Handsanitizer yang Baik

Mengenal Hand Sanitizer

Menjaga kebersihan adalah hal wajib yang harus selalu dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Salah satunya yang terpenting adalah menjaga kebersihan tangan, pasalnya tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan dan dapat dengan mudah menjadi tempat bersarangnya virus, dan bakteri.

Tangan adalah bagian tubuh yang sangat rentan menjadi tempat bersarangnya virus dan bakteri. Saat melakukan berbagai aktivitas, secara sadar maupun tidak sadar tangan sering kali berinteraksi dengan hal-hal yang dapat menebarkan kontaminasi misalnya membuka pintu, memegang tangga dan berjabat tangan. Lalu tanpa disadari, setelahnya kita makan, mengusap mata, menyentuh hidung atau mulut kita sendiri, pada saat itulah kuman atau virus dapat masuk ke tubuh kita.

Dampak yang ditimbulkan akibat kebiasaan tidak menjaga kebersihan tangan bisa berskala ringan hingga berat akibat terserang virus dan bakteri. Dan penyebarannya sendiri dapat terjadi lewat tangan, seperti flu, diare, hepatitis, H1N1 hingga penyakit COVID-19 akibat virus Corona.

Maka Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik adalah cara yang paling efektif untuk mencegah berkembangnya bakteri, kuman, dan virus, termasuk virus corona. Akan tetapi, dengan kesibukan yang harus dijalani, waktu untuk mencuci tangan menjadi sebuah masalah.

Ketika berada di tempat umum atau transportasi umum, misalnya, akan sulit menemukan air dan sabun untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tangan. Hand sanitizer hadir menjadi produk yang efektif dan efesien sebagai alternatif menjaga kebersihan dan kesehatan tangan.

Hand sanitizer adalah cairan pembersih tangan yang digunakan sebagai alternatif untuk mencuci tangan selain menggunakan sabun dan air. 

Menurut Jane Lee, Thong Pei (International Journal of Environmental Research and Public Health, 2020), Hand disinfectan secara komersial tersedia dalam beberapa tipe dan formula seperti Sabun anti-mikroba, Hand sanitizer berbasis air atau alkohol yang dibuat dalam sediaan gel, foam(busa), cream, spray, maupun tisu basah. Selain itu, The World Health Organisation (WHO) merekomendasikan Alcohol Based Hand Sanitizer (ABHS) atau Hand Sanitizer berbahan dasar alkohol karena aksinya yang cepat dan spectrumnya yang luas dalam aktivitas mikrobisidal sehingga dapat mencegah bakteri dan virus.

Didukung oleh penelitian Dixit, A & Pandey, P pad tahun 2014, Produk Hand Sanitizer yang lebih efektif adalah formula dengan bahan dasar alcohol 62-95%, karena dapat mendenaturasi protein mikroba dan menginaktivasi virus.

Selain itu, Hand sanitizer sendiri juga memiliki banyak manfaat yang perlu diketahui, seperti :

  1. Menjaga Kebersihan dan Mencegah Bakteri : Produk ini dirancang untuk membunuh kuman dan mikroorganisme berbahaya sehingga aman jika diaplikasikan pada kulit tangan apabila dilakukan dengan benar.
  2. Dapat Digunakan untuk Benda Lain : Selain digunakan pada kulit tangan, hand sanitizer juga bisa diaplikasikan untuk membersihkan benda mati di sekitar kita. Misalnya saja untuk membersihkan layar hp dan laptop, membersihkan pegangan pintu, serta alat makan saat tidak tersedianya air. 
  3. Fleksibel Saat Dibawa Bepergian:  Hand sanitizer biasanya dikemas dalam bentuk gel atau spray dalam ukuran botol yang mini, sehingga dapat dengan mudah dibawa di dalam tas kapan dan dimana saja.

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

Mental Kuat Selama Pandemi Covid-19

Masih berlangsungnya pandemi virus corona (COVID-19) membuat masyarakat cemas dan takut. Kegiatan-kegiatan seperti sekolah dan perkantoran harus dihentikan untuk sementara waktu. Banyak orang saat ini

Read More »

VITAMIN… perlu gak sih?

Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh. Tapi apakah perlu kita mengkonsumsi vitamin?

Read More »