Kiat Parenting buat Moms & Dads saat pandemi Covid-19

Orang tua dan anak-anak saat ini menghadapi kondisi yang jauh dari kata normal, kondisi yang bersifat disruptif akibat pandemi Covid-19. Physical distancing, penutupan sekolah dan tempat wisata yang biasa didatangi oleh keluarga di akhir pekan, dan banyak hal lain yang perlu penyesuaian di saat New Normal.

Hal pertama yang harus Moms & Dads perhatikan adalah rasa cemas saat menghadapi kondisi tersebut adalah hal yang wajar dan normal. Cemas merupakan fungsi yang normal dan sehat yang bisa membuat kita waspada terhadap ancaman, dan membantu kita mengambil tindakan untuk melindungi diri dan keluarga. Disini Mom harus terus berupaya menekankan pemahaman bahwa tindakan-tindakan seperti rutin mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, selalu memakai masker dan mempraktikan physical distancing adalah cara atau kebiasaan bukan hanya untuk mencegah virus untuk diri sendiri tapi menghentikan penyebarannya kepada masyarakat sekitar.

Oleh karena itu, perlu adanya intensitas komunikasi yang cukup antara Mom dengan sang anak. Hal ini menjadi momen membangun kepercayaan dengan anak untuk saling terbuka, menjelaskan suatu hal jika anak tidak memahami, hingga memberikan masukan atas cerita anak. Orang tua harus lebih sabar untuk mendengar apa yang dirasakan anak dan memberi masukan mengingat bahwa anak juga mengalami kebosanan berada di rumah. Mereka tidak bertemu dengan teman-temannya dan tidak dapat bermain secara bebas di luar rumah. Dengan komunikasi yang baik, maka anak juga akan merasa lebih nyaman berada di rumah.

Dalam situasi seperti ini, orang tua harus menjadikan momen kebersamaan ini menjadi proses berharga untuk menguatkan kembali relasi orang tua dengan anak. Momen kebersamaan ini penting disadari orang tua sebagai wadah untuk menguatkan kembali komunikasi dengan anak secara terbuka, menjadi pendengar yang baik, melatih anak-anak pada ketrampilan dasar mengurus diri dan pekerjaan rumah sehari-hari, serta mendampingi anak-anak dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah.

Menurut Unicef, ada beberapa hal yang bisa Moms & Dads dan anak lakukan selama pandemi Covid-19 yang bisa Mom jadikan momen #FamilyQualityTime.

1.Bantu anak mempraktikan Physical Distancing

Physical distancing merupakan kenormalan baru yang harus selalu konsisten anak-anak praktikan selama pandemi covid-19. Moms & Dads bisa mengajarkan physical distancing dengan membuat game yang seru dan menyenangkan.

2. Berbagi tugas dalam pekerjaan rumah

Untuk pekerjaan rumah, Moms & Dads bisa membagi tugas untuk semua anggota keluarga. Untuk si kecil berikan tugas-tugas yang ringan saja ya Moms, misalnya menyapu dan membersihkan kamarnya masing-masing.

3. Mempratikkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan seru dan menyenangkan

Moms & Dads dapat mengajarkan anak PHBS dengan cara yang seru dan menyenangkan, misalnya membuat game bagaimana cara mencuci tangan dengan urutan yang benar. Selain itu, bisa diterapkan juga untuk membiasakan makan dengan sehat dan gizi seimbang.

4. Olahraga bersama

Kegiatan berolahraga secara rutin, menjadi salah satu upaya efektif untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan daya tahan tubuh yang kuat, seseorang menjadi lebih sehat dan tidak mudah terserang bakteri, kuman maupun virus penyebab penyakit. Untuk cara-cara berolahraga yang aman dan seru untuk dilakukan di rumah, Moms & Dads bisa intip jenis-jenisnya di sini ya..

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Panduan Isolasi Mandiri

Panduan Isolasi Mandiri

Meningkatnya kasus Covid-19 belakangan ini membuat terjadinya penumpukan jumlah pasien positif di rumah sakit maupun tempat singgah yang disiapkan oleh Pemerintah. Hal ini membuat Pemerintah

Read More »
Enam jenis vaksin covid-19

Enam Jenis Vaksin Covid-19

Pada 1 Juni 2021, WHO mengumumkan telah menyetujui vaksin Covid-19 jenis Sinovac untuk penggunaan darurat. Selain Sinovac, hingga saat ini WHO juga telah memberikan enam

Read More »
Protokol Pencegahan Covid-19

Protokol Pencegahan Covid-19

Saat ini Indonesia kembali dihadapkan dengan meningkatnya angka kasus Covid-19 di seluruh daerah, dalam hal ini Pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah masyarakat yang tervaksinasi agar

Read More »