You are currently viewing <strong>9 Manfaat Pada Buah Leci Yang Baik Untuk Tubuh</strong>

9 Manfaat Pada Buah Leci Yang Baik Untuk Tubuh

Selain memiliki rasa yang segar dan manis, ada berbagai macam manfaat buah leci yang baik untuk kesehatan serta sayang untuk dilewatkan. Manfaat ini berasal dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Leci menajdi buah yang mudah dan banyak ditemukan di daerah tropis. Buah yang satu ini cukup terkenal karena memiliki rasa manis dan bisa diolah menjadi pudding, jus hingga campuran es krim. 

Kandungan Gizi Buah Leci

Seperti buah pada umumnya, leci juga memiliki sejumlah kandungan nutrisi, seperti:

  1. Serat Serta Karbohidrat

Di dalam satu buah ini, baik dalam kondisi segar maupun dikeringkan, terdapat kandungan karbohidrat sebesar 1.5 hingga 1.7 gram. Kandungan ini berasal dari gula yang membuat leci mempunyai rasa manis. Sedangkan kandungan serat yang dimiliki dalam 100 gram leci berkisar 1.3 gram. 

  1. Mineral dan Vitamin

Bukan hanya karbohidrat dan serat, leci juga memiliki kandungan banyak vitamin serta mineral seperti vitamin C, vitamin B, termasuk B2, B3 serta B6. Kemudian kandungan lain seperti tembaga, kalium, magnesium, mangan serta fosfor.

  1. Zat Kimia Tumbuhan

Nutrisi lain yang berada di dalam leci adalah antioksidan. Bahkan leci mempunyai kandungan polifenol lebih tinggi dibandingkan dengan buah lain. Senyawa tumbuhan yang ada pada buah leci yaitu:

  • Epikatekin. Epikatekin merupakan flavonoid yang mempunyai kemampuan mengurangi risiko diabetes serta kanker. Zat kimia tumbuhan ini juga dapat mengurangi risiko kanker serta diabetes, bahkan bisa mendukung kesehatan jantung. 
  • Rutin. Rutin merupakan jenis flavonoid yang dapat menurunkan risiko seseorang mengalami sejumlah masalah kesehatan yang kronis seperti diabetes, jantung dan kanker. 

Manfaat Buah Leci

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi buah ini, leci mempunyai berbagai kandungan yang baik untuk tubuh, seperti:

  1. Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Semakin Meningkat

Kandungan vitamin C yang berada di dalam buah leci bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan bila dikonsumsi  dengan rutin, vitamin ini bisa memberi kekuatan tubuh untuk melawan bakteri.

Leci juga memiliki vitamin B seperti riboflavin, niacin, serta thiamine yang bisa menunjang fungsi saraf. Bukan hanya itu, vitamin B bisa meningkatkan metabolisme serta menunjang kesehatan otak dan jantung. 

Leci juga dilengkapi kandungan kalium, folat serta tembaga yang bisa menunjang kesehatan tubuh dengan menyeluruh. 

  1. Menjaga Tekanan Darah di Dalam Tubuh

Ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan rasa asin, kadar tekanan darah di dalam tubuh bisa semakin meningkat dan berujung pada hipertensi serta penyakit jantung. 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah mengkonsumsi leci. Dalam 100 gram buah leci memiliki kandungan hingga 324 miligram kalium dan bisa membantu mengurangi kadar natrium di dalam tubuh. 

  1. Menunjang Sistem Pencernaan

Leci memiliki kandungan yang tinggi serat sehingga bisa menunjang sistem kerja pencernaan. Serat sangat diperlukan oleh usus agar bisa menyerap air. Jika kandungan serat terpenuhi dengan baik, konstipasi dan sembelit bisa dicegah. 

  1. Kadar Gula Darah Terkontrol dengan Baik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, leci memiliki kandungan serat. Kandungan serat bisa memperlambat penyerapan glukosa usus. Hal ini bisa mencegah kadar gula mengalami kenaikan secara tiba-tiba.

Inilah alasan yang membuat leci aman dikonsumsi. Tetapi, untuk jumlah tepat banyaknya leci yang dikonsumsi, maka dapat menanyakan langsung dengan dokter. Ketika diet, leci juga menjadi buah yang cocok dikonsumsi. Kandungan serat di dalamnya bisa membuat rasa kenyang lebih lama. 

  1. Dapat Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Leci memiliki berbagai kandungan mineral dan vitamin termasuk antioksidan. Tidak hanya pada daging buah. Kandungan antioksidan juga terdapat di dalam kulit leci. Jenis antioksidan ini seperti rutin, oligonol serta epicatechin. 

  1. Mencegah Cacat Lahir pada Bayi

Ibu hamil tentu ingin hal yang terbaik untuk kesehatan bayi di dalam kandungannya. Oleh sebab itu, maka harus menunjang kebutuhan asupannya dengan baik, salah satunya dengan mengkonsumsi leci. 

Leci memiliki kandungan asam folat yang begitu baik untuk menunjang kesehatan serta tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Bila asupannya tidak terpenuhi dengan baik, hal ini bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan serta tumbuh kembang janin. 

Asam folat di dalam leci bisa mencegah kondisi tersebut, serta menjadi sumber alami yang sangat baik dikonsumsi. 

  1. Meringankan Morning Sickness

Leci memiliki kandungan vitamin B serta C yang bisa mengurangi gejala morning sickness. Kandungan buah ini bisa mengurangi gejala morning sickness seperti muntah. 

Sehingga, manfaat leci dapat dirasakan untuk ibu hamil. Tetapi, meskipun memberikan manfaat, hindari mengkonsumsi buah ini secara berlebihan. Lakukan konsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah ini.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kulit pada Ibu Menyusui

Salah satu masalah yang sering dialami oleh ibu menyusui adalah kulit kusam. Masalah ini disebabkan karena perubahan hormon tubuh yang sangat drastic. Gangguan ini dapat mengatasi dengan mengkonsumsi leci. 

Sahabat Kaef dapat mengkonsumsi leci dengan mengkonsumsinya secara langsung maupun diubah menjadi jus. Leci memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta bisa menangkal radikal bebas di tubuh, sehingga kesehatan kulit bisa terjaga dengan baik. 

Selain mengatasi masalah kulit yang kusam, leci juga bisa mengatasi masalah jerawat karena kandungan antioksidan yang berada di dalamnya. 

  1. Bisa Membantu Menutrisi Kulit

Tembaga, tiamin, serta niacin menjadi 3 bahan yang dapat menutrisi kulit dari dalam. Kandungan tembaga, tiamin serta niacin yang berada di dalam leci bisa menunjang metabolisme protein serta lemak agar kulit semakin sehat. 

Kandungan tembaga didalam leci dapat menunjang proses perbaikan kulit. Sedangkan untuk niacin di dalam leci bisa meningkatkan kelembaban kulit. 

Perhatikan Asupan Buah Leci 

Leci memang kaya akan kandungan nutrisi dan manfaat sehingga baik untuk menunjang kesehatan tubuh. Tetapi, mengonsumsi  leci juga tidak boleh dilakukan dengan berlebihan, karena buah ini dihubungkan dengan peradangan otak yang terjadi pada penduduk di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. 

Ahli kesehatan menduga bila kondisi ini disebabkan karena senyawa hipoglisin yang berada di dalam buah leci. Tetapi, meskipun demikian, hingga sekarang masih diperlukan studi lanjutan agar membuktikan kebenaran berkaitan dengan dugaan tersebut.

Sedangkan, kondisi yang jarang terjadi, leci juga dapat memicu alergi untuk sebagian orang. layaknya makanan dan buah lain, pengkonsumsian secara berlebihan bisa memberi dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh. 

Bila  merasa terdapat gejala sesudah mengkonsumsi buah leci, jangan ragu segera melakukan pemeriksaan kesehatan. Segera jadwalkan konsultasi dengan dokter melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Yuk, download sekarang juga !

Sumber

https://www.healthline.com/nutrition/foods/lychees#:~:text=Lychees

https://www.webmd.com/diet/health-benefits-of-lychee-fruit

https://health.kompas.com/read/2021/06/02/150100168/4-manfaat-leci-untuk-kesehatan-potensial-untuk-lawan-kanker?page=all

#DekatCepatSehat