Protokol Pencegahan Covid-19

Protokol Pencegahan Covid-19

Saat ini Indonesia kembali dihadapkan dengan meningkatnya angka kasus Covid-19 di seluruh daerah, dalam hal ini Pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah masyarakat yang tervaksinasi agar mempercepat pembentukan herd immunity. Namun selain itu, masyarakat sendiri memiliki peran penting dalam memutus mata rantai penularan Covid-19 agar tidak menimbulkan sumber penularan baru/cluster pada tempat-tempat dimana terjadinya pergerakan orang dan berkumpulnya banyak orang.

Masyarakat harus dapat beraktivitas kembali dalam situasi pandemi Covid-19 dengan beradaptasi pada kebiasaan baru yang lebih sehat, bersih, dan taat yang harus dilaksanaan oleh seluruh komponen yang ada.

Nah untuk itu, berikut protokol 5M yang bisa dilakukan untuk mencegah Covid-19:

    1. Memakai Masker
      Gunakanlah masker setiap kali keluar rumah dan atau beraktifitas di luar ruang yang mempertemukan serta berkomunikasi dengan banyak orang.
    2. Mencuci Tangan
      Meningkatkan intensitas cuci tangan dengan sabun sangat dianjurkan, usahakanlah selalu mencuci sesaat atau sesudah memegang benda-benda disekitar, saat akan makan dan atau berjabat tangan.
    3. Menjauhi Kerumunan
      Usahakanlah selalu berada diruang terbuka dan menjauhi kerumunan, batasilah jumlah orang yang berada di dalam satu ruang agar menghindari terjadinya penularan Covid-19 yang lebih cepat.
    4. Menjaga Jarak
      Tetaplah menjaga jarak aman disaat melakukan antri atau berdiri di area umum seperti lift, halte dan area kantor. Menurut Satgas Covid-19 jarak aman antar orang minimal adalah 1,5 meter, hal ini mencegah terjadinya cipratan droplet antar orang.
    5. Membatasi Mobilitas
      Pembatasan mobilitas penduduk juga sangat amat di anjurkan untuk mencegah terjadinya angka ledakan kasus positif Covid-19. Hal ini bisa dilakukan dengan pengadaan PSBB, PPKM, hingga penutupan sementara tempat-tempat umum yang berpotensi memicu kerumunan masyarakat.
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Enam jenis vaksin covid-19

Enam Jenis Vaksin Covid-19

Pada 1 Juni 2021, WHO mengumumkan telah menyetujui vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk penggunaan darurat. Selain Sinovac, hingga saat ini WHO juga telah memberikan enam

Read More »
6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »