Cuci Tangan Melindungi dari Infeksi

  April 18, 2017     Rizki Oktavianus, S.Farm., Apt.     Informasi Kesehatan

Cuci Tangan Melindungi dari Infeksi

Mengunjungi dan menjenguk orang sakit merupakan kewajiban setiap orang tidak mengenal agama maupun statusnya. Terutama orang yang memiliki hubungan dengan dirinya, seperti kerabat dekat, tetangga, saudara, sahabat dan lain sebagainya.

Rumah sakit adalah sumber dari berbagai jenis penyakit, karena kondisi bakteri yang berterbangan di lingkungan rumah sakit sangat membahayakan orang sehat. Kualitas bakteri di rumah sakit lebih ganas dibanding yang umum karena sebelumnya telah berkompetisi secara alami dengan bakteri lainnya, sehingga memiliki keunggulan dan berhasil hidup mengalahkan bakteri lain. Hal tersebut tidak menghalangi kita untuk menjenguk kerabat ataupun sahabat Anda yang sakit. Untuk menghindarinya sebaiknya bersihkan atau cuci tangan Anda sebelum berkontak dengan orang yang dirawat di rumah sakit. Menurut WHO tangan adalah jalur utama penularan kuman selama perawatan kesehatan, Kebersihan tangan karena itu yang paling ukuran penting untuk menghindari penularan kuman berbahaya dan mencegah terkait perawatan kesehatan infeksi.

Baca Juga : Cara Merawat Kuku Cantik

Bagaimana cara membersihkan tangan yang benar?

Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah ke/dari ruang perawatan, jika tidak terdapat sabun gunakan antiseptik dengan formulasi berbasis alcohol yang bisaya terdapat di rumah sakit.

Berikut langkah-langkah yang benar menurut WHO:

  1. Basahkan tangan dengan air
  2. Gunakan sabun secukupnya pada telapak tangan
  3. Gosok telapak tangan
  4. Gosok bagian punggung tangan, dengan telapak tangan kanan di atas tangan kiri dan sebaliknya
  5. Gosok telapak tangan dan diantara selang jari
  6. Gosok kembali telapak tangan dengan menggunakan ujung jari
  7. Puter ibu jari kiri dengan menggunakan kepalan tangan kanan, dan sebaliknya
  8. Gosok kembali telapak tangan dengan memutarkan semu ibu jari, dan sebaliknya
  9. Cuci tangan dengan air mengalir
  10. Keringkan tangan dengan menggunakan tisu atau handuk kering
  11. Tutup keran air dengan menggunakan tisu.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan untuk Wanita yang Bekerja di Rumah

Cara mencuci tangan tersebut tidak hanya diharuskan di rumah sakit saja, sebaiknya Anda juga lakukkan cara seperti ini pada saat mencuci tangan setelah dari toilet, sebelum makan, setelah memegang sesuatu yang koto atau jika tangan terlihat kotor.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atau Facebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber :
  1. WHO.int. Clean Hands Protect Against Infection. [Accessible at April 2017, Published on http://www.who.int/gpsc/clean_hands_protection/en/]
  2. WHO Patient Safty. Save Lives Clean Your Hands . [Published on http://www.who.int/gpsc/5may/Hand_Hygiene_Why_How_and_When_Brochure.pdf]
  3. WHO Patient Safty. 2009. WHO Guidelines on Hand Hygiene in Health Care [Published on http://apps.who.int/iris/bitstream/10665/44102/1/9789241597906_eng.pdf]
Sumber gambar : http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2015/10/12/21/0CBEA7F4000005DC-3269827-image-a-8_1444683037456.jpg

Tag-tag:  cucitanganbersihkumaninfeksibakteri

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga