Mitos dan Fakta tentang Covid-19

Mitos terkait virus Covid-19 kian masif di masyarakat. Mitos tersebut tersebar melalui berita online, media sosial dan grup Whatsapp. Masyarakat umumnya langsung percaya dengan isi yang disampaikan melalui pesan berantai tersebut walaupun belum diketahui valid atau tidaknya berita tersebut. Berikut mitos-mitos yang berkembang di masyarakat disertai faktanya:

1. Kloroquin dan Hidroksikloroquin dapat mencegah seseorang terjangkit Covid-19.
Faktanya, Kloroquin dan Hidroksikloroquin digunakan untuk terapi penyakit malaria. Obat-obat tersebut juga digunakan untuk terapi pasien terkonfirmasi Covid-19 dengan syarat dibawah pengawasan dokter. Obat yang tergolong obat keras ini memiliki efek samping yang cukup serius yakni peningkatan resiko aritmia jika dikonsumsi tidak sesuai dosis sehingga penggunaannya harus dengan resep dokter. Jadi obat Kloroquin dan Hidroksikloroquin bukan untuk mencegah terjangkitnya Covid-19, melainkan untuk terapi pasien Covid-19.

2. Covid-19 hanya konspirasi elite.
Faktanya, Covid-19 pertama kali ditemukan di Wuhan –China pada bulan Desember 2019. Ilmuwan mengungkap fakta dikemudian hari bahwa Covid-19 merupakan sub-famili dari Orthocoronavirinae yang terbagi dalam 4 genus yaitu Alphacoronavirus, Betacoronavirus, Gammacoronavirus dan Deltacoronavirus dimana Alphacoronavirus dan Betacoronavirus berasal dari kelelawar. Jadi berdasarkan beberapa penelitian, Covid-19 bukan buatan manusia akan tetapi dari hewan.

3. Rebusan bawang putih dapat menyembuhkan pasien terkonfirmasi Covid-19.
Faktanya, berdasarkan sejumlah penelitian, bawang putih terbukti mempunyai aktivitas sebagai antimikroba. Akan tetapi, tidak ada penelitian yang menjelaskan bawang putih mempunyai aktivitas antivirus Covid-19.

Pustaka:
Dhama et. al.2020.Coronavirus Disease 2019 – COVID-19. Uttar Pradesh:ICAR-Indian Veterinary Research Institute.
Hafeez et al.2020. A Review of COVID-19 (Coronavirus Disease-2019) Diagnosis, Treatments and Prevention. Saharanpur:Eurasian Journal of Medicine and Oncology.
who.int. Coronavirus disease (COVID-19) advice for the public: Mythbusters [diakses 14 Agustus 2020] dari www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/advice-for-public/myth-busters

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Mental Kuat Selama Pandemi Covid-19

Masih berlangsungnya pandemi virus corona (COVID-19) membuat masyarakat cemas dan takut. Kegiatan-kegiatan seperti sekolah dan perkantoran harus dihentikan untuk sementara waktu. Banyak orang saat ini

Read More »

VITAMIN… perlu gak sih?

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. Tapi apakah perlu kita mengkonsumsi vitamin?

Read More »