Buat kulit wajah sehat alami, makanan-makanan ini ternyata bisa membantu!

Buat kulit wajah sehat alami, makanan-makanan ini ternyata bisa membantu!

Memiliki kulit wajah yang sehat merupakan impian bagi banyak orang terutama wanita. Saat ini, dengan berkembangnya teknologi dalam dunia kecantikan memiliki kulit wajah sehat dan cantik bukan lagi hal yang sulit. Namun tingginya biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli produk-produk kecantikan yang ada dipasaran membuat tidak sedikit wanita berpikir dua kali untuk merogoh kocek lebih, belum lagi pertimbangan efek jangka panjang dan efek samping yang mungkin timbul setelah menggunakan produk-produk tersebut.

Nyatanya beberapa penelitian menemukan makanan yang kita konsumsi sehari-hari dapat membantu membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan cantik asal dikonsumsi dengan porsi yang tepat. Karena pada dasarnya pola makan yang kita lakukan setiap hari sangat berpengaruh bagi metabolisme tubuh, jika tidak dilakukan dengan tepat akan menyebabkan penambahan berat badan, merusak organ bahkan mempengaruhi kesehatan kulit.

Lalu apa saja makanan-makanan yang dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat alami?

Dikutip dari beberapa sumber, berikut adalah deretan makanan yang dapat membuat kulit wajah kita sehat alami:

    • Alpukat

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Nagata C, dkk (2010) dengan melibatkan lebih dari 700 wanita di jepang menemukan bahwa asupan lemak total yang tinggi, khususnya lemak sehat yang ditemukan dalam alpukat dikaitkan dengan kulit yang lebih kenyal dan sehat. Hal ini juga diperkuat oleh penelitian Dreher M, dkk (2013) menunjukkan bahwa alpukat mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari terutama kerutan dan tanda-tanda penuaan lainnya. Menariknya berdasarkan data dari FoodData Central Search Result, USA satu porsi 100 gram, atau sekitar ½ buah alpukat menyediakan 14% nilai harian (DV) untuk vitamin E dan 11% DV untuk vitamin C. Dimana vitamin C juga sangat dibutuhkan kulit untuk membantu produksi kolagen yang dapat membuat kulit kuat dan sehat.

    • Ubi Jalar

Ubi jalar secara alami mengandung beta karoten, hasil studi yang dilakukan Evans J, dkk (2010) menyebutkan bahwa senyawa karotenoid seperti beta karoten membantu dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan berperan secara alami sebagai tabir surya. Saat dikonsumsi, antioksidan ini dimasukkan ke dalam kulit dan membantu melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah kulit terbakar sinar matahari, kematian sel, kulit kering, dan kerutan. Menariknya berdasarkan data dari FoodData Central Search Result, USA 100 gram ubi jalar mengandung cukup beta karoten untuk menyediakan lebih dari enam kali DV vitamin A.

    • Brokoli

Secara alami brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral penting untuk kesehatan kulit seperti vitamin A dan C. Selain itu brokoli juga mengandung lutein, karotenoid yang bekerja seperti beta karoten dengan membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang menyebabkan kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu penelitian yang dilakukan oleh Yang Li, dkk (2016) juga menemukan bahwa kuntum brokoli mengandung senyawa khusus yang disebut sulforaphane yang menawarkan beberapa manfaat potensial yang mengesankan. Penelitian ini didukung dengan hasil studi yang dilakukan oleh Sikdar S, dkk (2016) dalam penelitian tersebut menegaskan bahwa sulforaphane merupakan agen pelindung yang kuat terhadap kerusakan akibat sinar matahari dengan bekerja dalam dua cara, yaitu: menetralkan radikal bebas berbahaya dan mengaktifkan sistem metabolisme dalam tubuh sehingga memungkinkan sebagai anti-kanker termasuk pada beberapa jenis kanker kulit. 

    • Tomat

Tomat adalah sumber vitamin C yang bagus dan mengandung semua karotenoid utama, termasuk likopen. Beta karoten, lutein dan likopen telah terbukti melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Stahl W (2016) yang menyebutkan bahwa tomat kaya akan karotenoid yang sangat baik bagi kesehatan kulit.

    • Ikan salmon

Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 diperlukan untuk membantu menjaga kulit tetap kenyal dan lembab. Hasil studi yang dilakukan Black HS, dkk (2016) menyatakan lemak omega-3 dalam ikan mengurangi peradangan, yang dapat menyebabkan kemerahan dan jerawat. Selain itu salmon juga merupakan sumber vitamin e, salah satu antioksidan terpenting untuk kulit. Kandungan lain yang ditemukan dalam ikan salmon adalah zinc yang secara alami penting untuk mencegah peradangan pada kulit serta membantu memproduksi sel kulit baru serta mempercepat penyembuhan luka.

    • Kedelai

Kedelai mengandung isoflavon, yang merupakan kategori senyawa tanaman yang dapat meniru atau memblokir estrogen tubuh. Suatu studi kecil yang dilakukan oleh Izumi T, dkk (2007) dengan melibatkan wanita paruh baya menemukan bahwa mengkonsumsi kedelai setiap hari selama 8-12 minggu mengurangi kerutan halus dan meningkatkan elastisitas kulit. Hal ini didukung oleh penelitian Neto A, dkk (2009) yang mengungkapkan bahwa pada wanita pascamenopause, kedelai juga dapat meningkatkan kelembaban kulit dan kolagen sehingga membantu menjaga kulit tetap halus dan kuat. Selain itu isoflavon juga dapat membantu menjaga kulit dari radiasi UV sehingga mengurangi risiko kanker kulit.

Pada dasarnya apa yang kita makan akan mempengaruhi kesehatan kulit, pastikan kecukupan nutrisi harian untuk tetap mendapatkan kulit wajah yang sehat alami. Beberapa pilihan makanan diatas mungkin dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit, namun tetap pastikan jumlah konsumsi hariannya dan ada atau tidaknya alergi yang ada dalam tubuh sehingga tidak memicu efek samping yang tidak diinginkan.

 

 



 

 

 

 

 

Sumber:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait