You are currently viewing Penyebab dan Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Penyebab dan Cara Mengatasi Ngantuk Saat Puasa

Sering menguap dan ngantuk saat puasa merupakan hal yang biasa. Ini terjadi terutama saat berada di kantor pada siang hari. 

Sebagian besar masyarakat mengasumsikan hal tersebut dikarenakan faktor jam tidur yang berkurang. Benarkah demikian? Bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut ulasannya.

Penyebab Ngantuk

Tantangan yang harus dihadapi oleh orang yang sedang berpuasa selama bulan Ramadan tidak hanya menahan diri dari rasa haus dan lapar saja. Ada tantangan berat lainnya, yaitu harus menahan rasa kantuk, terutama saat bekerja di siang hari. 

Kondisi tersebut jika tidak segera diatasi bisa mengganggu kinerja , mulai dari tidak bisa fokus dalam melaksanakan tugas hingga tertidur saat jam operasional kantor belum berakhir. 

Itu sebabnya dibutuhkan cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Namun sebelumnya, Sahabat Kaef harus memahami terlebih dahulu apa saja yang membuat rasa ngantuk saat puasa muncul. 

Lantas, apa saja penyebab timbulnya rasa kantuk tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Simak ulasan berikut ini. 

Faktor Penyebab Munculnya Ngantuk Saat Berpuasa

Selama bulan Ramadan ada perubahan jadwal dalam melaksanakan aktivitas harian. Kondisi tersebut bisa mempengaruhi jam biologis dan juga metabolisme tubuh. Dampak yang terjadi adalah tidak bisa konsentrasi saat bekerja dan munculnya rasa kantuk. 

Menurut ahli gizi dari UGM, Perdana Samekto menyatakan bahwa ada dua faktor yang menyebabkan timbulnya rasa ngantuk saat berpuasa, yaitu adanya perubahan pola makan dan kurang tidur. 

Sedangkan beberapa penelitian menyebutkan, selain kedua hal tersebut masih ada beberapa faktor lain yang membuat timbulnya kantuk di siang hari saat berpuasa. 

Yaitu adanya penurunan kadar gula darah dalam tubuh, metabolisme yang berubah, dan kekurangan zat besi. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai penyebab timbulnya rasa ngantuk saat berpuasa, simak penjelasan berikut ini. 

  1. Perubahan Pola Makan

Saat Ramadan, banyak yang mengeluh sering ngantuk saat puasa. Adanya perubahan pola makan disebut-sebut sebagai alasan pertama yang membuat hal ini terjadi. 

Bayangkan saja, saat berbuka puasa, hidangan yang kerap disajikan adalah yang mengandung santan, gula, dan minyak. Misalnya, kolak, es campur, aneka gorengan, lodeh, gulai, dan makanan siap saji. 

Sedangkan menu saat sahur juga tidak jauh dari jenis makanan yang “berat” dan dikonsumsi secara berlebihan. 

  1. Jam Tidur Berkurang

Penyebab kedua yang membuat umat muslim mengantuk di siang hari saat puasa adalah berkurangnya jam istirahat. 

Pasalnya, selama Ramadan beberapa aktivitas mengalami perubahan jadwal seperti, makan dan minum, olahraga, dan interaksi sosial. 

Penangguhan tersebut dilakukan hingga menjelang buka puasa atau bahkan hingga malam hari. Ditambah lagi dengan kegiatan ibadah selama bulan ramadan seperti tarawih, tadarus, sholat malam, dan i’tikaf di masjid. 

Semua kegiatan tersebut otomatis akan mengurangi jam tidur serta kualitas tidur selama ramadan. Walaupun tidak terlalu parah, namun bisa membuat ngantuk saat puasa atau tidak bisa konsentrasi saat bekerja. 

  1. Penurunan Kadar Gula Darah

Asupan gula atau glukosa dalam darah memang sangat dibutuhkan bagi tubuh. Kadar gula yang menurun selama berpuasa membuat kinerja otak berkurang sehingga sulit untuk berkonsentrasi. 

Pasalnya, otak manusia memperoleh energi dalam bentuk glukosa. Bahkan, hampir 60% glukosa dalam tubuh dikonsumsi oleh otak. 

Ketika kadar gula dalam darah menurun, maka menjadi rentan terhadap serangan rasa kantuk sehingga bisa mempengaruhi produktivitas. 

  1. Metabolisme Tubuh Berubah

Faktor yang keempat ini berkaitan dengan adanya perubahan terhadap pola makan, yaitu metabolisme tubuh yang ikut mengalami perubahan. 

Ketika berpuasa, suhu inti tubuh menjadi berkurang, begitu pula dengan produksi hormon kortisol yang membantu seseorang untuk bisa tetap terjaga saat siang hari. Akibatnya pun jadi mudah mengantuk saat menunaikan puasa, khususnya pada siang hari. 

  1. Kekurangan Zat Besi

Porsi saat sahur sering diklaim sebagai salah satu penyebab ngantuk saat puasa. Umumnya, orang akan memasak dalam jumlah banyak agar bisa dimakan sebagai menu berbuka puasa sekaligus sahur. 

Terkadang jika terlambat bangun atau sedang malas memasak, maka akan mencari makanan siap saji atau menyiapkan menu yang praktis tanpa memperhatikan kebutuhan gizi bagi tubuh. 

Pola makan yang berubah saat sahur ini bisa berdampak pada kurangnya asupan zat besi bagi tubuh. 

Sedangkan zat besi tersebut dibutuhkan agar tubuh bisa menyerap banyak oksigen yang bisa mencegah rasa kantuk. Akibatnya akan merasa mengantuk saat bekerja di siang hari.   

Cara Mengatasi Ngantuk Ketika Berpuasa

Kinerja  di siang hari akan ikut mengalami penurunan jika penyebab ngantuk saat puasa tersebut tidak segera diatasi. Agar tubuh tetap bugar dan produktif selama bulan ramadan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya adalah: 

  1. Atur Jam Tidur

Ngantuk saat puasa bisa diatasi dengan mengatur jadwal tidur dan menjaga kualitasnya. Caranya adalah dengan menghindari tidur larut malam atau begadang jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. 

Lebih baik  tidur lebih awal dari biasanya atau setelah selesai sholat Tarawih agar tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup sehingga tetap segar dan tidak mengantuk saat siang hari.  

  1. Cuci Muka atau Berwudhu

Cara kedua untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan mencuci muka, lebih baik lagi jika berwudhu dengan menggunakan air dingin. 

Selain membersihkan dari hadas kecil, dengan berwudhu juga bisa mengatasi ngantuk saat puasa dan tubuh pun menjadi lebih segar dan rileks.

Air dingin yang diusapkan ke bagian wajah melalui wudhu tersebut akan memberi sinyal kepada tubuh untuk lebih terjaga sehingga pun bisa kembali fokus pada pekerjaan. 

Sedangkan air wudhu yang membasahi lengan dan kaki akan meningkatkan sirkulasi darah sehingga mampu mengirim nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan ke seluruh sel-sel tubuh.  

  1. Mandi dengan Air Dingin

Apabila memungkinkan, mandilah dengan menggunakan air dingin untuk mengusir rasa kantuk secara instan. Suhu air yang dingin tersebut mampu melancarkan peredaran darah serta memberikan  energi pada tubuh.  

  1. Lakukan Peregangan

Cara berikutnya untuk mengatasi rasa kantuk adalah dengan melakukan peregangan sederhana. Sebab, salah satu penyebab ngantuk saat puasa dikarenakan tubuh kurang bergerak dalam waktu yang relatif lama. 

Sahabat Kaef bisa berjalan di sekitar ruangan atau di halaman kantor yang teduh selama beberapa menit sambil menghirup udara segar. 

Dengan cara ini, aliran darah kembali lancar dan asupan oksigen ke otak pun semakin meningkat sehingga bisa mengusir rasa kantuk. 

  1. Tidur Siang

Jika semua cara sudah dilakukan namun masih mengantuk, jangan paksakan diri dan tidurlah sejenak. Sahabat Kaef bisa memanfaatkan jam makan siang untuk sholat dhuhur dan mengistirahatkan tubuh dengan cara tidur siang. 

Tidur selama 10-20 menit cukup untuk menyegarkan kembali pikiran dan tubuh. Bila perlu, atur alarm agar bisa bangun bisa tepat waktu dan semangat untuk beraktivitas kembali. 

Nah, itulah penyebab rasa kantuk yang mudah timbul saat seseorang berpuasa dan cara untuk mengatasinya. Memang, rasa kantuk sangat mudah untuk timbul dan Sahabat Kaef dapat mencegahnya sebelum terjadi. Pastikan untuk mengatur waktu tidur dengan tepat disertai dengan tidur siang di jam istirahat agar konsentrasi dan produktivitas tetap terjaga.

Untuk menjaga konsentrasi dan produktivitas dalam bekerja saat puasa, Sahabat Kaef bisa mendapatkan suplemen dan multivitamin tambahan yang bisa dibeli melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Pembelian obat langsung diantar ke rumah dalam waktu yang cepat. Untuk menikmati kemudahan ini, download aplikasi Kimia Farma Mobile sekarang juga di Google Play atau Apps Store !

Sumber

https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/adult-health/in-depth/sleep/art-20048379?pg=1

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/26/131700965/sering-ngantuk-saat-berpuasa-berikut-penjelasan-dan-cara-mengatasinya?page=all

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20220407140915-33-329695/10-cara-menghilangkan-rasa-ngantuk-saat-puasa