Nitrates

Obat Golongan Ini:

Isosorbide mononitrate, glyceryl trinitrate

Indikasi Umum:

      1. Nitrat kerja pendek/ short-acting (gliseril trinitrat) digunakan dalam pengobatan angina akut dan nyeri dada yang berhubungan dengan sindrom koroner akut.
      2. Nitrat kerja panjang/ long-acting (misalnya isosorbide mononitrate) digunakan untuk profilaksis angina di mana β-blocker dan/ atau calcium channel blocker tidak mencukupi atau tidak dapat ditoleransi.
      3. Nitrat intravena digunakan dalam pengobatan pulmonary oedema, biasanya dalam kombinasi dengan furosemid dan oksigen.

Cara Kerja:

Nitrat diubah menjadi nitric oxide (NO). NO meningkatkan sintesis cyclic guanosine monophosphate (cGMP) dan mengurangi Ca2+ intraseluler dalam sel otot polos pembuluh darah, menyebabkannya menjadi rileks. Hal ini menyebabkan vena dan, pada tingkat yang lebih rendah, vasodilatasi arteri. Relaksasi pembuluh kapasitansi vena mengurangi preload jantung dan pengisian ventrikel kiri. Efek ini mengurangi kerja jantung dan kebutuhan oksigen miokardial, mengurangi angina dan gagal jantung. Nitrat dapat meredakan vasospasme koroner dan melebarkan pembuluh darah kolateral, meningkatkan perfusi koroner. Mereka juga mengendurkan arteri sistemik, mengurangi resistensi perifer dan afterload. Namun, sebagian besar efek anti-anginal dimediasi oleh pengurangan preload.

Efek Samping:

Sebagai vasodilator, nitrat biasanya menyebabkan kemerahan, sakit kepala, pusing, dan hipotensi. Penggunaan nitrat yang berkelanjutan dapat menyebabkan toleransi, dengan efek pengurangan gejala yang berkurang meskipun terus digunakan. Hal ini dapat diminimalkan dengan waktu pemberian dosis yang hati-hati untuk menghindari paparan nitrat yang signifikan dalam semalam, bila cenderung tidak diperlukan.

Peringatan:

Nitrat merupakan kontraindikasi pada pasien dengan stenosis aorta berat, yang dapat menyebabkan kolaps kardiovaskular. Ini karena jantung tidak dapat meningkatkan curah jantung secara memadai melalui area katup yang menyempit untuk mempertahankan tekanan di pembuluh darah yang sekarang melebar. Nitrat juga harus dihindari pada pasien dengan ketidakstabilan hemodinamik, terutama hipotensi.

Interaksi:

Nitrat tidak boleh digunakan dengan phosphodiesterase inhibitors (misalnya sildenafil) karena zat ini meningkatkan dan memperpanjang efek hipotensi nitrat. Nitrat juga harus digunakan dengan hati-hati pada pasien yang memakai obat antihipertensi, yang dapat memicu hipotensi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Angiotensin receptor blockers

Obat Golongan Ini: losartan, candesartan, irbesartan Indikasi Umum: Angiotensin receptor blockers (ARB) umumnya digunakan ketika ACE inhibitor tidak dapat ditoleransi karena batuk. Indikasinya sama: Hipertensi:

Read More »

Diuretics, potassium-sparing

Obat Golongan Ini: amiloride (sebagai co-amilofruse, co-amilozide) Indikasi Umum: Sebagai bagian dari terapi kombinasi, untuk pengobatan hipokalemia yang timbul dari terapi loop- atau thiazide-diuretik. Antagonis

Read More »

Diuretics, loop

Obat Golongan Ini: Furosemide, bumetanide Indikasi Umum: Untuk menghilangkan sesak pada edema paru akut (acute pulmonary oedema) dalam konjugasi dengan oksigen dan nitrat.  Untuk pengobatan

Read More »

Lidocaine

Indikasi Umum: Sangat umum, sebagai anestesi lokal pilihan pertama, misalnya, kateterisasi urin dan prosedur minor (misalnya penjahitan). Jarang, sebagai obat antiaritmia pada ventricular tachycardia (VT)

Read More »

Clopidogrel

Indikasi Umum: Clopidogrel umumnya diresepkan dengan aspirin, meskipun clopidogrel dapat digunakan sendiri di mana aspirin dikontraindikasikan atau tidak ditoleransi. Untuk pengobatan acute coronary syndrome (ACS),

Read More »