You are currently viewing Ini Dia Cara Meremajakan Kulit Agar Tampak Awet Muda

Ini Dia Cara Meremajakan Kulit Agar Tampak Awet Muda

Pasti Sahabat Kaef merasa kesal ketika bercermin dan menemukan kerutan baru di wajah, atau bahkan melihat ada tanda penuaan lain. Apakah ada perawatan yang bisa membantu mengatasi masalah ini dan meremajakan kulit?

Ada beberapa cara untuk bisa membuat kulit terlihat awet muda kembali, yaitu dengan konsumsi makanan yang bergizi serta melakukan perawatan kulit. Namun apa ya kira-kira hal yang menyebabkan kulit mengalami penuaan dini? Simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Kulit Mengalami Penuaan Dini

Sebelum mencari tahu lebih banyak tentang cara meremajakan kulit, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu tentang penyebab kulit mengalami penuaan dini berikut ini.

Jam Tidur Kurang

Jangan pernah meremehkan jam tidur yang kurang. Perlu diketahui, jika tidur kurang dari 5 jam sehari, maka akan menyebabkan kulit menjadi cepat keriput dan mengalami penuaan.

Ini bisa terjadi karena saat beristirahat, itulah saat dimana proses regenerasi sel kulit terjadi. Jika tidur kurang dari 5 jam, tentu saja proses ini tidak akan berjalan dengan lancar.

Terlalu Banyak Konsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang terasa sangat nikmat dan menyegarkan. Namun dibalik kesegaranya, ternyata soda kurang baik bagi kesehatan kulit. Terlalu banyak mengkonsumsi soda dapat berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh, terutama kulit.

Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Percaya atau tidak, kadar gula yang dikonsumsi berlebihan pada makanan akan sangat berpengaruh pada kulit.

Kulit manusia terbentuk dari kolagen yang membuat kulit tetap terlihat elastis. Konsumsi gula yang berlebihan akan mengikat asam amino yang terkandung dalam kolagen. Inilah yang membuat tubuh kesulitan untuk memperbaiki kulit yang menua karena gula.

Salah Posisi Tidur

Posisi tidur terbaik yang disarankan adalah posisi terlentang, karena tidak akan menekan bagian kulit wajah. Untuk yang cenderung tidur dengan posisi menyamping, sebaiknya segera mengganti kebiasaan ini.

Posisi tidur menyamping memberikan tekanan dan membuat garis halus pada area wajah.

Terlalu Sering Menggunakan Make Up

Make up memang sangat berguna untuk mempercantik diri, namun bila digunakan terlalu sering dan secara terus menerus. Namun ternyata penggunaan make up yang terlalu sering disertai terlalu banyak kombinasi make up tidak baik.

Hal ini akan menyebabkan kulit tidak bisa bernafas dan pori-pori tersumbat. Inilah yang menyebabkan muncul garis dan kerutan halus.

Merasa Stress

Tidak hanya faktor eksternal yang menyebabkan kulit cepat mengalami penuaan, namun ternyata faktor internal seperti stress juga dapat banyak berkontribusi.

Bila stres terjadi dalam jangka panjang dan terus menerus tanpa ada penanganan, maka akan berpengaruh pada kulit.

Cara Meremajakan Kulit

Kini tiba saatnya untuk mengetahui lebih jauh tentang cara agar bisa meremajakan kulit.

Memiliki Waktu Istirahat Yang Cukup

Seperti sudah disampaikan sebelumnya, salah satu penyebab penuaan dini adalah karena 

Jam tidur yang kurang. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tidur selama 7 sampai dengan 9 jam agar bisa tetap terlihat awet muda.

Agar bisa tidur dengan cepat dan nyenyak, ikuti tips berikut ini:

  • Jangan minum kafein setelah pukul 1 siang.
  • Letakkan gadget jauh dari jangkauan ketika mendekati jam tidur
  • Jangan lakukan olahraga 2 jam sebelum jam tidur

Jangan Berlebihan Mengkonsumsi Gula

Gula juga merupakan musuh terbesar dari proses untuk meremajakan kulit. Sahabat Kaef harus menghitung kadar gula dalam makanan yang akan konsumsi. Ini tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan kulit, namun tubuh secara menyeluruh.

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Ini adalah salah satu hal sederhana yang kadang terlupakan. Kunci utama yang bisa membuat kulit terlihat awet muda adalah dengan melakukan pembersihan wajah 2 kali, atau yang biasa disebut dengan double cleansing.

Kulit telah mengalami paparan berbagai debu, polusi, dan bahkan sinar matahari. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan hal ini.

Dengan membersihkan wajah maka akan mendapatkan manfaat sebagai berikut:

  • Kulit menjadi lebih cerah
  • Kulit menjadi lebih lembab dan sehat
  • Kulit akan menjadi lebih elastis karena tidak tersumbat oleh apapun

Memijat Wajah Perlahan

Saat terasa sangat lelah dan tegang, bisa memijat wajah secara perlahan. Ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan juga mengendurkan otot yang tegang. Apakah perlu ke salon untuk melakukan pijat wajah? Tenang, lakukan hal berikut ini.

  • Menggunakan aloe vera gel dan usapkan ke wajah
  • Lakukan gerakan memijat dari pipi ke telinga, lakukan gerakan secara memutar
  • Pijat juga bagian bawah mata untuk merelaksasi
  • Tarik wajah ke arah samping atas agar bisa melancarkan aliran darah
  • Juga bisa memijat bagian bibir dengan gerakan yang memutar

Melakukan Olahraga

Olahraga memang menjaga badan agar tetap bugar, namun ternyata tidak hanya itu manfaatnya. Dengan melakukan olahraga yang rutin, maka bisa membuat kulit mengeluarkan keringat dan zat lain.

Berikut manfaat langsung olahraga untuk kesehatan kulit:

  • Olahraga dapat membantu memperlancar aliran darah pada kulit. Tentunya hal ini akan sangat berguna untuk memberikan oksigen pada kulit.
  • Pori-pori akan terbuka saat melakukan olahraga. Hal ini juga akan membuat sel kulit mati bisa terangkat bersamaan dengan keringat yang muncul. Ini sangat bermanfaat untuk membuang racun dalam tubuh.

Minum Air Teratur

Air memiliki peran penting bagi kesehatan kulit. Perlu diketahui, tubuh mengandung air, maka sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Kulit akan tampak lebih kenyal dan sehat saat konsumsi air terpenuhi.

Jangan Sembarangan Pakai Skincare

Skincare yang tidak cocok dengan kulit hanya akan merusak kulit. Sahabat Kaef harus mengetahui jenis kulit dan apa yang kulit butuhkan. Setelah itu baru mencari skincare yang tepat. Jangan sampai kulit mengalami penuaan karena salah skincare.

Rekomendasi Makanan Untuk Meremajakan Kulit

Selain melakukan perawatan wajah, sangat penting juga untuk menjaga apa yang dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sangat cocok untuk meremajakan kulit.

Nanas

Nanas mengandung mineral yang dapat berguna untuk membangun enzim prolidase yang bermanfaat untuk memicu produksi kolagen pada kulit. Ini dapat membantu kulit menjadi lebih elastis.

Yogurt

Yoghurt sudah sangat dikenal bisa membantu melancarkan pencernaan. Namun ternyata yoghurt juga sangat bagus untuk kulit karena mengandung protein dan kalsium yang tinggi yang berguna menjaga tubuh tetap muda.

Dark Chocolate

Siapa yang suka coklat? Ternyata coklat tidak hanya manis, namun berkhasiat tinggi untuk kulit. Dark chocolate yang kaya antioksidan yang dapat membantu kulit tampak awet muda. 

Itulah pembahasan mengenai cara meremajakan kulit wajah. Namun bila benar-benar memiliki kulit yang sehat dan awet muda, maka harus mulai mengubah pola hidup, baik itu tentang makanan, kebiasaan dan rutin melakukan  perawatan wajah. Sahabat Kaef bisa menggunakan salah satu produk dari Kimia Farma yaitu Venus Cleansing Gel untuk membuat wajah tampak awet muda. Cek ketersedian produknya melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Google Play atau Apps Store !

Sumber

https://www.healthline.com/health/dull-skin

https://www.kosmoderma.com/say-goodbye-to-dull-skin/

https://health.kompas.com/read/2020/09/05/133300568/12-cara-mengencangkan-kulit-wajah-secara-alami?page=all

#DekatCepatSehat