Vaksinasi Gotong Royong

Vaksinasi Gotong Royong

Pemerintah melalui Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin akhirnya memberikan izin pelaksanaan vaksin secara mandiri atau yang disebut dengan Vaksinasi Gotong Royong bagi perusahaan yang ingin mengadakan vaksinasi mandiri untuk para karyawannya.

Pelaksanaan program vaksinasi ini di luar dari program vaksinasi gratis oleh pemerintah. Merujuk dari Peraturan Menteri Kesehatan No. 10/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, dalam pasal 1 ayat (5) yang berbunyi “Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan Vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha.”

Selain itu, dalam pasal 7 ayat (4) juga disebutkan bahwa “Jenis Vaksin Covid-19 untuk pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong harus berbeda dengan jenis Vaksin Covid-19 yang digunakan untuk Vaksinasi Program.” Dengan kata lain Kemenkes memastikan Vaksinasi Gotong Royong tidak akan mengganggu jalannya vaksinasi yang tengah dilaksanakan pemerintah dan dapat tetap berjalan dengan baik dan lancar. 

Pemerintah juga menegaskan vaksin Covid-19 untuk program Vaksinasi Gotong Royong hanya diimpor oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Impor vaksin mandiri hanya boleh dilakukan oleh PT Bio Farma selaku importir tunggal. 

Bio Farma sebagai induk holding BUMN Farmasi menunjuk anak perusahaannya, PT Kimia Farma Tbk., untuk mengadakan Vaksin Gotong Royong dan dalam pelaksanaannya akan menggunakan P-Care BPJS Kesehatan dan sistem BUMN Farmasi yang terintegrasi dalam Aplikasi Kimia Farma Mobile dan Bio Tracking. Sistem tersebut mengakomodasi seluruh rangkaian proses vaksinasi, mulai dari pendaftaran badan hukum/ badan usaha, pendaftaran peserta vaksinasi, managemen antrian, record data peserta per batch vaksin, pengeluaran sertifikat vaksinasi melalui pedulilindungi.id, jaminan mutu vaksin dalam kualitas terbaik selama proses distribusi hingga mencapai peserta vaksinasi, serta tahapan penting lainnya.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Kesehatan No. IR.02/01/111/9929/2021 (12/4/21). Di mana dalam surat tersebut disebutkan bahwa pada prinsipnya Aplikasi Kimia Farma Mobile dan Bio Tracking terafiliasi sebagai Official Partner Kementerian Kesehatan untuk mendukung upaya Pemerintah dalam penanggulangan Covid-19, khususnya pelaksanaan pemeriksaan dan vaksinasi.

Lihat: Surat Pernyataan Aplikasi Kimia Farma Mobile dan Bio Tracking sebagai Official Partner Kementerian Kesehatan

Sama halnya dengan aturan jenis vaksin program pemerintah, vaksin Covid-19 yang digunakan untuk Vaksinasi Gotong Royong tetap harus mendapat persetujuan penggunaan pada masa darurat (Emergency Use Authorization), atau penerbitan nomor izin edar (NIE) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan sesuai ketentuan peraturan perundang- undangan.

Berikut beberapa informasi mengenai Vaksinasi Gotong Royong yang wajib diketahui oleh perusahaan yang ingin berpartisipasi dalam program ini untuk karyawannya:

      1. Apa itu Vaksinasi Gotong Royong?
        Vaksinasi Gotong Royong adalah pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kepada karyawan/karyawati, keluarga dan individu lain terkait dalam keluarga yang pendanaannya ditanggung atau dibebankan pada badan hukum/badan usaha. Jadi gotong royong diartikan sebagai bentuk upaya perusahaan membantu pemerintah dalam mempercepat dan memperbanyak sasaran yang divaksinasi sehingga kekebalan lebih cepat terjadi.
      1. Siapa saja yang berhak mendapatkan Vaksinasi Gotong Royong?
        Sesuai PMK No.10 Tahun 2021 Vaksinasi Gotong Royong diberikan untuk seluruh karyawan/karyawati, keluarga dan individu yang masih ada keterkaitannya dalam hubungan keluarga dengan karyawan perusahaan yang melaksanakan program vaksinasi gotong royong.
      1. Kenapa perusahaan perlu mendapatkan Vaksinasi Gotong Royong?
        Dengan mendapatkan vaksin gotong royong, diharapkan dalam lingkungan badan hukum/badan usaha mengurangi transmisi/penularan Covid-19; menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19; mencapai kekebalan kelompok di masyarakat (herd immunity); dan melindungi masyarakat dari Covid-19 agar tetap produktif secara sosial dan ekonomi.
      1. Bagaimana caranya mendapatkan Vaksinasi Gotong Royong?
        Untuk mendapatkan Vaksinasi Gotong Royong, badan hukum/badan usaha harus bekerja sama dengan Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan. 
      1. Di mana perusahaan bisa mendapatkan Vaksinasi Gotong Royong?
        Pelayanan Vaksinasi Gotong Royong hanya dapat dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik masyarakat/ swasta yang memenuhi persyaratan.
        Bagi  badan hukum/badan usaha yang memiliki Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang memenuhi persyaratan, maka pelayanan Vaksinasi Gotong Royong dapat dilakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang bersangkutan.

      2. Kapan Vaksinasi Gotong Royong bisa mulai dipesan oleh badan hukum/ badan usaha?
        Bagi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Vaksinasi Gotong Royong saat ini pemesanan dan pendaftaran sudah dapat dilakukan melalui Holding BUMN Farmasi. Silahkan mengisi formulir pada bagian akhir halaman ini guna melakukan pendaftaran. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:
        Call Center Bio Care: 1500810

FORMULIR PENDAFTARAN VAKSINASI GOTONG ROYONG

DoWNLOAD APLIKASI KIMIA FARMA MOBILE SEKARANG