Cegah Flu dan Masuk Angin Saat Musim Hujan. 5 Bahan Alami ini Dapat Membantu!

Cegah Flu dan Masuk Angin Saat Musim Hujan. 5 Bahan Alami ini Dapat Membantu!

Disaat musim hujan seperti saat ini biasanya berpengaruh pada tingkat imunitas tubuh setiap individu, hal ini menyebabkan tidak sedikit orang yang terserang penyakit. Masuk angin dan flu merupakan dua hal yang umum dialami oleh kebanyakan orang disaat musim hujan seperti sekarang. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga berpotensi merasakannya.

Gejala umum yang biasa dirasakan adalah demam, sakit kepala, pegal-pegal, nyeri otot, hidung tersumbat, bersin hingga tenggorokan sakit.

Sebenarnya dalam dunia medis masuk angin bukan merupakan suatu penyakit namun hanya istilah umum yang digunakan oleh masyarakat indonesia untuk menggambarkan rasa ketidaknyamanannya terhadap kondisi tubuh mereka. Namun tetap saja baik masuk angin atau flu tentunya akan sangat mengganggu bagi siapa saja yang merasakannya.

Walaupun demikian ternyata banyak hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah masuk angin dan flu disaat musim hujan seperti sekarang yaitu, menggunakan pakaian hangat, tidak mandi malam, mengkonsumsi makanan kaya nutrisi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan berbagai cara lainnya. Selain itu ternyata beberapa bahan alami yang ada disekitar kita dapat membantu untuk mencegah flu dan masuk angin saat musim hujan.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut 5 bahan alami tersebut:

    • Jahe 

Jahe sudah dikenal lama memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, air rebusan jahe dianggap dapat membantu meredakan batuk atau sakit tenggorokan dan menghangatkan badan. Hal ini pun dibuktikan melalui beberapa penelitian salah satunya Nafiseh Shokri Mashhadi,dkk (2013), menyebutkan bahwa gingerol dan shogaol dalam jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengelola atau mengurangi risiko sakit tenggorokan selain itu pada jahe juga memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi (bakteri atau virus). Jahe juga dikatakan memiliki manfaat antioksidan yang baik bagi tubuh.

    • Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang mungkin memiliki sifat antimikroba. Suplemen dengan kandungan bawang putih telah diteliti mampu mengurangi gejala flu, salah satu penelitian yang dilakukan oleh Elizabeth Lissiman, dkk (2014) bawang putih memiliki sifat antimikroba dan antivirus yang dapat meredakan flu juga dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

    • Serai

Serai merupakan bahan umum yang digunakan oleh kebanyakan ibu rumah tunggu bahan untuk memasak sebagai penguat rasa. Namun ternyata serai memiliki manfaat dan kegunaan lain sebagai salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mencegah masuk angin dan juga flu bahkan hal ini juga sudah dilakukan sejak lama oleh masyarakat Indonesia. Hasil penelitian pun memperkuat pernyataan tersebut, salah satu penelitian yang dilakukan oleh Jose Cheel, dkk menyebutkan bahwa serai mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas di tubuh penyebab penyakit. Serai mengandung asam klorogenat, isoorientin dan swertia japonin yang berperan sebagai pencegah disfungsi sel di dalam darah. 

    • Sambiloto

Sambiloto merupakan tanaman herbal yang sudah lama digunakan masyarakat Indonesia sebagai obat alami berbagai macam penyakit ataupun sebagai penguat daya tahan tubuh dan penambah nafsu makan. Xiao-Yang Hu, dkk (2017) dalam penelitiannya menyebutkan bahwa sambiloto memiliki manfaat dan aman untuk meredakan gejala ISPA dan mempersingkat waktu untuk resolusi gejalanya. Selain itu secara signifikan penggunaan sambiloto juga menunjukkan bukti untuk menekan batuk dan sakit tenggorokan. Dikutip dari The Pill Book Guide to Natural Medicines tingkat keefektifan penggunaan sambiloto pada flu memiliki skor B+ yang artinya memiliki efektifitas yang sangat baik berdasarkan hasil dari studi acak. Sedangkan untuk tingkat keamanan memiliki skor C yang berarti aman digunakan dalam dosis yang direkomendasikan.

    • Echinacea 

Penduduk asli Amerika telah menggunakan ramuan dan akar tanaman echinacea untuk mengobati infeksi selama lebih dari 400 tahun. Di Indonesia sendiri suplemen mengandung echinacea menjadi populer di kalangan masyarakat sebagai imun booster. Berdasarkan hasil penelitian SA Shah,dkk flavonoid dalam echinacea memiliki banyak efek terapeutik pada tubuh yaitu salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Selain itu penggunaan echinacea pada pengobatan flu juga memberikan efek yang baik sebagai pencegahan, pengurangan gejala, dan mempercepat penyembuhan.Dikutip dari The Pill Book Guide to Natural Medicines tingkat keefektifan penggunaan echinacea pada flu memiliki skor B+ yang artinya memiliki efektifitas yang sangat baik berdasarkan hasil dari studi acak. Sedangkan untuk tingkat keamanan keduanya memiliki skor A yang berarti sangat aman untuk digunakan.

Selain menggunakan bahan-bahan alami sebagai bentuk pencegahan masuk angin dan flu, meningkatkan konsumsi cairan juga dapat membantu mempertahankan saluran pernapasan dan membantu tubuh menghilangkan infeksi akibat virus. Minum banyak cairan juga akan meningkatkan fungsi sel darah putih untuk membunuh bakteri dengan cara menurunkan konsentrasi senyawa yang ada dalam larutan darah sehingga membantu peredaran darah lebih lancar.

 

 



 

 

 

 

 

Sumber:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait