Persiapkan Diri Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Persiapkan Diri Sebelum dan Sesudah Mendapatkan Vaksinasi Covid-19

Program Vaksinasi Covid-19 untuk membentuk herd immunity di Indonesia hingga saat ini terus dimaksimalkan oleh Pemerintah Indonesia. Jika pada tahap awal hanya diberikan kepada tenaga kesehatan saat ini Pemerintah menggandeng beberapa entitas untuk membantu melaksanakan program vaksinasi, salah satunya yang dijalankan oleh Kementerian BUMN dengan mengadakan Sentra Vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN. Program vaksinasi ini ditujukan untuk kalangan lansia dan pekerja pelayanan publik BUMN, masyarakat pun menyambut baik dengan diadakannya hal tersebut. Terbukti dari press release Kementerian BUMN (23/03/21) yang disampaikan oleh Bapak Erick Thohir selaku Menteri BUMN bahwa sudah lebih dari 100 ribu lansia dan pekerja pelayanan publik BUM sudah mendapatkan vaksinasi.

Namun ternyata di tengah antusiasme masyarakat untuk mendapatkan vaksin masih ada beberapa kalangan yang mengaku takut akan efek samping yang akan diterima setelah vaksinasi, selain itu banyak dari mereka yang juga belum mengetahui apa yang harus dipersiapkan sebelum dan sesudah melakukan vaksinasi.

Nah berikut beberapa ulasan yang dikutip dari berbagai sumber mengenai persiapan yang harus dilakukan sebelum dan sesudah mendapatkan Vaksinasi Covid-19:

1. Sebelum 

      • Pastikan sudah terdaftar sebagai peserta penerima vaksin

Hal utama yang harus dilakukan sebelum melakukan vaksinasi adalah memastikan bahwa diri kita sudah termasuk ke dalam daftar orang yang akan mendapatkan vaksinasi, setelah itu catat jadwal dan lokasi yang tertera agar tidak terjadi kekeliruan baik tempat maupun waktu.

      • Konsultasi ke dokter bagi yang memiliki riwayat penyakit penyerta/komorbid

Bagi penerima vaksinasi yang memiliki riwayat penyakit akan lebih baik berkonsultasi dengan dokter pribadinya untuk mengurangi efek samping yang mungkin akan terjadi.

      • Perhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Makanan dan minuman yang dikonsumsi sebelum melakukan Vaksinasi Covid-19 juga harus diperhatikan. Hindari makanan atau minuman yang membuat tubuh tidak fit, seperti kopi atau bahkan alkohol.

      • Istirahat yang cukup

Usahakan sebelum mendapatkan vaksinasi kita harus memiliki waktu istirahat yang cukup dan jangan begadang. Jika tubuh terlalu lelah dan kurang istirahat dapat membuat kondisi tubuh menurun hingga membatalkan jadwal vaksinasi.

2. Sesudah:

      • Pastikan tubuh tetap dalam kondisi stabil setelah 30 menit divaksinasi, jika mengalami keluhan pasca vaksinasi segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat.
      • Tetap lakukan protocol kesehatan dengan selalu menjaga jarak aman, mencuci tangan sebelum dan setelah melakukan aktivitas, serta selalu menggunakan masker.
      • Walaupun sudah mendapatkan vaksinasi, usahakan untuk tetap mengurangi aktivitas diluar rumah yang berpotensi kerumunan. Seperti pesta, liburan atau ke pusat perbelanjaan


 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »