8 Masker Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Berminyak

8 Masker Bahan Alami Untuk Atasi Kulit Berminyak

Setiap orang pasti memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda seperti kering, berminyak, normal dan kombinasi. Setiap jenis kulit ini memiliki tingkat masalah yang berbeda-beda dan yang paling mengganggu adalah jerawat yang sering muncul pada jenis kulit berminyak. Banyak dari remaja hingga dewasa sering merasa terganggu dengan keadaan kulit berminyak, selain menimbulkan masalah seperti jerawat kondisi kulit berminyak juga sangat mengganggu penampilan.

Kulit berminyak merupakan kondisi ketika kelenjar sebasea pada kulit menghasilkan terlalu banyak sebum atau minyak alami yang melapisi kulit dan rambut. Jerawat yang muncul disebabkan karena kotoran lebih mudah menempel pada kulit yang berminyak hingga akhirnya menyumbat pori-pori. Selain itu, sel-sel kulit mati pada orang dengan kondisi ini biasanya sulit luruh dan terlepas dan berakhir menyumbat pori-pori.

Penyebab kulit berminyak pun bermacam-macam bisa dikarenakan faktor genetik, usia, perubahan cuaca, memiliki pori-pori yang besar, tidak cocok dengan produk skin care, berlebihan merawat kulit, tidak menggunakan pelembab, hingga hormon yang tidak seimbang. Banyak cara yang digunakan untuk mengatasi kulit berminyak, salah satunya yaitu rajin mencuci muka dan menggunakan produk-produk kecantikan khusus untuk kulit berminyak. Tetapi tidak semua orang dapat menggunakan produk-produk kecantikan yang dijual dipasaran, banyak dari mereka yang justru mengalami iritasi lebih parah ketika menggunakannya.

Namun ternyata bahan-bahan alami yang ada di rumah dapat membantu kita mengatasi masalah kulit berminyak dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Selain itu juga bahan alami lebih minim efek samping dibandingkan dengan produk-produk kecantikan yang dijual dipasaran sehingga tidak akan menimbulkan masalah kulit yang baru untuk kita.

Nah berikut adalah 10 bahan alami yang dapat digunakan sebagai masker wajah untuk kulit yang berminyak:

1. Tepung dan Kunyit

Campurkan tepung dan kunyit (bubuk kunyit) hingga membentuk pasta dengan menambahkan susu dan oleskan pada wajah hingga mengering lalu bilas dengan air hangat. Bahan-bahan tersebut terbukti dapat menghilangkan minyak berlebih pada wajah dan mengangkat sel kulit mati.

2. Kulit Jeruk

Keringkan kulit jeruk lalu buat menjadi bubuk dengan penggiling, lalu campurkan dengan air mawar atau yogurt hingga membentuk pasta. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Masker dari campuran bahan-bahan ini dapat membersihkan kotoran dan minyak yang terperangkap di pori-pori.

3. Buah-buahan Dengan Kandungan Vitamin C

Semua buah yang memiliki kandungan vitamin c seperti jeruk, stroberi, nanas, tomat dll baik untuk kulit berminyak. Cukup menghaluskan buah-buahan tersebut hingga menjadi pasta lalu oleskan pada wajah dan bilas dengan air hangat. Selain menghilangkan minyak berlebih dan kotoran pada kulit, kandungan vitamin c dalam buah-buahan tersebut dapat mengurangi sekresi dari kulit berminyak.

4. Pepaya

Cukup haluskan buah pepaya hingga menjadi pasta dan oleskan pada wajah, masker ini dapat menghilangkan minyak berlebih dan salah satu bahan alami yang terbaik untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

5. Lemon, Putih Telur dan Timun

Kocok putih telur, campurkan dengan mentimun yang sudah digiling dan tambahkan satu sendok makan jus lemon. Oleskan pasta pada kulit wajah tunggu hingga kering, masker ini sangat baik untuk menghilangkan kotoran dan minyak. Selain itu kombinasi ketiga bahan tersebut dapat mengurangi risiko timbulnya jerawat.

6. Oatmeal dan Madu 

Campurkan oatmeal dengan jus lemon dan sedikit madu hingga membentuk pasta lalu oleskan dengan sedikit menggosok lembut pada kulit wajah. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Bahan-bahan tersebut dapat menjadi masker wajah terbaik untuk kulit berminyak.

7. Apel dan Madu

Haluskan apel bersama kulit secukupnya hingga membentuk pasta dan campurkan dengan sedikit madu. Oleskan pada wajah dan biarkan 15 menit, masker ini akan membersihkan pori-pori dan menambah kesegaran pada wajah.

8. Pisang

Hancurkan pisang matang, campurkan dengan madu dan jus lemon. Oleskan pasta pada wajah selama 15 menit. Masker ini dapat membersihkan minyak dari wajah dan akan mengurangi jerawat.



 

 

 

 

Sumber:

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait