitrate Indikasi Umum: Nitrat kerja pendek/ short-acting (gliseril trinitrat) digunakan dalam pengobatan angina akut dan nyeri dada yang berhubungan

Read More »

Lidocaine

Indikasi Umum: Sangat umum, sebagai anestesi lokal pilihan pertama, misalnya, kateterisasi urin dan prosedur minor (misalnya penjahitan). Jarang, sebagai obat antiaritmia pada ventricular tachycardia (VT)

Read More »