You are currently viewing Ketahui Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Ketahui Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Puasa adalah kegiatan yang wajib dilaksanakan bagi setiap muslim ketika memasuki bulan suci Ramadan. Namun, terkadang ada beberapa penderita maag yang tiba-tiba kambuh saat berpuasa. Untuk itu, diperlukan beberapa tips berpuasa penderita maag agar puasa menjadi nyaman.

Maag biasanya dapat kambuh ketika perut tidak diisi dengan makanan di saat waktu makan telah tiba. Karenanya, dapat dikatakan puasa menjadi kegiatan yang menantang bagi setiap orang yang memiliki riwayat penyakit maag.

Maag yang kambuh tiba-tiba memang memberikan rasa sakit luar biasa di dalam perut. Namun, bukan berarti maag menjadi penghalang bagi penderitanya untuk melakukan kewajiban puasa. Jika puasa dilakukan secara benar, besar kemungkinan penderita maag dapat menjalankan puasa dengan aman.

Tips Berpuasa Penderita Maag

Untuk penderita maag, ada beberapa cara berpuasa aman yang dapat dilakukan. Berikut ini tips agar terhindar dari maag :

  1. Menghindari Makanan atau Minuman yang Menjadi Pemicu Maag Kambuh

Ketika berpuasa, ada dua waktu yang diperbolehkan untuk makan yaitu ketika berbuka dan sahur. Pada kedua waktu tersebut, tips berpuasa penderita maag yang harus dilakukan adalah mengupayakan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang menjadi pemicu maag kambuh.

  1. Gunakan Menu yang Tepat untuk Dikonsumsi Para Penderita Maag

Jenis karbohidrat tertentu dapat dijadikan pilihan penderita maag ketika sahur dan berbuka. Untuk itu, cobalah untuk mengkonsumsi nasi atau oatmeal. Karbohidrat ini nantinya dapat menyerap kelebihan asam lambung yang menjadi penyebab utama timbulnya maag.

Selanjutnya, cara mengelola makanan yang paling tepat untuk penderita maag adalah dipanggang dan dikukus. Selain itu juga dapat memasukkan daging rendah lemak dan buah yang tidak terlalu asam seperti pir, apel dan pisang dalam menu favorit  ketika menjalankan puasa.

  1. Hindari Makan dengan Tergesa-gesa

Inilah pentingnya kenapa harus melakukan sahur dalam waktu yang tepat menjadi tips berpuasa penderita maag. Ini dimaksudkan agar dapat melakukan sahur dengan tidak tergesa-gesa seperti dikejar waktu.

Bagi yang bangun terlambat saat sahur memiliki kemungkinan untuk mengkonsumsi makanan dengan cara yang cepat. Keadaan seperti ini sendiri sebenarnya harus dihindari oleh orang yang ingin berpuasa terutama bagi orang yang menderita maag.

Makan secara tergesa-gesa dapat membuat udara yang dapat menjadi pemicu asam lambung masuk ke dalam perut dalam jumlah yang lebih banyak. Kondisi tersebut dapat diperburuk ketika makan sambil berbicara.

Selain untuk mengurangi udara yang masuk, makan dengan perlahan memungkinkan  untuk mengunyah makanan lebih lama. Hal ini tentunya dapat membuat makanan menjadi lebih halus dan mudah untuk dicerna oleh lambung.

  1. Jangan Meninggalkan Sahur

Saat sahur inilah yang menjadi kesempatan semua orang termasuk para penderita maag untuk mengisi energi melalui makanan yang dikonsumsi. Hal ini kemudian dapat membantu untuk mencegah asam lambung naik pada siang hari ketika sedang berpuasa.

Selanjutnya, tetap harus menjaga pola makan ketika melaksanakan sahur. Makanan yang kaya akan serat dapat menjadi pilihan karena makanan tersebut akan lebih lama berada di dalam perut.

  1. Waktu Berbuka Harus Disegerakan

Tidak adanya makanan yang masuk membuat keadaan perut menjadi kosong. Karenanya, tips berpuasa penderita maag selanjutnya adalah  jangan menunda waktu berbuka puasa dan membiarkan perut kosong dalam waktu yang lebih lama. Ini dilakukan agar asam lambung tidak naik.

  1. Mengkonsumsi Makanan dalam Jumlah yang Cukup

Sesuatu berlebihan memang dapat memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Ini termasuk juga dalam hal porsi makanan yang memang harus dikonsumsi dalam porsi yang cukup. Ada kemungkinan berpikir bahwa sahur sebanyak-banyaknya dapat memperkecil rasa lapar yang akan timbul. Namun, hal ini juga dapat membuat lambung harus bekerja ekstra dan juga dapat perut terasa kembung.

Jadi itulah alasan kenapa penderita maag harus mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup serta diiringi dengan pemilihan makanan yang tepat. Karena hal tersebut, dianjurkan juga untuk berbuka puasa dengan makanan ringan dan manis yang sehat.

  1. Upayakan untuk Tidak Tidur Setelah Makan

Ada kemungkinan di waktu sahur orang-orang masih dalam keadaan mengantuk. Karenanya, mungkin orang memilih untuk kembali melanjutkan tidur. Jika dalam keadaan seperti itu, tips berpuasa penderita maag yang harus dilakukan adalah dengan berusaha untuk tidak tidur setelah sahur yang dinilai dapat memicu terjadinya maag. Namun, jika kantuk sudah tidak tertahankan, mungkin bisa melakukan satu cara ini. Cobalah untuk tidur dalam keadaan setengah duduk. Buat posisi kepala dan bahu lebih tinggi dari perut dengan menggunakan bantal sebagai penyangganya. Ini cukup efektif untuk mencegah makanan datang kembali ke kerongkongan.

  1. Mengendalikan Emosi

Puasa bukan hanya mengwajibkan orang untuk tidak makan dalam waktu yang telah ditentukan. Diperlukan juga pengendalian emosi agar pahala puasa dapat dilakukan diterima secara maksimal.

Saat puasa inilah adalah waktu yang paling tepat untuk belajar mengendalikan emosi. Diusahakan berlatih untuk menjadi orang yang memiliki pribadi yang tenang. Selain itu, pengendalian emosi ini dapat membantu untuk mengelola stress yang menjadi salah satu penyebab kambuhnya maag.

Makanan yang Menjadi Pemicu Maag

Tips berpuasa penderita maag pertama kali harus dilakukan adalah menghindari makanan atau minuman yang bisa memicu timbulnya penyakit tersebut. Adapun makanan atau minuman yang dianjurkan untuk tidak boleh dikonsumsi penderita maag dapat dilihat pada penjelasan berikut ini.

  • Makanan dengan Jumlah Lemak yang Banyak

Lemak adalah kandungan dari dalam makanan yang memang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, dalam mengkonsumsinya tentu harus dilakukan dalam porsi yang cukup terlebih lagi bagi penderita maag.

Makanan yang kaya akan lemak dapat memicu timbulnya maag. Ini dikarenakan lemak dapat mengurangi kekuatan otot esofagus yang dapat mengakibatkan asam lambung dapat dengan mudah naik ke kerongkongan.

Lemak juga akan dicerna dalam waktu yang cukup lama oleh lambung sehingga membuat produksi asam pada lambung menjadi berlebihan. Contoh makanan yang mengandung lemak tinggi adalah susu, daging merah, gorengan, kue dan es krim.

  • Mengkonsumsi Minuman yang Mengandung Kafein

Kafein dinilai dapat menyebabkan lemahnya otot kerongkongan bawah dan dapat meningkatkan hormon gastrin yang mampu merangsang lambung memproduksi asam lebih banyak. Karenanya, menghindari kafein harus dilakukan oleh penderita maag.

Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi pada tubuh. Seperti yang telah diketahui, selama puasa juga harus dipastikan asupan cairan harus tercukupi agar puasa tetap dilakukan dalam kondisi yang fit. Adapun contoh produk yang mengandung kafein adalah kopi, coklat, teh dan soda.

  • Makanan Pedas

Di dalam cabai terdapat kandungan capsaicin yang memberikan sensasi pedas pada cabai. Selain itu, cabai bisa mengurangi kecepatan sistem pencernaan yang tentunya akan memperburuk kondisi orang yang menderita maag.

Cabai dapat bertahan lama dalam sistem pencernaan. Ini juga yang kemudian dapat memperburuk keadaan bagi penderita maag saat gejalanya timbul misalnya merasakan mulas, sakit perut dan sensasi rasa perut yang seperti terbakar.

  • Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk, nanas dan mangga adalah jenis buah yang kaya akan vitamin C. Meskipun vitamin C sangat berguna untuk tubuh, penderita maag dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Buah citrus dapat mengurangi kekuatan otot esofagus yang nantinya dapat memudahkan asam lambung naik. Hal ini dapat menyebabkan sensasi rasa terbakar di perut penderita penyakit maag.

Itulah beberapa tips berpuasa penderita maag dan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari oleh penderita maag. Cobalah untuk mengikuti tips tersebut agar sehingga maag tidak menjadi penghalang untuk bagi umat muslim yang ingin melaksanakan kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan. Jika sejumlah tips tersebut tidak mampu mengatasi gangguan kesehatan saat berpuasa, silahkan periksakan diri ke dokter untuk mengetahui melakukan langkah penanganan yang tepat & mendapatkan obat yang telah diresepkan. Jangan ditunda, karena ibadah puasa yang hanya dilakukan satu tahun sekali bisa saja terhambat akibat penyakit maag yang kamu alami. Jika ingin menebus resep obat, Sahabat Kaef bisa melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Tebus obat resep dengan mudah & cepat. Yuk, download sekarang juga di Apps Store atau Google Play !

Sumber 

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17019-gerd-or-acid-reflux-or-heartburn-overview

https://www.rsprimapekanbaru.com/artikel/tips-puasa-nyaman-untuk-penderita-maag

https://www.suara.com/health/2022/03/25/132557/ini-4-cara-mengatasi-maag-saat-puasa-agar-tidak-kambuh-dan-ibadah-tetap-nyaman