You are currently viewing Jangan Panik! Simak Penyebab Kulit Melepuh dan Cara Mengatasinya

Jangan Panik! Simak Penyebab Kulit Melepuh dan Cara Mengatasinya

Kulit melepuh atau yang biasa disebut dengan vesikel merupakan salah satu kondisi munculnya  benjolan yang berisi cairan pada bagian permukaan kulit. Kondisi ini menimbulkan efek yang menyakitkan bagi penderitanya. . 

Kondisi ini juga menimbulkan efek tidak menyenangkan jika muncul di area yang terkena gesekan. Pasalnya kulit melepuh akan terasa perih apabila tidak sengaja disentuh. 

Kondisi kulit melepuh dapat terjadi pada setiap orang dan bisa bisa disertai atau tanpa penyebab. Kulit melepuh yang muncul tanpa adanya sebab seringkali membuat penderitanya panik. 

Penyebab Kemunculan Kulit Melepuh

Ada berbagai macam hal yang bisa menjadi akar penyebab melepuhnya kulit. Berikut beberapa diantaranya, antara lain:

  1. Gesekan

Terjadinya gesekan yang terjadi secara terus menerus serta berulang kali bisa membuat kulit menjadi melepuh. Bagian tubuh yang sering melepuh biasanya berada di tangan dan kaki. 

Contohnya saja ketika berlari atau berjalan, atau ketika mengenakan sepatu yang kurang pas dengan ukuran kaki. 

  1. Suhu Udara yang Ekstrim

Suhu yang tidak bisa diterima tubuh juga bisa menjadi akar penyebab kulit melepuh. Contohnya seperti bila kulit mengalami luka bakar yang disebabkan karena terkena air panas atau knalpot motor. 

Hal ini bisa membuat kulit menjadi melepuh, begitu pula ketika suhu menjadi terlalu dingin. Kulit bisa melepuh ketika terpapar suhu dingin dalam waktu lama. Contohnya saat memegang es batu.

Namun, meskipun demikian, melepuhnya kulit yang disebabkan karena suhu ekstrim adalah mekanisme pertahanan yang digunakan untuk melindungi sel kulit dari adanya kerusakan yang parah. 

  1. Paparan Bahan Kimia

Kemunculan kulit yang melepuh yang disebabkan karena bahan kimia sering disebut dengan dermatitis kontak. Terdapat dua kemungkinan terjadinya hal ini. 

Kondisi ini dapat terjadi karena kulit memang sensitif ketika terkena bahan kimia tertentu. kedua, bahan kimia tersebut memang berbahaya untuk kulit. Contohnya seperti kosmetik, minyak telon, balsam dan lainnya. 

  1. Adanya Kondisi Medis Lain

Melepuhnya kulit juga bisa terjadi karena kondisi tertentu seperti memiliki penyakit cacar air. Cacar air bisa menyebabkan kulit ruam disertai dengan rasa gatal yang terjadi di seluruh tubuh. 

Selain cacar air, kondisi yang lainnya seperti penyakit herpes. Herpes disebabkan oleh infeksi virus. Herpes bisa membuat kulit menjadi melepuh. Biasanya herpes menyerang wajah dan mulut.

Penyebab yang lainnya seperti impetigo. Impetigo pada dasarnya adalah penyakit yang menular dan disebabkan karena bakteri. Gejala dari penyakit ini ditandai dengan kemunculan bercak kemerahan yang terasa gatal dan nyeri di area sekitar mulut dan hidung.. Biasanya, penyakit ini banyak dialami oleh anak-anak dan bayi. 

Bahkan, gangguan kulit eksim juga dapat menjadi akar penyebab dari kulit yang melepuh. Selain melepuh, umumnya juga dibarengi dengan kulit yang pecah-pecah dan gatal. 

Cara Mengatasi Kulit Melepuh

Ketika kulit sedang melepuh, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya, seperti:

  1. Tutupi Lepuhan

Agar tidak menjadi semakin parah, kulit yang sedang melepuh bisa ditutup dengan perban dan dibungkus longgar dengan menggunakan perban perekat biasa maupun kain kasa yang diamankan dengan menggunakan plester. 

Kulit yang sedang melepuh juga memerlukan udara agar bisa membantunya mengering, oleh sebab itu pertahankan bagian tengah perban menjadi terangkat agar aliran udara terjaga. 

  1. Jangan Menekan Kulit yang Sedang Melepuh

Hindari menekan kulit yang sedang melepuh. Menekan kulit yang sedang melepuh bisa menyebabkan rasa sakit. 

  1. Jaga Area Kulit Tetap Bersih

Bukan hanya sekedar menutupi lepuhan kulit serta tidak menekannya saja. Namun, juga harus menjaga agar area kulit yang berada di sekitar lepuhan menjadi tetap bersih.  Bila perlu, bersihkan area yang berada di sekitar lepuhan kulit secara teratur. Sehingga luka lepuhan tidak menjadi semakin parah. 

  1. Gunakan Bantalan

Jika kulit melepuh berada di area bertekanan, contohnya seperti di bawah kaki, maka dapat menggunakan bantalan. 

Potong bantalan dengan bentuk donat berlubang di bagian tengah, kemudian letakkan di sekitar lepuhan kulit agar dapat melindunginya. Jangan lupa tutup lepuhan kulit dan bantalan dengan menggunakan perban. 

  1. Hindari Mengeringkan atau Mengeluarkan Luka

Untuk mengatasi kulit yang melepuh, hindari mengeringkan atau mengeluarkan luka. Hal ini bisa menyebabkan infeksi. Jika ingin mensterilkan luka lepuhan, maka dapat mensterilkan jarum kecil terlebih dulu, kemudian gunakan jarum dengan hati-hati dan tusuk satu demi satu ujung lepuh sehingga bisa membuat cairan lepuhan mengalir. 

  1. Gunakan Lidah Buaya

Bila mengalami kondisi ini disebabkan karena luka bakar ringan maupun terbakar sinar matahari, maka dapat mengoles gel lidah buaya agar dapat membantu mengurangi rasa sakit. 

Sebagai tambahan, simpan lidah buaya dalam lemari es, sehingga dapat membantu menarik panas yang berasal dari kulit. 

Bukan hanya itu, sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bila penyembuhan luka pada tikus yang diberi lidah buaya lebih cepat serta mengurangi ukuran jaringan parut. 

  1. Teh Hijau

Teh hijau juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit melepuh. Teh hijau mempunyai sifat anti-inflamasi serta antioksidan yang bisa meningkatkan penyembuhan luka. 

Sebuah penelitian yang dilakukan beberapa waktu belakangan ini menyebutkan bila teh hijau yang dicampur dalam salep dapat mengurangi rasa sakit di luka serta meningkatkan penyembuhan menjadi lebih cepat. 

Ekstrak teh hijau dapat dicampur dengan  minyak kelapa kemudian aplikasikan  pada kulit melepuh . Selain itu juga dapat menyeduh teh dan tempatkan kantong ke kulit melepuh . 

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih mempunyai sifat antiseptic serta antimikroba yang bisa membantu mensterilkan serta membersihkan luka. Maka dapat mencampur minyak kayu putih dengan minyak zaitun. 

Campurkan beberapa tetes minyak ke 1 sendok teh minyak zaitun. Terapkan langsung ke kulit melepuh  atau encerkan dengan cocoa butter dan diaplikasikan menggunakan kapas. 

Apakah Harus Konsultasi ke Dokter?

Terjadinya lepuhan di permukaan kulit dapat mengalami infeksi. Infeksi yang tidak diobati bisa sangat menyakitkan serta membutuhkan dosis antibiotic. 

Bukan hanya itu, terdapat beberapa kondisi lepuhan kulit yang disebabkan karena kondisi yang lebih serius dibandingkan dengan kondisi yang disebabkan karena gesekan. 

Berikut beberapa kondisi yang diharuskan segera konsultasi ke dokter, seperti:

  1. Lepuhan diisi dengan nanah berwarna hijau atau kuning
  2. Area lepuhan berubah warna menjadi merah, kemudian meradang dan terasa panas ketika disentuh
  3. Setelah diobati secara alami, rasa sakit semakin bertambah buruk 
  4. Lepuhan berada di tempat yang tidak biasa, contohnya seperti berada di bagian mata dan mulut
  5. Lepuhan terus menerus kembali dan memiliki gejala reaksi alergi yang mengiringi kondisi ini. 

Selain itu, jika kulit melepuh tidak juga mereda dalam waktu 3 hingga 4 hari, pastikan segera melakukan konsultasi ke dokter. Jadwalkan konsultasi Sahabat Kaef melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Yuk , download aplikasinya di Google Play atau Apps Store !

Sumber

https://www.healthline.com/health/blisters

https://www.nhs.uk/conditions/blisters/

https://ciputrahospital.com/penyebab-kulit-melepuh/

https://health.kompas.com/penyakit/read/2021/09/19/160000468/kulit-melepuh

#DekatCepatSehat