You are currently viewing 11 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

11 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga renang merupakan salah satu cabang yang sangat disukai. Pasalnya berenang merupakan olahraga yang menyenangkan. Bahkan pada Olimpiade Tokyo 2020, cabang olahraga ini menempati posisi ketiga sebagai olahraga terfavorit.

Selain menyenangkan, olahraga renang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaatnya bahkan tergolong banyak, sama halnya seperti cabang olahraga yang lainnya.

Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut ini 11 manfaat berenang bagi kesehatan tubuh yang harus Sahabat Kaef ketahui :

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kebanyakan olahraga berpengaruh pada kesehatan jantung. Demikian juga dengan berenang yang dapat memelihara kesehatan jantung. Manfaatnya ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang dilakukan sejumlah ahli kesehatan.

Olahraga renang bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Bahkan jika dilakukan secara rutin, juga bisa meningkatkan kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen. Selain itu, renang juga dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit stroke maupun jantung.

  1. Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Olahraga renang tidak hanya berkaitan dengan otot-otot tubuh. Olahraga ini juga berkaitan dengan paru-paru. Hal inilah yang membuat olahraga tersebut memiliki manfaat yang besar untuk menambah kapasitas paru-paru.

Renang adalah olahraga yang bisa menambah kapasitas paru-paru. Aktivitas ini juga bermanfaat untuk para pengidap asma.

Menurut B.J. Medical College, India, dari penelitian yang dilakukannya menjelaskan bahwa olahraga renang bisa mengontrol pernapasan. Selain itu, penelitiannya juga menguatkan bahwa olahraga ini bisa menambah kapasitas paru-paru.

Namun ada syarat aktivitas renang untuk para penderita asma. Syaratnya yaitu harus melakukannya di kolam yang tidak mengandung klorin.

  1. Bagus untuk Meningkatkan Massa Otot

Selain bagus untuk jantung dan paru-paru, renang juga bagus untuk otot. Aktivitas renang bisa meningkatkan massa otot sekaligus meningkatkan kelenturan otot. Pasalnya, pada saat berenang tubuh akan bergerak melawan tekanan air.

Renang juga merupakan aktivitas yang bisa mengecilkan ukuran betis dan membuat betis menjadi lebih kencang. Selain itu, juga bisa membuat otot dada menjadi lebih terbentuk.

  1. Menjaga Bentuk Tubuh Ideal

Renang adalah olahraga yang juga bisa menurunkan berat badan. Dengan begitu, maka bisa menjaga bentuk badan ideal dengan aktivitas ini. Olahraga ini juga cocok untuk  yang ingin menurunkan berat badan.

Renang adalah olahraga yang bisa membakar 500 hingga 650 kalori dalam satu jam. Jika dilakukan secara rutin, maka bisa menurunkan berat badan secara cepat.

  1. Mencegah dan Menghilangkan Stres

Seperti dijelaskan sebelumnya, renang merupakan cabang olahraga yang seru dan menyenangkan. Olahraga tersebut bisa membantu untuk menurunkan stres sekaligus mencegahnya.

Selain bagus untuk menurunkan stres, olahraga renang juga bisa membantu melemaskan otot tubuh. Dengan begitu, badan akan menjadi lebih rileks dan stres pun menjadi berkurang.

  1. Memperbaiki Mood yang Jelek

Keseruan renang tidak hanya dapat menghilangkan stres saja. Selain itu juga dapat memperbaiki suasana hati atau mood yang jelek. Hal ini didukung oleh sebuah penelitian dari Australasian Journal on Ageing.

Menurut penelitian, olahraga ini bisa meningkatkan suasana hati para penderita demensia. Selain untuk para penderita demensia, juga bermanfaat untuk semua orang yang melakukan aktivitas olahraga tersebut.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tidur yang berkualitas dapat membantu menjaga kesehatan dan juga stamina di siang hari. Selain itu juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh saat beraktivitas di siang hari.

Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki kualitas tidur yang bagus. Hingga saat ini masih banyak orang yang mengeluhkan gangguan tidur yang disebut insomnia.

Pada dasarnya ada banyak cara untuk mengatasi insomnia. Olahraga renang bisa menjadi salah satu cara yang paling tepat.

Olahraga ini bisa meningkatkan kualitas tidur di malam hari. Jika melakukannya secara rutin, maka kualitas tidur pun perlahan akan membaik seiring berjalannya waktu.

  1. Bagus untuk Kesehatan Sendi

Gerakkan renang ternyata bagus juga untuk mengurangi nyeri sendi. Cocok untuk yang sering mengalami peradangan sendi. Selain itu, olahraga ini juga bisa dilakukan oleh para penderita arthritis.

Lakukan renang secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu. Pasalnya, melakukan aktivitas ini secara rutin bisa menurunkan nyeri sendi dan bagus untuk para penderita osteoporosis.  

  1. Mengatasi Masalah Saraf yang Kejepit

Penderita saraf kejepit umumnya memiliki gangguan kesehatan yang membuatnya tidak leluasa dalam beraktivitas. Kebanyakan penderitanya bahkan hanya bisa berbaring di tempat tidur.

Para penderita syaraf kejepit harus segera mendapatkan penanganan yang tepat. Pasalnya kondisi ini bisa melemahkan otot dan sandi.

Renang adalah salah satu olahraga yang cocok untuk penderita syaraf kejepit. Pasalnya, aktivitas olahraga ini bisa membuat tulang belakang dan otot punggung lebih rileks dan santai.

  1. Meningkatkan Tinggi Badan

Olahraga renang bisa dipilih untuk meningkatkan tinggi badan khususnya bagi anak dan remaja. Renang adalah olahraga yang bisa memperkuat tulang belakang. Selain itu, olahraga ini juga bisa membantu membentuk postur tubuh menjadi lebih baik.

Pada saat melakukan olahraga ini, semua otot tubuh akan bergerak. Pada saat berada di dalam air, tubuh juga harus bergerak melawan gravitasi. Gerakan inilah yang dapat membantu tubuh untuk meningkatkan pertumbuhan.

  1. Bagus untuk Ibu Hamil

Renang juga bisa menjadi salah satu olahraga terbaik untuk para ibu hamil. Olahraga ini bisa membantu mencegah pembengkakan di pergelangan kaki ibu hamil. Selain itu juga dapat mendorong cairan dari jaringan ke pembuluh darah.

Renang juga bagus untuk mencegah darah agar tidak menumpuk di tungkai bawah. Selain itu juga bisa meningkatkan sirkulasi darah.

Tips Berenang yang Baik dan Benar

Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, maka juga harus tahu bagaimana tips berenang yang baik dan benar. Berikut ini tips agar semua manfaatnya bisa dirasakan.

  • Melatih kemampuan renang yang baik dan benar.
  • Menggunakan sunscreen jika melakukan olahraga tersebut di ruangan terbuka.
  • Pastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup sebelum renang. Pasalnya aktivitas ini juga bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Selalu mematuhi aturan renang di tempat  melakukan aktivitas tersebut.
  • Renang sesuai dengan kemampuannya, contohnya dalam memilih kedalaman air kolam.
  • Pilih kedalaman minimal 2 meter untuk yang sudah terbiasa. Tujuannya untuk menghindari kecelakaan saat melakukan aktivitas tersebut.
  • Menggunakan pegangan yang berada pada samping kolam agar tidak terpeleset.
  • Untuk ibu hamil, pastikan selalu dipandu oleh ahli di bidangnya.
  • Selalu memperhatikan kebersihan air sebelum berolahraga. Pilih tempat yang tepat dan terjamin kesehatannya.
  • Hindari renang di kolam yang memiliki suhu air yang tinggi, khususnya untuk yang suka kolam air panas.

Berenang merupakan cabang olahraga yang disukai oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dengan melakukannya secara rutin, maka bisa merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Namun pastikan melakukannya dengan baik dan benar sesuai dengan tips di atas.

Jika Sahabat Kaef memiliki masalah kesehatan &  ingin menebus obat kesehatan, Sahabat Kaef bisa gunakan aplikasi Kimia Farma Mobile untuk menebus obat. Yuk, download aplikasi Kimia Farma Mobile sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Sumber 

https://www.healthline.com/health/benefits-of-swimming

https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/61812dd3634a0/11-manfaat-renang-untuk-kesehatan-dan-tips-berenang-dengan-aman

https://hot.liputan6.com/read/4562523/16-manfaat-renang-untuk-kesehatan-baik-untuk-jantung