Buah Jambu Biji Merah Sebagai Antidiare

  Desember 21, 2016     Rizki Oktavianus, S.Farm., Apt.     Informasi Kesehatan

Buah Jambu Biji Merah Sebagai Antidiare

Diare adalah defekasi yang sering dalam sehari dengan feses yang lembek atau cair, terjadi karena chymus yang melewati usus kecil dengan cepat, kemudian feses melewati usus besar dengan cepat pula sehingga tidak cukup waktu untuk absorpsi, hal ini menyebabkan dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit.

Telah diketahui oleh masyarakat umum bahwa ekstrak daun jambu biji memiliki khasiat sebagai antidiare. Jambu biji (Psidium guajava) memiliki varietas antara lain yang berdaging-buah warna putih dan yang berwarna merah.

Baca Juga : Diare Bagaimana Cara Mengatasinya

Salah satu faktor penyebab terjadinya diare antara lain karena infeksi kuman penyebab diare. Brooks et al telah menginventarisasi 12 jenis bakteri, yaitu: Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, Clostridium perferingens, Escherichia coli, Vibrio cholerae, Shigella sp., Salmonella sp., Clostridium difficile, Campylobacter jejuni, Yersinia enterolitica, Klebsiella pnemoniae, Vibrio haemolyticus. Namun menurut Dzulkarnain kasus diare di Indonesia lebih sering disebabkan oleh Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Vibrio cholerae, Salmonella sp., selain Shigella sp., dan Campylobacter.

Baca Juga : Obat Antidiare Loperamide Dosis Tinggi Membahayakan Jantung

Para peneliti melakukan uji kepekaan kuman yang menyebabkan diare yaitu Salmonella typhimurium terhadap jambu biji (Psidium guajava). Penelitian membuktikan adanya kepekaan kuman Salmonella typhimurium terhadap ekstrak daun Psidium guajava secara in vitro. Jumlah bakteri hidup yang ditunjukkan oleh pertumbuhan koloni menggambarkan penurunan yang cukup linier dari konsentrasi 200 mg/ml sampai 6,25 mg/ml. Ini menunjukkan bahwa daun Psidium guajava mengandung bahan aktif yang bersifat antibakteri terhadap Salmonella typhimurium.

Apabila ada hal-hal lain yang ingin dikonsultasikan dan ditanyakan, dapat menghubungi contact center “Kimia Farma Care” di nomor 1500-255, dari Senin – Minggu pukul 07.00 – 21.00 WIB (pulsa lokal) atauFacebook/KimiaFarmaCare dan Twitter @kimiafarmacare. Dalam contact center tersebut, Anda dapat memperoleh berbagai informasi yang diperlukan, baik konsultasi obat secara langsung dengan Apoteker, lokasi apotek Kimia Farma terdekat, keluhan pelanggan dan informasi lainnya.

Sumber :
  • Ajizah, A., 2004. Sensitivitas Salmonella typhimurium terhadap ekstrak daun Psidium guajava L. Bioscientiae, 1(1), pp.31-38.
  • Brooks GF, Butel JS, Ornston LN, 1996. Jawetz Melnick Adelberg Medical Microbiology. Edisi ke-20. Alih bahasa oleh Nugroho E dan Maulany RF. EGC Penerbit Buku Kedokteran, Jakarta.
  • Daging, E.E.D.J.B. and Putih, B., 2004. Jambu Biji Daging Buah Merah Sebagai Antidiare. Acta Pharmaceutica Indonesia, 29(1).
  • Dzulkarnain B, Sundari D Chozin A, 1996. Tanaman Obat Bersifat Antibakteri Di Indonesia. Cermin Dunia Kedokteran, 110:35-48.
Sumber Gambar : http://67.media.tumblr.com/19634c2c63057380046cf3bdba0d6208

Tag-tag:  apotekkimiafarmaapotekerjambubijidiare

Bagikan

Berikan Pendapat Anda

comments powered by Disqus

Berlangganan

Dapatkan berita terbaru dari Kimia Farma Apotek di inbox anda.

Klik untuk Berlangganan

Baca Juga