Bahaya Kulit Wajah Terlalu Kering dan Penyebabnya

Kulit kering merupakan salah satu jenis kulit yang normal dialami semua orang. Tetapi beberapa faktor risiko berikut dapat menjadi peluang penyebab kulit kering:

Usia
Seiring bertambahnya usia, pori-pori secara alami menghasilkan sedikit minyak sehingga meningkatkan risiko kulit kering.

Riwayat kesehatan
Seseorang dengan riwayat alergi dalam keluarganya memungkinkan untuk mengalami eksim atau dermatitis atopik.

Musim
Saat musim hujan atau kelembaban udara lebih rendah biasanya menjadi salah satu pemicu munculnya kulit kering.

Kebiasaan mandi
Salah satu kandungan dalam sabun adalah deterjen, hal ini berfungsi sebagai pembasmi kotoran. Namun jika digunakan secara berlebihan kandungan bahan tersebut juga dapat menjadi pemicu kulit menjadi kering. Selain itu penggunaan air yang panas atau hangat setiap kali mencuci wajah juga dapat meningkatkan risiko kulit kering.

Beberapa orang beranggapan merawat kulit kering lebih mudah dibandingkan jenis kulit lain, sehingga banyak yang mengabaikan cara perawatannya. Namun ternyata kulit wajah yang terlalu kering jika dibiarkan dapat menimbulkan bahaya tersendiri.

Diambil dari beberapa sumber, berikut bahaya yang dapat ditimbulkan jika kulit wajah terlalu kering:

Rasa gatal, pecah-pecah, dan berdarah
Kulit terlalu kering juga dapat menimbulkan rasa gatal, selain itu efek lain dari kulit terlalu kering adalah melemahnya kulit yang akan menyebabkan pecah-pecah hingga berdarah. Hal ini terjadi karena kulit kehilangan elastisitas saat kekurangan kelembaban dan kulit lebih mudah pecah saat diberi tekanan dan diregangkan. Area kulit yang terlalu kering selanjutnya bisa menjadi lebih parah hingga menjadi bersisik dan mengelupas.

Infeksi
Kulit menjadi kemerahan dan meradang merupakan salah satu tanda awal infeksi pada kulit kering terjadi. Hal ini terjadi dikarenakan rusaknya kulit wajah akibat pecah-pecah memungkinkan masuknya bakteri ke dalam lapisan kulit sehingga memicu terjadinya infeksi. Saat infeksi terus berkembang, area pada wajah kering dapat terasa panas dan yang lebih parah terasa terbakar.

Dermatitis atopik atau eksim
Kondisi kulit yang terlalu kering dalam beberapa kasus menjadi tanda peringatan dermatitis atopik. Selain itu, kulit yang sangat kering dapat memicu gejala eksim dan menyebabkan area tersebut menjadi gatal. Dermatitis atopik atau lebih dikenal dengan eksim adalah suatu kondisi yang melibatkan kemerahan, peradangan dan pecah-pecah pada kulit.

 

 

 



 

 

 

 

 

Sumber: 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait