Protokol Pencegahan Penularan Virus COVID-19 pada Transportasi Umum

Di Era New Normal ini mulai diberlakukan Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB. Dimana tidak dapat dihindarkan lagi, setiap orang akan memulai aktivitasnya kembali dengan kebiasaan-kebiasaan baru. Bagi sebagian besar orang akan mengawali aktivitas dengan cara menaiki transportasi umum seperti busway, kereta, maupun angkutan kota. Transportasi umum rentan terhadap penularan infeksi Virus Covid-19. Adapun beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Virus Covid-19 pada transportasi umum, berikut diantaranya:

  • Bila sedang dalam kondisi tidak sehat, jangan memaksakan diri untuk naik transportasi umum.

Hal ini dilakukan untuk saling menjaga diri dan sesama agar dapat terhindar dari kemungkinan kita menularkan kepada orang lain atau bahkan kita yang tertular oleh orang lain. Ketika kondisi kita tidak sehat atau sakit daya tahan tubuh akan menurun dan mudah terserang penyakit dari luar.

  • Gunakan masker dan bawa hand sanitizer

Tidak hanya dipakai oleh yang sakit, masker juga harus digunakan semua orang terutama yang bepergian menggunakan kendaraan umum. Sedangkan untuk hand sanitizer digunakan sebagai alternatif bila tidak dapat mencuci tangan dengan air yang mengalir, hand sanitizer yang disarankan minimal memiliki kandungan alkohol 70%.

  • Hindari menyentuh pintu atau pegangan atau gunakan sarung tangan

Virus bisa saja masih menempel di benda-benda tertentu seperti pintu atau pegangannya, maka kita harus berhati-hati agar tidak menyentuhnya. Jika perlu dapat menggunakan sarung tangan.

  • Jaga jarak antar-penumpang

Tetap jaga jarak minimal dengan penumpang lain minimal 1 meter.

  • Jangan berbagi makanan dan minuman

Tidak ada salahnya memang untuk berbagi makanan ke sesama penumpang. Namun di tengah pandemi ini, Anda disarankan untuk meninggalkan kebiasaan tersebut. Jangan berbagi makanan dan minuman dari wadah yang sama.

  • Konsumsi makanan bergizi, air mineral dan rutin minum vitamin

Menjaga daya tahan tubuh sangatlah penting agar tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi serta seimbang, dibantu dengan konsumsi vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Langkah-langkah di atas adalah pencegahan penularan Virus Covid-19 pada transportasi umum yang harus diperhatikan. Hal ini diharapkan dapat melindungi orang dirumah dari penularan lebih lanjut (penularan sekunder). Semoga kita semua tetap sehat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Panduan Isolasi Mandiri

Panduan Isolasi Mandiri

Meningkatnya kasus Covid-19 belakangan ini membuat terjadinya penumpukan jumlah pasien positif di rumah sakit maupun tempat singgah yang disiapkan oleh Pemerintah. Hal ini membuat Pemerintah

Read More »
Enam jenis vaksin covid-19

Enam Jenis Vaksin Covid-19

Pada 1 Juni 2021, WHO mengumumkan telah menyetujui vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk penggunaan darurat. Selain Sinovac, hingga saat ini WHO juga telah memberikan enam

Read More »