You are currently viewing Kenali Berbagai Macam Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan & Kecantikan

Kenali Berbagai Macam Manfaat Minyak Jarak bagi Kesehatan & Kecantikan

Bahan-bahan alami yang berasal dari alam sangat melimpah manfaat dan kegunaannya. Tidak terkecuali minyak jarak atau minyak kastroli yang berasal dari Bahasa Inggris yang disebut castor oil. Banyak sekali manfaat yang dihasilkan dari bahan alami ini. Pada artikel kali ini, kita akan membahas informasi  umum mengenai minyak biji jarak. Selain itu, informasi kandungan minyak tersebut dan tentu saja manfaat serta kegunaannya. Sahabat Kaef yang ingin lebih sehat dengan bahan alami minyak kastroli ini dapat menyimak sampai habis informasi berikut.

Apa Itu Minyak Jarak? Kenali Di Sini!

Minyak kastroli atau dikenal dengan nama latin Ricinus communis merupakan salah satu jenis minyak nabati yang diperoleh dari proses ekstraksi biji tanaman jarak. Kegunaan minyak jenis ini sudah terkenal sejak dahulu kala. Tanaman biji jarak banyak tersebar di wilayah Afrika dan Asia.

Di dalamnya, terdapat 90% kandungan asam risinoleat, asam sebasat dan asam dikarboksilat. Zat-zat tersebut memiliki fungsi yang bermanfaat bagi tubuh. Beratus-ratus tahun, minyak kastroli ini digunakan untuk berbagai keperluan. Keperluan tersebut misalnya untuk pengobatan, sabun, pelumas, cat, parfum dan lain-lain. Sahabat Kaef dapat mengelompokkan manfaat dan kegunaan minyak biji jarak menjadi dua, yaitu untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk informasi lebih lengkapnya, akan dijelaskan selanjutnya.

5 Manfaat Minyak Jarak untuk Kesehatan

Memahami manfaat minyak biji jarak dalam aspek kesehatan tentu sangat mudah. Minyak jenis nabati ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berguna bagi pengobatan alami. Sahabat Kaef yang sedang merasa tidak enak badan, dapat mengaplikasikan minyak biji jarak ini.

Beberapa peneliti juga berpendapat bahwa minyak biji jarak sangat bermanfaat untuk treatment pengobatan penyakit tertentu. Berikut ini 5 manfaat dari minyak jarak untuk kesehatan:

  1. Sebagai Pelancar Pencernaan

Manfaat utama dari minyak jarak yang sering digunakan oleh masyarakat adalah sebagai pelancar pencernaan secara alami. Jika mengalami susah buang air besar atau konstipasi, menggunakan minyak biji jarak dapat menjadi alternatif yang ampuh. Dikarenakan mengandung kadar asam risinoleat minyak yang tinggi, disertai asam lemak omega-9 yang berguna sebagai pelancar pencernaan alami. Jika mengalami masalah pencernaan, ada baiknya mengonsumsi minyak ini untuk pengobatan.

  1. Bahan untuk Mengobati Luka Luar

Minyak jarak juga mengandung asam lemak yang sangat baik sebagai penyembuhan luka. Zat ini mampu melembabkan kulit, sehingga kulit lebih sehat dan meredakan peradangan pada kulit. Selain itu, ekstrak tanaman ini juga bisa mempercepat penyembuhan kulit. Kandungan trigliserida di dalamnya mampu menangkal bakteri dan mikroba yang merugikan. Saat dioles, minyak ini mampu mencegah infeksi, mengurangi peradangan, serta meningkatkan aliran darah pada area tersebut. Dengan begitu. proses penyembuhan menjadi lebih cepat.

  1. Sebagai Pembersih Gigi Palsu secara Alami

Bagi pengguna gigi palsu, hal yang paling dikhawatirkan adalah timbulnya jamur dan bakteri dalam gigi palsu yang dapat mengancam kesehatan gigi. Jika sudah terserang jamur Candida, gigi palsu akan mengalami inflamasi, iritasi dan penyakit lainnya. Selain itu jika menyikat dan merendam gigi palsu pada cairan yang mengandung minyak jarak dapat menurunkan kemungkinan adanya candida pada orang pengguna gigi palsu.

  1. Menjadi Alat untuk Anti-Peradangan

Keempat, manfaat dan kegunaan minyak biji jarak adalah untuk anti-peradangan. Ini artinya, minyak biji jarak dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan iritasi dan radang pada tubuh. Sahabat Kaef dapat memanfaatkan minyak biji jarak untuk keperluan menyembuhkan radang apapun.

  1. Dapat Menjadi Induksi Persalinan Alami

Pada kasus ibu hamil yang ingin melahirkan, minyak biji jarak dapat menjadi bahan untuk proses induksi alami. Jika ada ibu yang kesulitan untuk melahirkan padahal sudah waktunya mengeluarkan si jabang bayi, maka gunakan minyak biji jarak ini.

Dosis yang digunakan tentu sesuai anjuran dan pengawasan dokter atau ahlinya. Karena apabila tidak, maka akan terdapat efek samping yang cukup membahayakan ibu yang ingin melahirkan.

5 Manfaat Minyak Jarak untuk Kecantikan

Minyak biji jarak tidak hanya memiliki manfaat dan kegunaaan dalam aspek kesehatan atau pengobatan saja. Tetapi, manfaat selanjutnya adalah untuk kepentingan kecantikan wajah dan kulit.

Saat ini produk skincare atau perawatan kulit sedang gencar-gencarnya mempromosikan bahan alami di dalam produknya. Termasuk memanfaatkan minyak jarak di dalam setiap kandungan produk tersebut. Agar lebih jelas, inilah 5 manfaat minyak biji jarak untuk kecantikan:

  1. Mengatasi Timbulnya Jerawat

Manfaat minyak biji jarak untuk kecantikan yang pertama adalah sebagai bahan untuk mencegah timbulnya jerawat. Keberadaan jerawat tentu mengganggu setiap orang yang mengalaminya. Maka dari itu, menggunakan minyak biji jarak dapat menjadi solusi dari permasalahan yang ada.

Kandungan anti-mikroba dan anti-inflamasi yang ada di dalam minyak tersebut dapat membantu merawat kulit wajah yang terdapat jerawat. Selain itu, kandungan asam risinoleat juga berfungsi agar bakteri jerawat tidak tumbuh.

  1. Sebagai Pelembap Alami Kulit

Kandungan asam risinoleat yang ada pada minyak biji jarak juga berfungsi untuk melembabkan kulit wajah. Cara kerjanya adalah menyerap dan mempertahankan air yang masuk ke dalam wajah, sehingga wajah akan terus lembap dan anti kering.

Maka dari itu, tidak heran jika produk-produk body lotion dan moisturizer banyak yang menggunakan bahan dasar dari minyak biji jarak. Sahabat Kaef juga dapat mengkombinasikan minyak jarak dengan minyak kelapa untuk hasil kulit wajah lembab maksimal.

  1. Mengurangi Iritasi Kulit Wajah

Manfaat minyak biji jarak selanjutnya adalah untuk mengurangi iritasi kulit wajah yang dialami. Kandungan anti-inflamasi yang kaya, mempengaruhi kesembuhan kulit wajah yang terkena radang dan iritasi akibat produk skincare tertentu.

  1. Sebagai Pencegah Keriput

Sebagai bahan alami yang memiliki banyak manfaat, minyak biji jarak juga bermanfaat sebagai pencegah keriput. Bahan alami ini tentu menjadi bahan favorit bagi para perempuan yang ingin mencegah timbulnya penuaan dini.

Kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah keriput dini, berfungsi melawan radikal bebas yang menyebabkan timbulnya keriput pada wajah. Sahabat Kaef dapat menjadi tampak muda dengan cara alami. 

  1. Menjaga Kulit Kepala dan Rambut

Manfaat minyak biji jarak untuk kecantikan lain tidak hanya terfokus pada wajah saja. Rambut dan kulit kepala juga dapat lebih sehat dan halus dengan menggunakan minyak biji jarak. Terlebih jika mengalami ketombe parah. Kondisioner minyak biji jarak dapat mengobati masalah ini.

Cara Pemakaian Minyak Biji Jarak

Dilihat dari penjelasan di atas, Sahabat Kaef dapat mengerti bahwa banyak sekali cara pemakaian minyak biji jarak. Variasi cara pemakaian tersebut selaras dengan manfaat dan fungsi kegunaannya. Misal, ketika digunakan untuk mengobati sembelit atau konstipasi, minyak biji jarak harus dikonsumsi.

Lalu, cara pemakaian minyak biji jarak yang bertujuan untuk menyembuhkan peradangan, luka luar, luka operasi dan lain-lain cukup oleskan bersamaan dengan balsam pelengkap lainnya. Berbeda dengan cara pemakaian minyak biji jarak untuk kecantikan.

Sahabat Kaef perlu mengoleskan minyak biji jarak ke wajah beserta produk skincare yang digunakan. Cara-cara tersebut akan bermanfaat dan berhasil apabila secara rutin menggunakannya. Namun, perhatikan segala efek samping dan usahakan untuk tetap di bawah pengawasan ahli.

Itulah informasi lengkap mengenai minyak jarak beserta manfaat dan kegunaannya. Maka dari itu, ada baiknya mengonsumsi ekstrak tanaman ini untuk mendapatkan manfaatnya. Selain rajin mengkonsumsi minyak jarak, Sahabat Kaef juga bisa menambah kecantikan wajah menggunakan Venus Cleanisng Gel yang memiliki manfaat untuk membersikan kotoran dan minyak pada wajah. Cek ketersedian Venus Cleansing Gel di aplikasi Kimia Farma MobileDownload aplikasinya sekarang juga!

Sumber

https://www.healthline.com/nutrition/castor-oil

https://www.medicalnewstoday.com/articles/319844

https://www.idntimes.com/health/fitness/fajrina-annisa-putri/manfaat-minyak-jarak-untuk-wajah-c1c2-1

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23739849/

#DekatCepatSehat