You are currently viewing 9 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi
9 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

9 Jenis Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

Apakah segelas jus jeruk murni atau vitamin C adalah pilihan saat pilek datang?  Asam askorbat atau biasa kita kenal sebagai Vitamin C adalah vitamin dapat larut di air. Artinya vitamin ini dapat disimpan dalam jaringan tubuh dengan baik.

Manfaat Makanan-makanan Mengandung Vitamin C

Selain berguna sebagai antioksidan yang kuat dan berperan penting dalam menetralisir radikal bebas berbahaya, vitamin C juga dapat menyembuhkan luka dan infeksi hebat. Vitamin ini fungsinya untuk membentuk protein berserat, kolagen dan jaringan yang ada di sistem tubuh, seperti:

  • saraf
  • kekebalan
  • tulang
  • tulang rawan
  • darah, dll

Vitamin membantu membuat beberapa hormon dan pembawa pesan kimia yang digunakan di otak dan saraf.

Makanan yang Mengandung Vitamin C Tinggi

  1. Plum Kakadu

Plum Kakadu (Terminalia ferdinandiana) atau biasa kita sebut buah Plum adalah buah asli dari Australia yang memiliki kandungan vitamin C 100 kali lebih banyak dari jeruk. Buah ini memiliki konsentrasi vitamin C tertinggi yang diketahui, mengandung hingga 2.907 mg per 100 gram. 

  1. Stroberi

Satu mangkuk saji atau 150 gram buah stroberi mengandung sekitar 90 mg vitamin C. Selain tinggi kandungan vitamin C, stroberi juga mengandung antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam stroberi dapat mencegah penyakit kanker, demensia, dan diabetes.

  1. Nanas

Apabila mulai bosan dengan jeruk, cobalah menggantinya dengan nanas. Cukup dengan mengonsumsi satu potong besar nanas, Sahabat Kaef  bisa memperoleh 79,3 miligram vitamin C. Jumlah ini dapat memenuhi 88% kebutuhan vitamin C Anda dalam satu hari. Nanas juga terkenal dengan kandungan bromelain yang ada di dalamnya. Bromelain adalah enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung. Enzim ini juga dapat berfungsi sebagai zat antiradang.

  1. Jeruk

Dalam satu buah jeruk ukuran sedang mampu memberikan 70 miligram vitamin C, atau setara dengan 78 persen dari kebutuhan harian tubuh. Buah ini bukan hanya mengandung tinggi vitamin C saja, tetapi juga berbagai nutrisi dan mineral lain, seperti karbohidrat, serat, kalium, dan asam folat.

  1. Jambu Biji

Salah satu buah yang dikenal kaya akan vitamin C adalah jambu biji. Di dalam 1 jambu biji terkandung sekitar 126 mg vitamin C. Artinya, dengan mengonsumsi jambu biji saja, Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 140% atau lebih dari jumlah yang disarankan.

  1. Lemon

Satu lemon yang utuh mengandung 45 mg vitamin C. Vitamin C dalam jus lemon juga bermanfaat sebagai antioksidan, hal ini terbukti melalui kemampuannya dalam mencegah makanan dan buah lain menjadi kecoklatan.

Ketika buah dan sayuran dipotong, enzim polifenol oksidase terkena oksigen. Ini memicu oksidasi dan mengubah makanan menjadi coklat. Menerapkan jus lemon ke permukaan yang terbuka bertindak sebagai penghalang, mencegah proses pencoklatan.

Jus lemon juga telah ditemukan untuk mengurangi tekanan darah dan menurunkan efek roti pada gula darah.

  1. Kiwi

Mengkonsumsi kiwi memiliki manfaat yang cukup luar biasa bagi kekebalan tubuh. Karena sebuah kiwi berukuran sedang memiliki kadar vitamin C sebanyak 56mg.

Selain itu kiwi dapat menghambat trombosit darah, yang tentunya dapat mengurangi resiko stroke atau pembekuan darah.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh 14 pria kekurangan vitamin C membuktikan bahwa setelah mengkonsumsi kiwi selama empat minggu setiap hari dapat meningkatkan perkembangan sel darah putih sebanyak 20%. Kadar vitamin C dalam darah menjadi normal setelah hanya 1 minggu, meningkat sebesar 275%.

  1. Brokoli

Satu mangkuk brokoli hijau yang sudah dipotong-potong mengandung 80 mg vitamin C. Setelah dimasak, kandungan vitamin C dalam brokoli akan menyusut menjadi 50 mg, tetapi angka ini masih menjadikan brokoli sebagai sumber vitamin C yang baik

  1. Kale

Kale adalah sayuran silangan yang merupakan makanan mengandung vitamin C. Porsi 100 gram kale memiliki 93 mg vitamin C. Makanan ini juga memasok vitamin K dalam jumlah tinggi dan karotenoid lutein dan zeaxanthin. Satu cangkir (118 g) kale yang dimasak berisi 21 mg untuk vitamin C.

Sayuran ini jika sudah dimasak akan mengurangi kandungan vitamin C di dalamnya, satu penelitian menemukan bahwa merebus dan menggoreng sayuran berdaun hijau dapat meningkatkan ketersediaan hayati senyawa yang meningkatkan kesehatan, yang dapat membantu mengurangi penyakit radang kronis.

Itulah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan tinggi vitamin C tinggi di dalamnya. Vitamin C penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, kesehatan jantung,  jaringan ikat, dan pembuluh darah, di antara banyak peran penting lainnya. Kurangnya mengkonsumsi makanan mengandung vitamin C dapat berefek buruk pada kesehatan. Selain mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi, Sahabat Kaef juga dapat mengonsumsi suplemen vitamin C bila diperlukan. Jika ingin membeli suplemen, Sahabat Kaef bisa melakukan pembelian melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Tidak perlu keluar, pesanan langsung diantar sampai rumah. Yuk, download aplikasinya melalui Kimia Farma Mobile di Google Play atau Apps Store !

Sumber :

https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-c-foods

https://health.kompas.com/read/2020/06/14/100200868/14-makanan-yang-mengandung-vitamin-c-tinggi?page=all

#DekatCepatSehat