You are currently viewing Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Aktivitas yang padat sehari-hari membuat banyak orang melupakan waktu untuk berolahraga. Seperti yang kita ketahui bersama, olahraga tidak hanya untuk menurunkan berat badan atau membentuk badan menjadi ideal, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjadi stress-release terbaik. Namun kesibukan yang tidak jarang menyita waktu membuat orang-orang kesulitan menemukan kapan saat yang tepat untuk berolahraga, nyatanya berolahraga pada waktu tertentu dapat membantu memaksimalkan manfaat dari olahraga itu sendiri.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk berolahraga?

Olahraga di Pagi Hari

Olahraga di pagi hari atau sebelum memulai aktivitas memiliki keuntungan sendiri, salah satunya adalah mendapatkan tubuh yang segar saat beraktivitas di hari itu. Selain itu, olahraga di pagi hari juga membuat kita memiliki waktu santai yang lebih banyak saat sore atau malam hari sepulang beraktivitas.

Manfaat Olahraga di Pagi Hari

Hasil studi menunjukkan wanita yang berolahraga di pagi hari mengalami penurunan lemak perut dan tekanan darah yang lebih besar, juga cenderung untuk tidak merasa mudah lelah sepanjang hari. Selain itu olahraga di pagi hari juga memiliki pengaruh besar untuk meningkatkan aktivitas fisik lebih banyak sepanjang hari dibandingkan hari-hari tanpa olahraga di pagi hari. Hasil studi lain juga menegaskan dengan berolahraga di pagi hari akan membantu meningkatkan metabolisme yang berarti kalori akan terus dibakar sepanjang hari. 

Olahraga di pagi hari secara rutin sekitar jam 7 pagi juga terbukti membantu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas di malam hari jika dibandingkan olahraga di sore atau malam hari. Para ahli juga sepakat, bahwa olahraga di pagi hari dengan perut kosong dapat membakar lebih banyak lemak hingga 20 persen.

Olahraga di Sore atau Malam Hari

Meskipun olahraga di pagi hari sepertinya menjadi waktu yang ideal untuk berolahraga, berolahraga di sore atau malam hari setelah beraktivitas juga tidak kalah memiliki manfaat untuk tubuh.

Manfaat Olahraga di Sore atau Malam Hari

Waktu yang lebih panjang dan leluasa membuat olahraga di sore atau malam hari dinilai lebih efektif, hal ini dikarenakan tidak adanya batasan waktu tertentu membuat orang yang melakukan olahraga setelah selesai beraktivitas menjadi lebih fokus dan mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Hasil studi menunjukkan kemampuan tubuh akan lebih optimal di sore hari, suhu tubuh juga meningkat sepanjang hari yang membantu mengoptimalkan fungsi otot, aktivitas enzim dan daya tahan tubuh terhadap beban. Waktu antara jam 2 siang dan jam 6 sore adalah waktu dimana suhu tubuh berada di puncak, yang artinya jika kita berolahraga di waktu tersebut tubuh dalam kondisi sangat siap dan paling efektif untuk berolahraga.

Selain itu, pada sore atau malam hari tubuh memiliki reaksi lebih cepat yang penting untuk latihan dengan intensitas tinggi atau latihan kecepatan di atas treadmill. Sore hari juga waktu dimana detak jantung dan tekanan darah paling rendah, sehingga mengurangi kemungkinan cedera. Meskipun banyak orang yang mengatakan dengan melakukan olahraga di sore atau malam hari akan membuat seseorang menjadi sulit tidur, hasil penelitian menemukan bahwa mereka yang mengangkat beban di malam hari mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang melakukan latihan yang sama di pagi hari.

Jadi, Kapan Waktu Terbaik untuk Berolahraga?

Meskipun hasil studi tampak kontradiktif, namun yang pasti olahraga merupakan satu hal yang penting dan sangat bermanfaat bagi tubuh. Waktu terbaik untuk berolahraga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jadwal yang dimiliki masing-masing orang. Menjaga intensitas dan konsistensi waktu setiap hari secara berulang-ulang akan memberikan hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Olahraga yang tepat juga harus disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kesehatan setiap orang, karena tidak semua orang dapat melakukan jenis olahraga yang sama.

Itu tadi pembahasan kita mengenai kapan waktu terbaik untuk berolahraga. Sahabat Kaef, jaga selalu kesehatan dengan terus melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan sehat, dan tambahan multivitamin jika diperlukan. Sahabat Kaef juga dapat membeli vitamin serta kebutuhan kesehatan hingga reservasi layanan kesehatan dengan mudah melalui melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Caranya download aplikasi Kimia Farma Mobile melalui App Store atau Google Play.

Sumber: