You are currently viewing Ketahui Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air
Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air

Ketahui Perbedaan Cacar Monyet dan Cacar Air

Sejak ditetapkan sebagai keadaan darurat kesehatan global pada Juli lalu, cacar monyet atau monkeypox hingga saat ini masih menjadi perhatian lebih oleh masyarakat. Adanya konfirmasi kasus pertama cacar monyet di Indonesia pada 20 Agustus lalu membuat kekhawatiran tersendiri, meskipun transmisi monkeypox tidak semudah Covid-19 yang melalui droplet udara dan hanya akan menular melalui kontak erat.

Lalu apa saja perbedaan yang dapat kita lihat dari cacar monyet (monkeypox) dengan cacar air? Dikutip dari berbagai sumber berikut ulasan lengkap yang bisa Sahabat Kaef simak bersama!

Penyebab

Cacar monyet (monkeypox) disebabkan oleh virus monkeypox, anggota genus Orthopoxvirus dalam familia Poxviridae. Sedangkan cacar air disebabkan oleh virus varicella zoster dari genus orthopoxvirus.

Penularan

Cacar monyet (monkeypox) menular dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia.
Sedangkan cacar air hanya menular dari manusia ke manusia.

Gejala

1. Demam

Demam pada cacar monyet (monkeypox) umumnya berlangsung selama 1-5 hari sebelum ruam atau muncul bintik-bintik.

Sedangkan, pada cacar air gejala demam akan terjadi 1-2 hari sebelum ruam atau muncul bintik-bintik.

2. Ruam

Pada cacar monyet (monkeypox) ruam dan bintik-bintik berisi cairan atau nanah muncul dari wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain, termasuk telapak tangan dan kaki.

Sedangkan pada cacar air, ruam dan bintik-bintik biasanya mulai muncul di lidah dan mulut. Selanjutnya menyebar ke wajah, lengan, kaki, telapak tangan dan kaki.

3. Pembengkakan kelenjar getah bening

Salah satu perbedaan gejala yang paling terlihat ialah pembengkakan kelenjar getah bening bagi penderita cacar monyet (monkeypox), sedangkan tidak pada cacar air.

Masa Inkubasi

Cacar monyet (monkeypox) memiliki masa inkubasi 5-21 hari dari penderita terpapar virus sampai merasakan gejala. 

Sedangkan pada cacar air masa inkubasinya berlangsung 10-21 hari.

Waktu Penyembuhan

Cacar monyet membutuhkan waktu sembuh sekitar 2-4 minggu. Sedangkan pada cacar air waktu penyembuhan relatif lebih singkat yaitu 4-7 hari.

Itu tadi adalah uraian mengenai perbedaan tanda dan gejala hingga masa penyembuhan cacar monyet (monkeypox) dengan cacar air. Apabila sahabat kaef mulai merasakan tanda dan gejala tersebut terutama setelah perjalanan ke luar negeri ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Reservasi konsultasi dokter sekarang melalui Aplikasi Kimia Farma Mobile. Caranya download aplikasi Kimia Farma Mobile melalui App Store atau Google Play!

Sumber: