Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Bau Mulut Selama Puasa

Saat menjalankan ibadah puasa kebanyakan orang akan mengalami masalah bau mulut atau dikenal dengan istilah halitosis. Dokter Gigi Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Solo, drg. Sartari Entin Yuletnawati, M.D.Sc., berbicara di Kompas menjelaskan bahwa bau mulut yang timbul saat orang berpuasa merupakan proses yang normal atau fisiologis. Hal itu terjadi karena saat perut kosong, asam lambung meningkat dan menguap keluar melalui rongga mulut, sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Dalam Islam, bau mulut orang yang berpuasa juga disebut lebih harum daripada bau minyak kasturi dan mulia di mata Allah.

Namun meski bau mulut dimuliakan dalam Islam dan dianggap wajar pada dunia kesehatan, tentu bau yang berlebihan akan mengganggu aktivitas serta mengurangi rasa percaya diri dan ternyata tidak hanya asam lambung meningkat yang dapat menjadi penyebab mulut. 

Dikutip dari beberapa sumber hal-hal dibawah ini juga meningkatkan risiko bau mulut saat puasa:

1. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat memicu timbulnya bau mulut baik saat berpuasa atau hari biasa. Hal ini disebabkan karena rokok mengandung ribuan zat berbahaya berupa partikel-partikel kecil. Zat-zat tersebut mudah tersangkut di tenggorokan dan paru-paru sehingga menghasilkan bau kurang sedap.

2. Mulut Kering

Tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam membuat mulut menjadi kering. Akibatnya produksi air liur (saliva) berkurang sehingga pembersihan gigi (self cleansing) tidak maksimal, hal inilah yang menyebabkan timbulnya bau mulut saat berpuasa.

3. Salah makan saat sahur dan buka puasa

Saat sahur dan berbuka, disarankan untuk memilih menu makanan yang mengandung banyak bawang putih atau bawang bombay. Hal ini disebabkan karena kedua bahan makanan tersebut dapat memicu timbulnya bau mulut dengan cepat, selain itu apabila terlalu banyak mengkonsumsi makanan asin, manis, atau mengandung banyak minyak seperti gorengan.

4. Kebersihan gigi kurang terjaga

Sisa-sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dapat menjadi pemicu timbulnya bau mulut. Apabila tidak membersihkan gigi dengan benar, sisa-sisa makanan tersebut akan membusuk dan menimbulkan bau yang tak sedap.

Bau mulut orang yang sedang berpuasa sebenarnya dapat dicegah, nah agar kita tetap dapat beribadah dengan fokus selama Bulan Ramadhan. 

Berikut beberapa tips untuk mencegah bau mulut saat berpuasa:

1. Hindari merokok

Puasa seharusnya menjadi momentum yang tepat untuk membantu orang yang kecanduan rokok, selain itu sangat dianjurkan untuk menghindari rokok saat berpuasa karena dapat menjadi masalah dalam kesehatan gigi dan mulut yang akhirnya menimbulkan bau mulut.

2. Jangan kekurangan air putih

Walaupun kita berpuasa selama lebih dari 12 jam usahakan untuk tetap memenuhi kebutuhan air putih saat buka puasa hingga sahur, karena pada kekurangan air putih akan mengganggu suasana rongga mulut dan menimbulkan bau mulut.

3. Mengonsumsi makanan yang sehat

Selama menjalankan puasa Ramadhan, konsumsi makanan yang sehat sangat dibutuhkan. Pemilihan menu makanan ini harus ada takarannya, sehingga makan tidak berlebihan yang akan berakibat pada penumpukan karang gigi dan menimbulkan bau mulut.

4. Teratur dalam menyikat gigi

Waktu menyikat gigi saat puasa yang tepat adalah setelah makan sahur dan menjelang akan tidur di malam hari, sehingga dapat menjaga kesehatan mulut serta gigi pada saat berpuasa. Sikat gigi merupakan cara efektif mengatasi bau mulut atau menjaga kebersihan mulut sebab berguna untuk; membersihkan plak, mencegah sariawan, dan dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut



 

 

 

 

 

Sumber:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »