You are currently viewing Ketahui Makanan & Minuman Untuk Orang Demam

Ketahui Makanan & Minuman Untuk Orang Demam

Minuman maupun makanan penurun demam merupakan asupan penting yang dapat diandalkan selain obat. Melalui asupan makanan dan minuman ini, maka dapat melawan infeksi yang terjadi dalam tubuh sehingga demam dapat berlangsung lebih cepat.

Mengenai hal tersebut, artikel ini akan membahas sejumlah makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi saat demam. Nah, ingin tahu apa sajakah itu? Ikuti informasi pada artikel ini selengkapnya!

Rekomendasi Makanan Penurun Demam

Terdapat beberapa makanan bernutrisi yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan demam. Berikut adalah di antaranya: 

  • Sup Ayam 

Makanan berkuah satu ini dapat dikonsumsi untuk membantu menurunkan panas demam pada tubuh. Hal ini dikarenakan sejumlah nutrisinya mampu menyuplai kebutuhan tubuh saat sakit.

Sejumlah nutrisi yang terdapat pada makanan ini adalah mineral, vitamin, protein dan kalori. Selain itu, sup ayam pun mampu menyuplai cairan elektrolit secara optimal. Ini berguna untuk mengatasi dehidrasi yang bisa saja terjadi kala panas demam.

Bagi yang sedang demam dan disertai pilek, konsumsilah makanan penurun demam satu ini. Karena di dalamnya terkandung N-acetyl-cysteine yang mampu memecah lendir serta mempunyai efek anti-inflamasi, antioksidan, dan anti-virus.

  • Bawang Putih 

Selama ini mungkin mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan. Siapa sangka, bawang putih termasuk makanan untuk menurunkan demam yang efektif. Selain bisa menimbulkan efek hangat bagi tubuh, bawang putih juga bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Itu sebabnya, bawang putih bisa membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Jahe 

Efek anti mual merupakan salah satu aspek yang paling terkenal dalam tanaman rimpang satu ini. Selain itu jahe pun bekerja seperti obat antiinflamasi non steroid. Nah, untuk dikonsumsi saat demam, maka  dapat menambahkannya pada masakan.

  • Makanan Pedas 

Makanan penurun demam seperti cabai mempunyai kandungan capsaicin. Kandungan tersebut berefek desensitisasi serta kerap dimanfaatkan dalam obat tempel maupun gel pereda rasa sakit. 

Tidak sedikit orang bertestimoni bahwa mengonsumsi makanan pedas mengandung capsaicin pun dapat menyebabkan keluarnya lendir, sehingga hidung meler, dan muatan dalam saluran sinus pun terbersihkan dengan baik.

Jadi, untuk yang menderita demam dan flu, sebaiknya konsumsi makanan pedas agar lendir bisa dikeluarkan dengan mudah. Namun, apabila  menderita demam disertai sakit perut, maka sebaiknya hindarilah konsumsi makanan pedas.

  • Oatmeal

Layaknya buah pisang, makanan dari gandum ini dapat menyuplai kebutuhan vitamin, kalori, serta mineral yang tubuh perlukan ketika sakit. Makanan ini pun mengandung sejumlah protein, yaitu kurang lebih 5 gram dalam 0.5 cangkir.

Bicara soal nutrisi yang berfungsi untuk melawan infeksi, protein merupakan salah satu yang berperan penting. Hal ini dikarenakan protein dapat membangun antibodi yang berguna sebagai pelindung tubuh melawan serangan patogen.

Makanan penurun demam ini menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang tinggi, salah satunya yakni menstimulasi sistem imun dan mengoptimalkan kestabilan gula darah. Untuk mengonsumsinya, sebaiknya jangan gunakan gula tambahan.

  • Yogurt 

Makanan satu ini sangatlah baik untuk dikonsumsi saat demam. Hal ini disebabkan bahwa yogurt tergolong sebagai makanan fermentasi, yang berarti ia merupakan sumber probiotik terbaik. 

Probiotik mampu untuk menambah mikrobioma usus serta mendorong kesembuhan saat menderita demam. Selain probiotik, yogurt pun mengandung kaya kalsium serta vitamin dan mineral penunjang kesehatan.

Greek yogurt merupakan rekomendasi terbaik untuk dikonsumsi saat demam karena di dalamnya terdapat sumber protein tinggi. Jadi, walaupun mempunyai nafsu makan rendah, tetap dapat mempunyai nutrisi dalam tubuh.

  • Sayuran hijau 

Sahabat Kaef wajib memperoleh semua mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh ketika mengalami sakit atau demam. Sayuran hijau layaknya selada, kangkung, dan bayam mengandung kaya mineral, vitamin, serta serat yang baik untuk tubuh.

Lebih tepatnya sayuran hijau merupakan sumber dari vitamin A, C, K, folat, serta senyawa tanaman kaya manfaat. Mereka berfungsi sebagai antioksidan guna mencegah kerusakan sel dan melawan peradangan hingga bakteri.

  • Kaldu

Layaknya sup ayam, kaldu merupakan sumber elektrolit dan cairan yang sangat berguna membantu ketika sakit. Khususnya saat tubuh panas demam, kandungan pada makanan penurun demam tersebut mampu membantu melancarkan hidung tersumbat.

Kaldu tulang mengandung tinggi asam amino dan kolagen yang mampu mendorong pemulihan lebih cepat. Apabila tengah melakukan diet yang membatasi konsumsi garam, sebaiknya konsumsi kaldu dengan sodium rendah.

  • Madu

Bahan alami ini mempunyai sifat antibakteri dan mampu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sahabat Kaef dapat mengonsumsi madu saat demam, apalagi disertai batuk. Konsumsinya dapat langsung atau mencampurkannya pada makanan dan minuman.

  • Pisang 

Makanan penurun demam satu ini mampu menyuplai nutrisi dan kalori dengan baik. Jika menderita demam yang disertai diare, sebaiknya konsumsi buah berwarna kuning ini. Terdapat kandungan serat di dalamnya yang dapat meredakan diare.

  • Alpukat

Buah ini mempunyai kandungan lemak jenuh tunggal yang tinggi. Kandungan tersebut sudah pasti kaya akan serat, vitamin, serta mineral. Asam oleat dalam buah ini pun dapat menekan peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh saat demam.

  • Salmon

Daging ikan satu ini merupakan sumber protein yang bagus untuk dikonsumsi ketika demam. Karena kualitas proteinnya sangat baik, serta adanya asam lemak omega-3, salmon dapat membantu tubuh dalam proses pemulihan.

Rekomendasi Minuman Penurun Demam

Selain makanan, terdapat pula rekomendasi minuman yang mampu untuk membantu menurunkan demam pada tubuh. Ingin tahu apa sajakah itu? Selengkapnya, ikuti sejumlah informasi di bawah ini.

  • Susu

Ini merupakan minuman dengan kandungan asam amino esensial, protein, dan antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut tersedia dalam jumlah tinggi pada susu, sehingga dapat mencegah radang dan mendorong pemulihan tubuh lebih cepat.

  • Air kelapa 

Ketika sedang sakit, tubuh membutuhkan hidrasi yang lebih baik. Apalagi saat demam. Hal ini dikarenakan tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat, muntahan, atau diare. Keluaran tersebut dapat memicu hilangnya cairan dan elektrolit.

Mengetahui hal tersebut, sebaiknya mengonsumsi air kelapa. Sebab, air tersebut mempunyai kandungan glukosa serta elektrolit yang diperlukan tubuh dalam rehidrasi. Nah, untuk mencegah kembung saat mengonsumsinya, sebaiknya minumlah bertahap.

  • Teh panas 

Minuman penurun demam satu ini merupakan dekongestan alami, mendorong pembersihan lendir pada saluran sinus. Namun, untuk mengonsumsinya, sebaiknya jangan terlalu panas karena dapat membuat tenggorokan menjadi iritasi.

  • Air Putih

Ini sudah pasti merupakan minuman penurun panas demam yang baik. Karena dengan mengonsumsi air putih secara rutin, maka panas tubuh dapat keluar dengan sendirinya melalui urin dan keringat.

Selain dapat memperbaiki sistem hidrasi pada tubuh yang sedang mengalami demam, minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat melarutkan bakteri atau virus yang menempel pada tubuh yang kering.

Nah, jadi itulah beberapa rekomendasi makanan penurun demam serta minumannya yang dapat dikonsumsi untuk membantu percepatan pemulihan. Kalau demam tak kunjung mereda, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Sebab, bisa jadi demam merupakan tanda dari penyakit tertentu. Sahabat Kaef bisa memilih klinik terdekat yang dibutuhkan melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Sahabat  juga bisa membuat janji temu dengan dokter melalui aplikasi yang sama. Yuk, download Kimia Farma Mobile sekarang di App Store dan Google Play!

Sumber

https://www.healthline.com/nutrition/15-best-foods-when-sick

https://www.healthline.com/nutrition/nac-benefits

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321786

https://health.kompas.com/read/2020/09/10/120100968/14-makanan-penurun-panas-demam-yang-baik-dikonsumsi?page=all

#DekatCepatSehat