You are currently viewing Kenali Cara Menjaga Kualitas Produksi ASI

Kenali Cara Menjaga Kualitas Produksi ASI

Memberikan ASI (air susu ibu) menjadi sumber nutrisi terbaik untuk bayi. Penelitian tentang manfaat air susu ibu atau breast milk ini sudah teruji memberikan banyak manfaat kebaikan untuk pertumbuhan sempurna Si Kecil.

Untuk para ibu atau calon ibu, perlu mengetahui beberapa informasi penting terkait. Mulai dari kandungan, manfaat dan cara untuk meningkatkan kualitas ASI untuk anak. Maka dari itu, bunda yang ingin mengetahui informasi lebih, coba simak penjelasan berikut ini.

Manfaat ASI dengan Berbagai Kandungan Nutrisinya

Sebagai seorang ibu, memberikan air susu ibu adalah hal dasar yang wajib dilakukan. Alasannya, karena kandungan di dalam air susu ibu yang banyak sekali nutrisi dan gizi yang dapat membantu pertumbuhan bayi.

Pakar anak menjelaskan bahwa ada setidaknya 5 jenis nutrisi yang terkandung dalam air susu ibu. Bukan hanya nutrisi dasar, seperti lemak, protein dan karbohidrat, namun terdapat kandungan  lainnya, yaitu:

  • Asam Amino

Di dalam air susu ibu terdapat 20 lebih jenis asam amino yang berfungsi baik untuk tubuh Si Kecil. Senyawa ini berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh pada bayi, karena kandungan senyawa sitokin dan antibodi.

  • Oligosakarida

Kedua, terdapat kandungan zat bernama oligosakarida yang merupakan bentuk khusus dari glukosa dan galaktosa. Fungsi zat ini adalah untuk memicu perkembangan bakteri sehat di dalam usus Si Kecil.

Bakteri baik yang bermanfaat bagi usus akan berpengaruh pada kemampuan pencernaan bayi dan tumbuh kembangnya. Selain itu, zat oligosakarida dapat mencegah infeksi bakteri dan meminimalisasi potensi radang otak pada bayi.

  • Enzim

ASI memiliki kurang lebih 40 jenis enzim yang berfungsi penting dan vital bagi tumbuh kembang anak. Keberadaan enzim pada air susu ibu bermanfaat untuk menjadi senjata alami melawan infeksi bakteri pada tubuh bayi.

Selain itu, Enzim juga berfungsi untuk menyerap zat lain yang dibutuhkan tubuh bayi, seperti protein dan zat besi. 

  • Asam Lemak Omega 3 dan Omega 6

Asam lemak pada air susu ibu adalah aspek esensial, yang mana bentuknya berupa Omega 3 dan Omega 6. Senyawa ini berfungsi untuk membentuk perkembangan mata dan otak yang sempurna pada bayi.

  • Antibodi

Air susu ibu juga mengandung antibodi yang dikenal sebagai imunoglobulin. Fungsinya, adalah untuk melindungi bayi dari serangan penyakit yang diakibatkan bakteri ataupun virus.

Terutama ketika ASI  pertama kali dikeluarkan, ibu menghasilkan zat Bernama kolostrum IgA yang kaya akan immunoglobulin. Senyawa ini sangat penting bagi bayi agar terhindar dari penyakit yang menghambat pertumbuhannya.

Cara Menjaga Kualitas Air Susu Ibu

Jika seorang calon ibu atau ibu yang sedang menyusui sudah mengetahui informasi tentang betapa penting dan vitalnya kandungan air susu ibu. Maka informasi selanjutnya adalah tentang menjaga kualitas ASI.

Banyak hal yang dapat dilakukan ibu untuk dapat menjaga kualitas air susu. Berikut  5 cara esensis agar dapat menjaga dan meningkatkan kualitas air susu ibu:

  1. Minum Banyak Air

Ibu menyusui membutuhkan asupan cairan yang banyak, maka dari itu disarankan untuk meningkatkan konsumsi air mineral. Konsumsi air disesuaikan dengan kebutuhan tubuh ibu, karena fungsinya adalah untuk memperlancar suplai air susu pada bayi.

Banyak minum air juga berfungsi agar ibu tidak mudah dehidrasi dan menimbulkan perasaan tidak nyaman ketika sedang menyusui bayi. Disarankan ibu mengonsumsi 8-10 gelas per hari untuk kebutuhan dasar air mineral.

  1. Konsumsi Makanan Lebih Banyak

Kebutuhan makan seorang ibu tentu lebih banyak daripada orang pada umumnya. Hal tersebut karena sebagai seorang ibu, makanan yang dikonsumsi harus “dibagi dua” dengan bayinya. Untuk aspek makanan, ibu juga harus memilih makanan terbaik untuk dirinya dan anak.

Hindari makanan instan seperti junk food dan camilan yang terlalu banyak perasa buatan. Karena hal tersebut akan mempengaruhi nutrisi yang didapat oleh Si Kecil. 

  1. Penuhi Vitamin dan Nutrisi

Meningkatkan kualitas air susu ibu, juga membutuhkan vitamin dan nutrisi lebih. Seperti zat besi atau magnesium, vitamin C, kalsium, omega 3 dan omega 6.

Ibu dapat membeli produk vitamin dan nutrisi tambahan di apotek atau marketplace terpercaya. Mengonsumsi vitamin dan nutrisi tambahan juga sangat vital sifatnya untuk menjaga kualitas ASI pada ibu.

  1. Konsumsi Sayur dan Buah Khusus

Cara untuk menjaga kualitas air susu ibu selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan khusus. Ibu juga perlu tahu bahwa hal-hal yang dikonsumsinya harus bahan berkualitas baik.

Agar pertumbuhan Si Kecil juga sempurna dan baik. Khusus untuk ibu menyusui terdapat 15 sayur dan buah-buahan yang wajib dikonsumsi setiap hari agar kualitas air susu terus meningkat.

Daftar sayur dan buah-buahan tersebut adalah gandum, wortel, sesame seeds atau biji wijen, ikan salmon, bawang putih, asparagus, nasi coklat, kurma, apricot, ubi, papaya, biji fenugreek, bayam dan kacang-kacangan.

Sayur dan buah-buahan yang sudah disebutkan bermanfaat untuk meningkatkan produksi dan kualitas air susu ibu. Sahabat Kaef dapat mengolah sayur dan buah-buahan sesuai dengan selera masing-masing dan khusus ikan tentunya harus dimasak hingga matang.

  1. Melakukan Aktivitas Fisik

Berolahraga atau melakukan aktivitas fisik menjadi cara untuk meningkatkan kualitas produksi ASI. Selain itu, melakukan olahraga rutin 3-4 kali seminggu dapat meningkatkan mood ibu dan hal ini mempengaruhi produksi air susu ibu agar lancar.

Aktivitas fisik yang dilakukan ibu menyusui tidak perlu berat, cukup melakukan Gerakan yoga dan pilates secara rutin. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi tingkat stress pada ibu. Karena jika ibu stress maka produksi air susu akan terhambat.

Manfaat Penting Air Susu Ibu

Jika sebelumnya sudah dibahas secara singkat mengenai manfaat ASI untuk bayi. Maka informasi berikutnya adalah informasi lengkap tentang manfaatnya bagi bayi dan ibu. Para pakar dan peneliti banyak yang mewajibkan ibu untuk memberikan air susu karena manfaat besarnya.

Selain memberikan manfaat bagi pertumbuhan bayi, ASI diketahui memiliki manfaat lain yang juga tidak kalah pentingnya. Berikut manfaat lain dari ASI: 

  1. Menjadi KB Alami

Manfaat air susu ibu tidak hanya bermanfaat bagi bayi, sang ibu juga mendapatkan manfaat baiknya. Salah satunya adalah sebagai alat KB alami, yang mana metodenya Bernama amenore laktasi. Manfaat ini efektif jika ibu menyusui bayi kapanpun ia mau, siang atau malam.

  1. Mencegah Kanker Payudara

Memberikan air susu ibu kepada bayi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker payudara pada ibu. Hal ini karena ketika melakukan aktivitas menyusui, payudara ibu akan terus memompa lemak yang berpotensi menjadi kanker.

Beberapa penelitian menunjukkan, ibu yang menyusui bayinya selama kurang lebih 1 tahun mengalami penurunan risiko kanker payudara sebesar 4%. Hal tersebut tentu lebih besar daripada ibu yang tidak memberikan ASI kepada bayinya.

  1. Menurunkan Risiko Stunting pada Bayi

Manfaat air susu ibu yang paling penting dan vital aja menurunkan risiko stunting pada bayi. Kondisi stunting merupakan kondisi terhambatnya pertumbuhan anak karena kekurangan gizi dan nutrisi yang tidak didapatkan dari air susu.

  1. Lebih Hemat secara Ekonomi

Memberikan air susu ibu juga metode low budget alias hemat daripada memberikan bayi susu formula (sufor). 

Nah, itulah cara menjaga kualitas asi & manfaat asi untuk si kecil. Selain itu juga, Sahabat Kaef yang sedang menyusui & ingin meningkatkan kualitas ASI bisa mengkonsumsi suplemen seperti ASIFIT yang bisa dibeli melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Tidak perlu keluar rumah, Sahabat Kaef bisa melakukan pembelian ASIFIT kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi nya di Google Play atau Apps Store !

Sumber

https://babyandchild.ae/age-0-1/healthy-baby/article/1349/10-things-you-can-do-to-boost-the-quality-of-your-breastmilk

https://www.babyment.com/infantcare.php?infant=Foods-to-increase-breast-milk

https://health.kompas.com/read/2021/12/06/180000568/6-cara-menjaga-kuantitas-dan-kualitas-produksi-asi?page=all

#DekatCepatSehat