Metformin

Indikasi Umum:

Diabetes mellitus tipe 2, sebagai obat pilihan pertama untuk mengontrol glukosa darah, digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan obat hipoglikemik oral lainnya (misalnya sulphonylureas) atau insulin.

Cara Kerja:

Metformin (golongan biguanide) menurunkan glukosa darah dengan meningkatkan respons (sensitivitas) terhadap insulin. Obat ini menekan produksi glukosa hati (glikogenolisis dan glukoneogenesis), meningkatkan pengambilan dan pemanfaatan glukosa oleh otot rangka dan menekan penyerapan glukosa usus. Hal ini tercapai dengan berbagai mekanisme intraseluler, yang tidak sepenuhnya dipahami. Metformin tidak merangsang sekresi insulin pankreas dan oleh karena itu tidak menyebabkan hipoglikemia. Obat ini juga mengurangi penambahan berat badan dan dapat menyebabkan penurunan berat badan, yang dapat mencegah memburuknya resistensi insulin dan memperlambat kerusakan diabetes mellitus.

Efek Samping:

Metformin umumnya menyebabkan gangguan pencernaan, termasuk mual, muntah, gangguan rasa, anoreksia, dan diare. Efek samping ini dapat menyebabkan penurunan berat badan pada pasien yang memakai metformin. Asidosis laktat adalah efek samping yang jarang terkait dengan penggunaan metformin, yang bisa berakibat fatal jika tidak diobati. Hal ini tidak terjadi pada pasien yang stabil, tetapi dapat dipicu oleh penyakit yang menyertai yang menyebabkan akumulasi metformin (mis. memburuknya gangguan ginjal), peningkatan produksi laktat (misalnya sepsis, hipoksia, gagal jantung) atau penurunan metabolisme laktat (misalnya gagal hati).

Peringatan:

Metformin diekskresikan dalam kondisi tidak berubah oleh ginjal. Oleh karena itu, metformin dikontraindikasikan pada gangguan ginjal berat dan pengurangan dosis diperlukan untuk pasien dengan gangguan ginjal sedang. Metformin harus ditahan jika ada cedera ginjal akut, mis. dalam sepsis, syok, atau dehidrasi; atau hipoksia jaringan yang parah, misalnya pada gagal jantung atau pernapasan, atau infark miokard. Perhatian diperlukan pada gangguan hati karena pembersihan kelebihan laktat mungkin terganggu. Metformin harus ditahan selama keracunan alkohol akut, karena mungkin memicu asidosis laktat, dan digunakan dengan hati-hati pada penggunaan alkohol kronis secara berlebihan, di mana ada risiko hipoglikemia.

Interaksi:

Metformin harus ditahan sebelum dan selama 48 jam setelah injeksi media kontras IV (misalnya untuk CT scan, angiografi koroner) bila ada peningkatan risiko gangguan ginjal, akumulasi metformin, dan asidosis laktat. Obat lain (misalnya penghambat ACE, NSAID, diuretik) dengan potensi gangguan fungsi ginjal juga harus digunakan dengan hati-hati (misalnya dengan pemantauan fungsi ginjal) dalam kombinasi dengan metformin. Prednisolon, tiazid, dan diuretik loop meningkatkan glukosa darah, yang berlawanan tindakan dan mengurangi kemanjuran metformin.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Angiotensin receptor blockers

Obat Golongan Ini: losartan, candesartan, irbesartan Indikasi Umum: Angiotensin receptor blockers (ARB) umumnya digunakan ketika ACE inhibitor tidak dapat ditoleransi karena batuk. Indikasinya sama: Hipertensi:

Read More »

Diuretics, potassium-sparing

Obat Golongan Ini: amiloride (sebagai co-amilofruse, co-amilozide) Indikasi Umum: Sebagai bagian dari terapi kombinasi, untuk pengobatan hipokalemia yang timbul dari terapi loop- atau thiazide-diuretik. Antagonis

Read More »

Diuretics, loop

Obat Golongan Ini: Furosemide, bumetanide Indikasi Umum: Untuk menghilangkan sesak pada edema paru akut (acute pulmonary oedema) dalam konjugasi dengan oksigen dan nitrat.  Untuk pengobatan

Read More »

Nitrates

Obat Golongan Ini: Isosorbide mononitrate, glyceryl trinitrate Indikasi Umum: Nitrat kerja pendek/ short-acting (gliseril trinitrat) digunakan dalam pengobatan angina akut dan nyeri dada yang berhubungan

Read More »

Lidocaine

Indikasi Umum: Sangat umum, sebagai anestesi lokal pilihan pertama, misalnya, kateterisasi urin dan prosedur minor (misalnya penjahitan). Jarang, sebagai obat antiaritmia pada ventricular tachycardia (VT)

Read More »