You are currently viewing Tidak Hanya untuk Kulit, Ini Dia manfaat Vitamin E yang Lainnya

Tidak Hanya untuk Kulit, Ini Dia manfaat Vitamin E yang Lainnya

Vitamin E merupakan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, bahkan salah satunya bagi kesehatan kulit. Vitamin ini bekerja dengan cara meningkatkan elastisitas serta kelembaban kulit, melindungi kulit dari kerusakan, hingga mencegah penuaan dini. 

Namun, siapa sangka, selain memiliki peran yang penting bagi kesehatan kulit, jenis vitamin ini juga menjadi nutrisi penting untuk otak, reproduksi, penglihatan dan darah. Vitamin ini memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel dari radikal bebas. 

Seperti yang kita ketahui, radikal bebas adalah molekul yang dihasilkan tubuh saat terpapar asap tembakau serta radiasi. Bisa jadi, radikal bebas ini mempunyai peran dalam penyakit kanker, jantung dan lainnya. 

Manfaat dari Vitamin E

Untuk orang dewasa, jumlah vitamin ini yang direkomendasikan sebanyak 15 miligram dalam sehari. Berikut sejumlah manfaat yang diberikan vitamin ini, antara lain:

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Mengonsumsi vitamin ini dalam dosis tinggi dapat menunda perkembangan penyakit Alzheimer untuk orang yang telah didiagnosis ringan hingga sedang. Hal tersebut telah ditunjukkan dari beberapa penelitian. 

  1. Mencegah Penyakit Hati

Manfaat vitamin E yang berikutnya adalah mencegah penyakit hati. Vitamin ini dapat memperbaiki gejala penyakit hati berlemak non alkohol. Manfaat ini sudah ditunjang dengan studi yang dilakukan. 

  1. Menunjang Kesehatan Mata

Tidak sedikit gangguan mata yang disebabkan karena tidak seimbangnya antioksidan serta radikal bebas yang berada di dalam tubuh. Sehingga, dengan terpenuhinya kebutuhan vitamin ini, kandungan antioksidan yang dimilikinya dapat menjaga kesehatan sel mata. 

  1. Penjaga Keseimbangan Hormone

Manfaat lain yang dimiliki vitamin ini ialah untuk menjaga keseimbangan sistem endokrin serta saraf karena dapat menyeimbangkan sistem hormone. 

Beberapa gejala ketidakseimbangan hormone seperti kenaikan berat badan, infeksi saluran kemih, sakit perut yang disebabkan karena menstruasi, sampai alergi dan kecemasan berlebih. 

Mengkonsumsi sayuran dan buah yang memiliki kandungan vitamin ini dapat mencegah kemunculan sejumlah keluhan tersebut. 

  1. Sebagai Nutrisi Penunjang Kehamilan serta Perkembangan Janin

Untuk kehamilan serta perkembangan janin, vitamin E juga memegang peran yang penting karena memiliki fungsi sebagai pelindung asam lemak kritis untuk janin. 

Bukan hanya itu, vitamin ini juga mempunyai dampak yang baik bagi tahap awal perkembangan saraf serta otak. Oleh sebab itu ibu hamil disarankan mengkonsumsi vitamin alami agar menghindari kelainan janin. 

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Vitamin ini diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh menjadi semakin kuat melawan virus serta bakteri yang menjadi akar penyebab infeksi. 

Beberapa studi juga menyatakan jika vitamin ini bisa meningkatkan produksi sel darah putih, utamanya limfosit.

  1. Memelihara Kesehatan Otak dan Saraf

Salah satu manfaat yang diberikan dari vitamin E yang tidak kalah penting adalah sebagai penjaga fungsi saraf dan otak. 

Terdapat sejumlah riset kesehatan yang menunjukkan bila asupan vitamin yang tercukupi, baik dari suplemen maupun makanan bisa mencegah seseorang dari demensia dan pikun. 

  1. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik menjaga sirkulasi darah. Hal ini bermanfaat sebagai penjaga kekencangan kulit serta mencegah penuaan dini. 

Untuk beberapa kasus, vitamin ini serta bahan alami yang kaya antioksidan bahkan dapat mencegah kemunculan kerutan halus pada kulit. 

  1. Menyehatkan Paru-Paru

Manfaat lain yang dimiliki vitamin E juga mencakup sistem pernapasan. Zat ini bisa mencegah peradangan pada penderita penyakit PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronis. PPOK merupakan penyakit peradangan yang bisa berkembang dan menyebabkan kerusakan paru. 

Penyakit ini bisa disebabkan karena paparan gas yang menyebabkan iritasi jangka panjang, seperti asap rokok. Sifat anti radang yang dimiliki vitamin ini bisa membantu meredakan peradangan yang menjadi pusat masalah dari PPOK. 

Bukan hanya itu, pengonsumsian vitamin ini yang meningkat juga sangat baik bagi fungsi paru-paru secara keseluruhan. 

  1. Menyehatkan Rambut serta Kulit Kepala

Rambut yang sehat berasal dari kulit kepala yang sehat. Cara untuk menyehatkan kulit kepala ini adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin ini. Hal tersebut disebabkan karena vitamin ini adalah zat gizi yang sangat baik bagi kesehatan kulit. 

Sebagai sebuah senyawa antioksidan, vitamin ini akan melindungi sel kulit kepala serta mencegah kerusakan tersebut. Vitamin ini juga membantu memperkuat lapisan lemak yang berada di sel kulit kepala, sehingga rambut mempunyai tempat kokoh untuk tumbuh. 

Sumber Alami Vitamin E

Setelah mengetahui sejumlah manfaatnya, pasti ingin langsung mencukupi kebutuhan asupan vitamin ini bukan? saat ini memang cukup banyak suplemen yang bisa dijadikan sebagai pilihan. 

Namun, akan lebih baik jika menggunakan sumber alami dari vitamin ini. Berikut sejumlah sumber alami dari vitamin ini, antara lain:

  • Minyak zaitun, minyak nabati, minyak gandum
  • Biji-bijian seperti kacang tanah, almond, hazelnut dan biji bunga matahari
  • Sayuran seperti brokoli dan bayam
  • Abalone
  • Daging angsa
  • Ikan salmon
  • Bekicot
  • Telur ikan
  • Lobster 
  • Buah kiwi
  • Buah manga
  • Buah alpukat

Dampak Kekurangan Vitamin E 

Jika sudah mengetahui beberapa manfaatnya, maka harus rutin mengkonsumsi vitamin ini. Sebab, kekurangan asupan vitamin ini memberikan dampak yang kurang baik bagi tubuh, seperti:

  1. Ataksia

Kekurangan vitamin  ini bisa menyebabkan gangguan di sistem gerak. Hal ini dapat membuat seseorang sulit melakukan aktivitas sehari-hari, bahkan bisa menurunkan kekuatan otot yang digunakan untuk koordinasi antar anggota tubuh. 

Selain itu kekurangan vitamin ini juga dapat menyebabkan aritmia jantung. Lemahnya otot tubuh serta terjadinya gangguan jantung juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin E. Biasanya akan terjadi kerusakan di beberapa bagian sel saraf serta otot jantung.

  1. Imun Tubuh Menurun

Vitamin ini memiliki peran untuk antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari adanya kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Bila seseorang tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin ini, makan dapat terjadi penurunan daya tahan tubuh. 

  1. Gangguan Kehamilan

Begitu rendahnya asupan vitamin ini yang dimiliki ibu hamil bisa menyebabkan sejumlah gangguan seperti meningkatkan risiko bayi lahir cacat serta keguguran. 

Hal ini sudah diteliti, dan berdasarkan pada penelitian tersebut, ibu hamil yang kekurangan asupan vitamin E banyak terjadi di negara berkembang. 

Oleh sebab itu, bukan hanya mengkonsumsi zat besi dan asam folat tetapi ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin ini. 

  1. Kebutaan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, vitamin ini memiliki manfaat yang baik bagi penglihatan atau kesehatan mata. Bahkan, vitamin ini dapat menurunkan risiko AMD. 

Sehingga, jika terjadi kekurangan vitamin ini, risiko AMD akan semakin besar dan dapat menyebabkan kebutaan pada penderitanya. Oleh sebab itu, sebagai pencegahan, tidak ada salahnya mengkonsumsi vitamin yang baik ini mulai sekarang. 

Dengan sejumlah manfaat yang dimiliki, sangat penting untuk memenuhi seluruh kebutuhan vitamin E di dalam tubuh. Selain dari makanan, Sahabat Kaef bisa mendapatkan asupan vitamin E dari multivitamin. Tidak perlu repot untuk keluar rumah,  hanya menggunakan aplikasi Kimia Farma Mobile. Multivitamin pesanan Sahabat Kaef akan diantar sampai ke rumah. Yuk, download aplikasinya di Play Store atau Apps Store sekarang juga ! 

Sumber

https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-vitamin-e

https://www.healthline.com/health/all-about-vitamin-e

#DekatCepatSehat