You are currently viewing Ketahui Tips Ampuh Membuat Wajah Glowing Saat Berpuasa

Ketahui Tips Ampuh Membuat Wajah Glowing Saat Berpuasa

Saat berpuasa, asupan minum dan pola tidur akan sedikit berkurang karena mengalami perubahan. Hal ini sedikit banyaknya akan mempengaruhi kondisi kulit dan membuat kulit terasa lebih kering bahkan kusam. Terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan untuk membuat wajah glowing saat berpuasa.

Tips Ampuh Membuat Wajah Glowing Saat Berpuasa

  • Merawat Kulit dari Luar

Kulit merupakan bagian terluar tubuh manusia yang rentan terkontaminasi debu, kotoran ataupun sinar matahari. Maka dari itu, kulit membutuhkan perawatan khusus dari luar untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan segar.

Beberapa perawatan kulit yang dapat  dilakukan saat berpuasa, diantaranya :

  1. Mencuci Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah secara benar dan teratur dapat menjaga kulit wajah tetap sehat dan segar. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel saat beraktivitas

Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan kondisi kulit untuk menghindari terjadinya iritasi pada kulit. 

  1. Gunakan Lidah Buaya

Sahabat Kaef dapat mengoleskan gel lidah buaya sebagai pelembab kulit. Lidah buaya memiliki banyak khasiat diantaranya merangsang pertumbuhan sel kulit baru, melembabkan kulit namun tidak menyumbat pori-pori juga memberi efek menenangkan pada kulit.

Gunakanlah gel lidah buaya setelah mencuci wajah, dengan begitu kulit akan terlihat sehat dan bersinar. Sudah banyak merek produk kecantikan yang menawarkan gel lidah buaya, jadi tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

  1. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya menjadi salah satu komponen yang sangat penting dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Untuk mendapatkan kulit wajah glowing saat berpuasa, gunakanlah tabir surya secara rutin terutama di siang hari.

Kulit perlu terlindung dari sinar UV berbahaya yang dapat menyebabkan kulit terlihat lebih kusam dan mengalami penuaan dini. Pastikan untuk mengaplikasikan tabir surya di pagi hari terutama jika akan beraktifitas keluar rumah.

  1. Gunakan Masker Wajah

Perawatan satu ini akan membantu membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat. Kulit wajah akan terasa lebih bercahaya dan halus. Gunakanlah masker wajah satu hingga dua kali dalam seminggu pada waktu luang.

Jangan lupa untuk membersihkan sisa masker di wajah hingga benar-benar bersih.

  1. Meminimalisir Penggunaan Riasan Wajah

Meskipun sudah banyak produk hiasan yang mengklaim bahan yang digunakan pada produknya aman, namun tetap saja sedikit banyaknya, bahan kimia yang terkandung akan berpengaruh pada kondisi kulit.

Sebisa mungkin meminimalisir penggunaan riasan wajah, namun jika terpaksa menggunakan riasan, pastikan setelahnya membersihkan wajah hingga benar-benar terbebas dari riasan.

  • Hindari Terkena Asap Rokok

Tidak hanya buruk bagi sistem pernafasan, asap rokok juga memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan kulit wajah. Asap rokok mengandung racun kimia yang berbahaya.

Dampaknya akan meningkatkan stress oksidatif pada sel kulit dan membuat kulit mengalami penuaan dini. Maka dari itu ada baiknya menghindari tempat yang terdapat asap rokok.

  • Penuhi Asupan Mineral Tubuh

Sekitar 70% tubuh manusia terdiri dari cairan, itulah mengapa menjaga kadar air dalam tubuh sangat penting. Saat berpuasa, maka tetap harus menjaga tubuh tetap terhidrasi  dengan cara banyak minum air minimal 8 gelas per hari. 

Manfaatkan waktu berbuka puasa dan sahur untuk mendapatkan asupan cairan yang cukup. Sahabat Kaef dapat mencoba pola minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa dan 2 gelas sebelum tidur. Dengan begitu akan membuat segar wajah saat berpuasa.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Untuk mendapatkan wajah glowing saat berpuasa, mengonsumsi berbagai makanan sehat dan penuh akan nutrisi dapat menjadi salah satu kuncinya.

Selain merawat kulit dari luar, perawatan kulit juga dapat dilakukan dari dalam. Konsumsilah makanan kaya akan serat dan antioksidan untuk membuat kulit terlihat lebih cerah, contoh makanan kaya serat diantaranya almond, buah beri, dan sayuran.

Sahabat Kaef juga dapat memilih buah-buahan yang mengandung banyak air untuk dapat menutrisi kulit dan memberikan cairan yang dibutuhkan tubuh seperti semangka, tomat dan stroberi.

  • Konsumsi Suplemen

Untuk membantu menyempurnakan perawatan tubuh dari dalam, maka dapat menambahkan suplemen khusus untuk kesehatan kulit agar mendapatkan wajah glowing saat berpuasa. 

Sahabat Kaef dapat menggunakan suplemen yang mengandung vitamin C, A dan E juga antioksidan. Namun ingat, tetap perhatikan aturan penggunaan, jangan sampai mengkonsumsi suplemen secara berlebihan. 

  • Hindari Mandi Air Hangat Terlalu Lama

Mandi menggunakan air hangat memang dapat membuat tubuh terasa lebih rileks, namun jika terlalu lama terkena air hangat akan membuat kulit kehilangan minyak alaminya yang membuat kulit terasa lembab.

Kulit yang kekurangan minyak alaminya akan terasa lebih kering, hal itulah yang akan membuat kulit terlihat lebih kusam. Hindari mencuci wajah dengan air yang terlalu panas ataupun terlalu dingin. Sebaiknya gunakan air dengan suhu normal.

  • Istirahat yang Cukup

Tidur kurang atau terlalu malam dapat berpengaruh pada kondisi kulit. Wajah akan terlihat lebih kusam dan tidak segar, juga bisa menimbulkan kantung mata yang tentunya sangat mengganggu penampilan.

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah glowing saat berpuasa? Tentu semua orang menginginkannya. Maka dari itu, usahakan untuk tidak tidur terlalu larut karena pada bulan puasa, dituntut bangun lebih pagi untuk melaksanakan makan sahur. 

  • Konsumsi Minuman Yogurt

Yogurt merupakan minuman fermentasi susu yang mengandung bakteri baik. Selain rasanya yang enak, yogurt juga memiliki banyak manfaat diantaranya melancarkan pencernaan.

Tidak hanya itu, minuman satu ini juga merupakan minuman kaya protein yang dapat menutrisi kulit. Sahabat Kaef dapat mengkonsumsinya saat berbuka puasa atau saat sahur. 

Selain dapat diminum langsung, yogurt juga dapat digunakan sebagai masker wajah, namun jika ingin menggunakannya sebagai masker, gunakan yogurt tawar atau plain. Manfaat yogurt dijadikan sebagai masker salah satunya untuk anti aging dan mencerahkan kulit. 

Itulah beberapa tips ampuh membuat wajah  glowing saat puasa yang bisa diterapkan. Sahabat Kaef juga bisa mencari tahu skincare untuk menjaga kesehatan kulit dan membeli suplemen khusus yang berguna dalam menjaga kesehatan kulit selama puasa melalui Kimia Farma Mobile. Yuk, download aplikasi Kimia Farma Mobile sekarang juga di App Store atau Google Play!

Sumber

https://www.beautifullifestyleonline.com/ramadan-skin-care-tips/

https://lifestyle.bisnis.com/read/20220401/106/1517951/5-tips-menjaga-kulit-wajah-tetap-glowing-selama-puasa-ramadan https://lifestyle.kompas.com/read/2021/04/12/120056620/10-tips-sederhana-bikin-wajah-tetap-segar-selama-berpuasa?page=all