Kenali Perbedaan Nomor SPF dan Manfaatnya di Setiap Produk Kecantikan

Kenali Perbedaan Nomor SPF dan Manfaatnya di Setiap Produk Kecantikan

Kenali Perbedaan Nomor SPF dan Manfaatnya di Setiap Produk Kecantikan

 

SPF atau Sun Protection Factor mungkin sudah banyak kita dengar, terutama di dalam produk-produk kecantikan terutama tabir surya dan lotion-lotion pelindung kulit. Biasanya SPF ditandai dengan nomor-nomor tertentu seperti 15, 30, 40 hingga 50 dan berbeda dari satu produk dengan yang lainnya. Lalu apa sebenarnya SPF itu? Sun Protection Factor (SPF) adalah hasil uji klinis yang mengukur keefektifan tabir surya terhadap sengatan matahari. SPF menunjukkan berapa lama seseorang dapat terpapar radiasi UV sebelum terbakar matahari dengan tabir surya yang dioleskan dibandingkan dengan berapa lama mereka dapat terpapar sebelum terkena sinar matahari tanpa tabir surya.

Tetapi masih banyak orang-orang yang tidak sadar pentingnya SPF dalam produk kecantikan yang mereka gunakan. Dikutip dari laman Ehe Health penggunaan kosmetik yang mengandung SPF harus selalu dilakukan bahkan pada hari yang berawan. Hal ini dikarenakan 80 persen sinar matahari dapat menembus awan, sehingga walaupun cuacanya terbilang mendung masih ada kemungkinan efek buruk sinar UV mengenai kulit kita. Selain itu menggunakan SPF juga dapat mencegah dari kemungkinan terkena kanker kulit. Banyak pakar kecantikan juga beranggapan penggunaan skincare routine yang maksimal akan sangat tidak berguna jika tidak menggunakan sun protection yang mengandung SPF. Perhitungan mudahnya angka nilai dari SPF dapat dikalikan dengan 10 untuk mengetahui berapa menit ketahanan SPF tersebut dalam melindungi kulit.

Perbedaan nomor SPF ternyata juga memiliki manfaat masing-masing untuk waktu perlindungannya. Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu dibutuhkan untuk melindungi kulit, secara singkat, semakin tinggi nilai SPF yang tercantum maka semakin lama perlindungannya.

Berikut adalah ulasan perbedaan nomor SPF serta manfaatnya agar kita dapat memilih produk kecantikan dengan kandungan SPF sesuai kebutuhan:

1. SPF 10

Artinya produk kecantikan dengan kandungan SPF 10 dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari selam 110 menit atau 1,5 jam, dan dapat menahan hingga 90% radiasi sinar UVB.

2. SPF 15

Produk kecantikan dengan SPF 15 cocok digunakan untuk kulit berminyak dan produk pelembab bibir. Dimana SPF 15 dapat memberi ketahanan selama 150 menit atau 2,5 jam dan menahan hingga 93% radiasi UVB.

3. SPF 25

Produk yang mengandung SPF 25 akan memberikan ketahanan selama 250 menit atau 4 jam 10 menit dengan menahan radiasi UVB hingga 95%. Produk ini sangat dianjurkan untuk selalu ada di setiap skincare atau kosmetik yang digunakan sehari-hari.

4. SPF 30

Sangat dianjurkan untuk kulit sensitif, dengan ketahanan 300 menit atau 5 jam biasanya dianjurkan untuk digunakan oleh seluruh anggota tubuh tentunya disesuaikan dengan produknya. SPF 30 juga dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB.

5. SPF 50

SPF 50 sangat cocok untuk mereka yang membutuhkan perlindungan maksimal terutama bagi yang akan pergi ke pantai atau bekerja diluar ruangan setiap harinya. Produk dengan kandungan SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB dan memberikan ketahanan hingga 500 menit atau lebih dari 8 jam. 



 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait