Cara Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh di Bulan Ramadhan Agar Tidak Dehidrasi

Cara Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh di Bulan Ramadhan Agar Tidak Dehidrasi

Minum cukup air setiap hari sangat dianjurkan agar tubuh tidak dehidrasi, selain itu kebutuhan cairan yang tepat juga sangat berpengaruh bagi kesehatan diantaranya yaitu mengatur suhu tubuh, menjaga sendi agar tetap terlumasi, mencegah infeksi, mengalirkan nutrisi ke sel dan menjaga fungsi organ dengan baik. Selain itu tubuh yang terhidrasi dengan baik juga akan membantu meningkatkan kualitas tidur hingga suasana hati.

Dikutip dari laman Harvard T.H.Chan School of Public Health, bahkan para ahli merekomendasikan untuk minum sekitar 11 gelas air perhari untuk wanita dan 16 gelas untuk pria. 

Namun, di Bulan Ramadhan seperti sekarang banyak orang yang bertanya-tanya bagaimana caranya memenuhi kebutuhan cairan tersebut dengan waktu puasa yang hampir 12 jam dan saat malam akan lebih dipakai untuk istirahat?

Nah berikut adalah beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama Bulan Ramadhan:

1. Minum dua gelas air putih saat berbuka puasa

Kita bisa membagi waktu minum air putih selama berbuka puasa menjadi satu sebelum shalat maghrib dan satu gelas setelahnya. Hal ini dapat membantu mencegah dehidrasi terjadi pada tubuh.

2. Minum empat gelas air putih pada malam hari

Selain pada saat berbuka dan sahur, kita juga dianjurkan untuk meminum air putih saat malam setelah shalat tarawih. Pada malam hari ini, kita bisa minum air putih dengan jumlah lebih banyak yaitu sebanyak empat gelas. Usahakan untuk tidak mengonsumsi air putih terlalu berdekatan atau hanya dalam sekali waktu. Dengan begitu tubuh kita akan lebih mudah dalam memproses makanan dan membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Minum dua gelas air putih saat sahur

Pada saat sahur jumlah air yang diminum sama dengan waktu berbuka puasa. yaitu dua gelas. Pengaturannya pun hampir sama, yaitu satu gelas saat makan sahur dan satu gelas setelah makan sahur. Usahakan untuk menghindari teh atau kopi saat sahur. Hal ini karena kandungan kafein pada kedua minuman tersebut dapat mengakibatkan kandungan air dalam tubuh cepat hilang, dan menimbulkan rasa haus datang lebih cepat. 

Pemenuhan kebutuhan cairan memang sangat penting saat berpuasa untuk menghindari dehidrasi, dikutip dari laman Henry Ford Health System tubuh yang tidak terhidrasi dengan baik akan menyebabkan banyak masalah seperti kulit kusam, fungsi usus lamban, kelelahan hingga sakit kepala terus menerus. Tetapi usahakan konsumsi air secara perlahan dan tidak terlalu banyak secara sekaligus dikarenakan dapat menyebabkan atau mencairkan asam lambung dan menimbulkan kembung serta gangguan pencernaan



 

 

 

 

 

Sumber: 

 

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »