You are currently viewing Ketahui Jenis Sayuran yang Mampu Menurunkan Darah Tinggi

Ketahui Jenis Sayuran yang Mampu Menurunkan Darah Tinggi

Terdapat berbagai jenis sayuran penurun darah tinggi yang dapat diolah dengan mudah dan dikonsumsi sehari-hari untuk menstabilkan tekanan darah. Namun, sebelum membahas macam sayuran tersebut, sebaiknya kita mengulik singkat terlebih dahulu tentang hipertensi.

Apa Itu Hipertensi?

Kondisi ini bisa disebut juga sebagai tekanan darah tinggi. Penyakit ini lazim terjadi, namun apabila dibiarkan dapat merambah menjadi penyakit kardiovaskular, seperti serangan atau gagal jantung, stroke, serta aneurisma. Maka dari itu, penting untuk menjaga tekanan darah.

Menjaga tekanan darah dapat dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Melalui gaya hidup yang sehat, maka hipertensi dapat dicegah, salah satu cara untuk memulai hidup sehat adalah dengan mengonsumsi sayuran secara rutin.

Macam-macam Sayuran Pencegah Hipertensi

Mengonsumsi berbagai jenis sayuran penurun darah tinggi merupakan rekomendasi yang tepat untuk memperlancar pembuluh darah. Hal ini sejalan dengan studi yang menunjukkan kalau makanan tertentu mampu menstabilkan tekanan darah dalam jangka pendek hingga panjang.

Nah ingin tahu apa sajakah jenis-jenis sayuran pereda hipertensi? Selengkapnya, ikuti informasi berikut.

  • Kol

Sayuran ini adalah sumber kalium terbaik. Zat tersebut merupakan elektrolit dan mineral penting yang diperlukan tubuh agar berfungsi secara optimal. Salah satu peran utamanya adalah membantu pengaturan tekanan darah melalui penangkalan efek natrium di dalam tubuh. 

Bersama kalium , kelebihan natrium dapat dikeluarkan melalui urin. Selain itu, pembuluh darah dapat menjadi lebih rileks, sehingga tekanan darah pun menurun.

  • Bayam

Jenis sayuran penurun darah tinggi ini memiliki kandungan lutein yang mampu mencegah dinding arteri menebal. Dengan demikian, maka risiko tekanan darah dan serangan jantung dapat diminimalisir. 

Tidak hanya itu, bayam pun dilengkapi dengan folat, kalium, serta magnesium yang bisa menstabilkan tekanan darah. Kebaikan bayam lainnya yaitu rendahnya kalori dan tingginya kandungan serat.

  • Kale

Kale  ini memiliki kandungan serat dan kalium sangat tinggi. Kale memiliki tingkat antioksidan yang sangat tinggi. Kale juga mengandung  vitamin C, beta-karoten, varian flavonoid, serta polifenol. Antioksidan dalam kale juga mampu menurunkan tekanan darah.

  • Seledri

Jenis sayuran penurun darah tinggi yang satu  ini mempunyai kandungan kumarin yang berguna mendorong penurunan tekanan darah serta menyeimbangkan air. Seledri pun bisa meminimalisir potensi stroke, pembekuan darah, dan tingkat hormon stres. 

  • Selada

Selada memiliki kandung kalium yang dapat membuat tekanan darah turun dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Dengan mengonsumsi selada, maka tingkat kolesterol baik atau HDL dapat bertambah dan kolesterol jahat dapat menurun. 

Selain itu, selada juga Kaya akan kandungan vitamin A dan C, Selada dapat berfungsi mengoksidasi kolesterol serta memperkokoh arteri. Dengan demikian aliran darah dapat meningkat dan serangan jantung dapat tercegah.

  • Brokoli

Sayuran yang mampu menurunkan kolesterol lainnya ialah brokoli. Brokoli kaya akan zat atau senyawa pengendur pembuluh darah serta meminimalisir kerusakan arteri, brokoli merupakan paket kombo serat, kalsium, kalium, magnesium, seta vitamin C. 

Magnesium dan kalium mampu merelaksasi pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah. Sedangkan, vitamin C merupakan antioksidan yang memperkokoh pembuluh darah serta mempertahankan kandungan oksida nitrat pelemas pembuluh darah.

  • Wortel

Seperti halnya kol, wortel tinggi akan kandungan kalium. Dengan demikian, sayuran ini dapat melancarkan keluar masuknya aliran darah serta menurunkan tekanan darah. Satu buah wortel dengan ukuran sedang memiliki kurang lebih 4% kebutuhan kalsium manusia per hari. 

Jenis sayuran penurun darah tinggi satu ini kaya akan serat sehingga kadar lipoprotein densitas rendah dapat berkurang, begitu pula dengan kolesterol “jahat” di dalam darah.

  • Lobak

Sayuran ini pun memiliki kandungan kalium tinggi sehingga berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan pengontrol aliran darah. Karena memiliki kandungan nitrat yang kaya akan manfaat untuk pembuluh darah, lobak juga dapat mencegah trombosit saling menempel. 

Mengonsumsi lobak dapat memperlancar pelepasan natrium dari dalam tubuh serta mempermudah pelebaran arteri.

  • Labu siam

Sayuran ini mampu mendorong pengenduran pembuluh darah. Dengan demikian, aliran darah menjadi lancar, tekanan darah pun dapat berkurang. Myricetin, antioksidan paling utama dalam sayuran ini pun sudah terbukti mampu menurunkan kolesterol. 

Tidak hanya itu, labu merupakan pemasok serat yang menawarkan kurang lebih 14% asupan harian. Dengan asupan makanan tinggi serat ini, maka tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

  • Paprika

Dalam warna apapun, sayuran ini merupakan pemasok kalium tinggi. Kandungan tersebut berguna menjaga mineral, menyeimbangkan cairan tubuh, mengoptimalkan kinerja otot, serta mengontrol tekanan darah. 

Menambah asupan kalium pada makanan mampu mendorong penurunan tekanan darah, sehingga jantung menjadi sehat dan bekerja optimal. Apalagi, paprika merah, sayur ini pun tinggi likopen yang paling direkomendasikan sebagai pengontrol tekanan darah.

Di dalam paprika merah terdapat vitamin A, C, dan kalium. Menjadi salah satu jenis sayur yang gampang diolah, paprika merah dapat digunakan sebagai campuran hidangan yang dipanggang, maupun ditumis bersama minyak zaitun, atau dipotong-potong untuk pelengkap.

  • Sawi

Jenis sayuran penurun darah tinggi berbentuk daun ini pun mempunyai nilai kalium yang tinggi. Secangkir sawi mampu memasok 4 sampai 5 persen kebutuhan harian seseorang akan kalium.

Tidak hanya berfungsi sebagai penurun tekanan darah, penelitian pun menemukan jika mengonsumsi sayuran ini mampu menurunkan potensi penyakit jantung dengan signifikan kurang lebih 15 persen.

  • Kubis

Secangkir kubis memasok 4 persen kebutuhan harian seseorang akan kalium. Dengan demikian, maka tekanan darah tinggi dapat turun karena efek natrium dalam tubuh , dikeluarkan lewat urin, dan dinding pembuluh darah dapat melemas.

  • Bawang Putih

Sayuran satu ini bermanfaat sebagai peningkat nitrit oksida dalam tubuh. Dengan demikian, relaksasi sejumlah otot halus dapat terbantu dan pembuluh darah pun dapat melebar. Hal itulah yang memberi pengaruh pada turunnya tekanan darah.

Bagian yang paling penting adalah, ekstrak bawang ini dapat menurunkan tekanan darah diastolik dan sistolik pada pengidap tekanan darah tinggi.

  • Ubi Jalar

Jenis sayuran penurun darah tinggi satu ini sangat direkomendasikan untuk pengidap darah tinggi. Hal ini dikarenakan ubi jalar mengandung potasium tinggi, serta magnesium, dan mangan. 

Di dalam ubi jalar sendiri, kalium bertanggung jawab membantu pengaturan tekanan darah melalui penangkalan efek natrium di dalam tubuh.

  • Tomat

Sayuran bulat berwarna merah ini memiliki segudang nutrisi. Dua diantaranya yakni pigmen karotenoid likopen dan potasium.

Lycopene sudah berkaitan secara signifikan bersama efek positif dalam kesehatan jantung. Dengan mengonsumsi sayuran penuh nutrisi ini, contohnya tomat, mampu melakukan pengurangan potensi tekanan darah tinggi, yaitu penyakit jantung.

Sejumlah penelitian berkesimpulan bahwa konsumsi tomat dan sayuran sejenisnya dapat menurunkan hipertensi. Selain itu, ia pun mampu membantu pengurangan potensi penyakit jantung maupun kematian akibatnya.

Nah, itulah sejumlah rekomendasi jenis sayuran penurun darah tinggi yang baik dikonsumsi agar tekanan darah terkontrol. Namun, jangan lupa pula untuk mengimbanginya dengan olahraga secara teratur, menghindari konsumsi makanan siap saji dan teratur mengkonsumsi vitamin. Jika Sahabat Kaef ingin membeli multivitamin, bisa menggunakan aplikasi Kimia Farma Mobile.  Setelah download aplikasinya di App Store atau Google Play Store, pilih vitamin yang dibutuhkan. Yuk, pakai aplikasi Kimia Farma Mobile untuk semua kebutuhan kesehatan !

Sumber

https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-blood-pressure

https://kesehatan.kontan.co.id/news/5-sayuran-yang-efektif-menurunkan-tekanan-darah-tinggi

https://health.kompas.com/read/2021/03/18/180100968/5-sayur-untuk-menurunkan-darah-tinggi?page=all