You are currently viewing Simak Manfaat & Perawatan Sunat pada Anak Laki-Laki

Simak Manfaat & Perawatan Sunat pada Anak Laki-Laki

Sunat anak laki-laki biasa dikenal masyarakat dengan sebutan khitan. Ini bukan hanya sekadar tradisi masyarakat namun juga merupakan tindakan medis yang membawa banyak manfaat. Apa saja manfaatnya dan bagaimana cara perawatannya? 

Manfaat Sunat Anak

Sunat merupakan sebuah prosedur medis yang dilakukan untuk membuang kulup atau kulit yang menutup bagian kepala penis. Tindakan ini memiliki begitu banyak manfaat. Berikut adalah beberapa manfaat sunat anak yang penting untuk diketahui:

  • Menjaga Kebersihan Penis

Tindakan sunat anak laki-laki akan membantu menjaga kebersihan area penis secara optimal. Jika bagian kulup ini dihilangkan, maka penis akan lebih mudah untuk dibersihkan. 

Sebaliknya, saat kulup dibiarkan begitu saja maka tinggi kemungkinan ada banyak bakteri yang bersembunyi di sana. Secara logika, akan sangat sulit untuk membersihkan penis jika masih ada kulit penutupnya. 

  • Menurunkan Risiko Infeksi

Sunat anak juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya infeksi, khususnya di saluran kemih. Pada dasarnya laki-laki baik dewasa maupun anak-anak yang belum disunat memiliki risiko infeksi saluran kemih yang jauh lebih tinggi. 

Perlu dicatat bahwa infeksi semacam ini ternyata bisa membawa dampak yang sangat buruk bagi kesehatan di masa depan. Beberapa kasus infeksi saluran kemih bahkan bisa menyebabkan masalah pada ginjal di kemudian hari. 

Hal ini pula yang membuat tindakan sunat lebih disarankan sedini mungkin. Banyak orang tua yang memutuskan untuk melakukan tindakan sunat pada anak laki-lakinya sejak masih usia bayi demi menurunkan risiko infeksi tersebut. 

  • Menurunkan Risiko Penyakit Menular Seksual

Sunat anak sangatlah penting untuk dilakukan demi kesehatan saat ini dan di masa depan. Saat tumbuh dewasa nanti, laki-laki yang sudah disunat akan memiliki risiko penyakit menular seksual yang lebih rendah. 

Ada banyak jenis penyakit menular seksual yang penting untuk diwaspadai. Sebut saja seperti HIV dan gonore. Tentunya hal ini akan menurunkan pengalaman seksual setelah dewasa dan bisa membahayakan pasangan. 

Itulah mengapa sunat sangat disarankan untuk dilakukan sedini mungkin. Namun tak masalah juga jika laki-laki yang belum disunat memilih untuk melakukannya saat sudah dewasa demi kesehatan. 

  • Mencegah Terjadinya Fimosis dan Parafimosis

Manfaat berikutnya adalah bisa mencegah fimosis dan parafimosis. Fimosis merupakan kondisi ketika kulup penis sulit ditarik ke belakang. Ini bisa menimbulkan nyeri hebat saat ereksi dan berpotensi mempersulit buang air kecil. 

Sementara itu parafimosis adalah kondisi sebaliknya dimana kulup tidak bisa kembali ke posisi awal setelah ditarik melewati kepala penis. Hal ini kemudian akan memicu terjadinya bengkak dan nyeri. 

Fimosis dan parafimosis jelas tidak akan terjadi jika kulup penis dihilangkan melalui prosedur sunat. Itulah mengapa sunat anak sangat disarankan agar tidak terjadi 2 kondisi yang tidak nyaman tersebut. 

  • Mengatasi Inflamasi pada Penis

Tindakan sunat ternyata juga bisa membantu mengatasi inflamasi pada penis. Kondisi inflamasi ini juga sering dikenal dengan nama balanitis. Biasanya kulup dan bagian kepala penis yang akan mengalami peradangan lalu berkembang jadi infeksi. 

Dokter biasanya akan langsung menyarankan tindakan khitan jika ada pasien laki-laki yang mengalami kondisi balanitis tersebut. Ini dilakukan demi mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah yaitu kepala penis terluka dan meradang semakin hebat. 

Perawatan Sunat Anak

Setelah menjalani proses sunat, maka dibutuhkan langkah perawatan yang tepat pada bagian luka di area penis. Berikut ini beberapa langkah perawatan sunat anak yang bisa dilakukan agar proses pemulihan lebih cepat:

  • Konsumsi Obat Pereda Nyeri

Tindakan sunat memang bisa menyebabkan nyeri. Bekas luka setelah proses sunat pasti akan terasa perih. Tapi tenang saja, dokter biasanya akan meresepkan obat pereda nyeri Sebaiknya ikuti anjuran dokter mengenai dosis obat yang harus dikonsumsi. Jangan membuat aturan minum obat sendiri hingga menyebabkan proses penyembuhan berjalan lebih lama. 

  • Bersihkan Area Penis

Setelah tindakan sunat anak, penting sekali untuk selalu menjaga kebersihan area penis. Ini dilakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada area penis setelah sunat. Terutama setelah digunakan untuk buang air kecil. 

Pakailah air hangat untuk membasuh penis. Lebih disarankan untuk membasuh penis tanpa memakai sabun. Setelah itu keringkan area penis dengan handuk lembut dan cukup ditepuk perlahan saja.

  • Ganti Perban secara Rutin

Bekas sayatan untuk menghilangkan kulup penis biasanya akan diperban selama masa penyembuhan. Pastikan untuk selalu mengganti perban secara rutin demi menjaga kebersihannya. 

Caranya mudah, bukalah perban lama secara perlahan. Jika masih ada bagian perban yang menempel di kulit, angkat dengan bantuan kain kasa dan air hangat. setelah itu ganti perban dengan yang baru dan pastikan penis dalam keadaan bersih. 

  • Oleskan Petroleum Jelly

Demi mempercepat proses penyembuhan, sangat disarankan untuk memakai petroleum jelly. Cukup oleskan sedikit saja petroleum jelly di bagian ujung penis secara perlahan. 

Petroleum jelly adalah bahan alami yang sangat aman digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka di kulit. Selain itu, petroleum jelly juga bisa mencegah pakaian dalam menempel di area luka bekas sunat. 

Biasanya dokter juga akan memberikan resep salep antibiotik untuk membantu proses penyembuhan luka. Jika memang diresepkan salep antibiotik, maka konsultasikan pada dokter apakah bisa dipakai bersamaan dengan petroleum jelly.

  • Konsumsi Makanan Bergizi

Demi mempercepat proses penyembuhan setelah sunat, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan yang bergizi lengkap. Ini sangat penting karena proses penyembuhan butuh asupan gizi yang memadai. 

Pastikan anak makan sayur, buah, dan tercukupi kebutuhan proteinnya. Jika ada alergi, maka jangan sedikitpun memberikan makanan penyebab alergi karena bisa memicu lamanya proses penyembuhan. 

Prosedur Sunat Anak

Pada dasarnya, sunat merupakan tindakan medis yang tidak sulit untuk dilakukan. Prosedur yang dijalankan cukup sederhana. Berikut adalah prosedur sunat anak yang perlu diketahui:

  • Dokter akan memberikan obat bius (bisa bius total maupun lokal sesuai dengan kondisi anak).
  • Jika bius sudah bekerja, maka dokter akan mulai memotong kulup tepat di bagian belakang kepala penis. 
  • Setelah semua bagian kulup dipotong, maka tepi kulit yang masih tersisa akan dijahit (jenis jahitannya langsung menyerap ke kulit).
  • Penis yang sudah disunat akan dibalut dengan perban. 
  • Bisa dilakukan perawatan setelah sunat sesuai penjelasan yang sudah dibahas di bagian sebelumnya agar luka cepat sembuh. 

Proses sunat yang telah dijelaskan ini merupakan metode konvensional. Selain metode tersebut ada beberapa metode lain yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa metode sunat yang bisa dijalankan saat ini:

  • Sunat smart klamp dengan tabung khusus sesuai ukuran penis untuk memotong kulup. 
  • Sunat elektrokauter dengan menggunakan kawat khusus yang dipanaskan aliran listrik. 
  • Sunat laser yaitu pemotongan kulup memakai alat canggih laser CO2.

Itulah manfaat & perawatan sunat pada anak laki-laki. Bila Sahabat Kaef masih memiliki pertanyaan mengenai prosedur medis tertentu, konsultasikan saja dengan dokter . Jadwalkan konsultasi melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di App Store dan Google Play.

Sumber 

https://www.nhs.uk/conditions/circumcision-in-boys/

https://caringforkids.cps.ca/handouts/pregnancy-and-babies/circumcision

https://mayapadahospital.com/news/yang-harus-diperhatikan-orang-tua-sebelum-khitan-anak

#DekatCepatSehat