You are currently viewing Hari Menopause Sedunia.Kenali Penyebab, Gejala dan Tahapan Menopause!

Hari Menopause Sedunia.Kenali Penyebab, Gejala dan Tahapan Menopause!

Setiap tanggal 18 oktober diperingati sebagai World Menopause Day atau Hari Menopause Sedunia. Hari Menopause Sedunia diperingati selama lebih dari 3 dekade, yaitu pada 1984 sejak dicetuskan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan International Menopause Society (IMS). Hari Menopause Sedunia dirayakan untuk menyebarkan kesadaran tentang kondisi menopause yang dialami wanita seiring bertambahnya usia. Momen ini juga digunakan untuk mendukung peningkatan kesehatan serta kesejahteraan bagi wanita lanjut usia.

Menopause

Menopause diartikan sebagai kondisi berhentinya menstruasi pada wanita, yang biasanya terjadi ketika seorang wanita memasuki usia empat puluh dan selambat-lambatnya lima puluh lima tahun. Enam hingga dua belas bulan tanpa periode menstruasi adalah aturan yang diterima secara umum untuk mendiagnosis menopause. Periode waktu sebelum menopause disebut sebagai perimenopause, sedangkan periode waktu setelah menopause disebut sebagai pascamenopause. Selama periode perimenopause, banyak wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur.

Penyebab Menopause

Menopause terjadi ketika tidak ada lagi sel telur aktif yang tertinggal di ovarium karena penuaan dini atau akibat kemoterapi atau operasi. Saat lahir, ada sekitar satu juta telur (ovum). Pada usia pubertas jumlah ini turun menjadi sekitar 100-400 ribu pada masa pubertas. Pada saat seorang wanita mencapai usia 50 tahun, hanya sedikit sel telur yang tersisa. Ketika memasuki masa menopause, folikel aktif (rumah sel telur) tidak tersedia lagi sehingga mengakibatkan berkurangnya produksi estrogen dan progesteron dan menstruasi tidak terjadi lagi.

Gejala Menopause

Keluhan menopause yang paling umum terjadi menjelang menopause (perimenopause) dan saat menopause adalah:

  1. Haid tidak teratur
  2. hot flashes
  3. sakit kepala
  4. tangan dan kaki dingin
  5. pelupa
  6. ketidakmampuan untuk berkonsentrasi
  7. mudah marah hingga depresi.
  8. vaginitis atrofi (kekeringan vagina dan iritasi karena kekurangan estrogen)
  9. infeksi saluran kemih yang sering
  10. nyeri saat berhubungan seks.

Tahapan Menopause

Menopause paling sering dimulai antara usia 45 dan 55 tahun dan berlangsung selama 7 hingga 14 tahun bergantung pada faktor gaya hidup seseorang. Menopause merupakan titik waktu 12 bulan setelah periode terakhir menstruasi. 

Biasanya tubuh akan mulai menggunakan energi secara berbeda saat menopause terjadi, sel-sel lemak berubah, dan akan lebih mengalami penambahan berat badan dengan mudah. Selain itu kesehatan tulang atau jantung juga akan mengalami penurunan.
Nah Sahabat Kaef, itu tadi adalah pembahasan mengenai menopause. Walaupun demikian tanda dan gejala menopause akan berbeda pada setiap orang begitupun waktu mulainya. Apabila gejala yang terjadi akibat menopause mengganggu ada baiknya segera temui dokter untuk berkonsultasi. Sahabat Kaef, juga dapat reservasi layanan kesehatan dan membeli kebutuhan kesehatan lainnya dengan menggunakan aplikasi Kimia Farma Mobile. Caranya download aplikasi Kimia Farma Mobile melalui App Store atau Google Play.

Sumber:

  • The Pill Book Guide to Natural Medicines: Vitamins, Minerals, Nutritional Supplements, Herbs, and Other Natural Products by Maichael T. Murray, N.D.
  • National Institutes of Health.National Institute on Aging: What is Menopause?
  • International Menopause Society: World Menopause Day
  • Harvard Health Publishing, Harvard Medical School; Menopause and merory: know the fact