8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah dan Cepat di Rumah

8 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Mudah dan Cepat di Rumah

Kesibukan yang kian meningkat, kegemaran bermain game hingga menonton film atau drama smapi tengah malam untuk sebagian orang akan sangat berpengaruh pada waktu tidur mereka dan menyebabkan kelelahan. Efek samping yang sering dirasakan dari berkurangnya waktu tidur selain kelelahan adalah mata panda atau timbulnya lingkaran hitam dibawah mata. Mata panda sebenarnya dapat disebabkan oleh gaya hidup dan faktor keturunan. Dikutip dari laman Women’s Health mata panda ini seperti selulit, dalam artian susunan genetik akan menentukan seberapa rentan kita mengalaminya. Tetapi selain genetik penyebab yang bisa kita cegah adalah gaya hidup, lingkaran hitam pada mata muncul akibat pelebaran vena. Saat pembuluh darah dibawah mata membesar, maka akan menimbulkan warna lebih gelap.

Perlu diketahui penyebab utama pelebaran vena biasanya adalah kurang tidur, alergi musiman, konsumsi alkohol, kafein, nikotin dan anggur merah yang terlalu sering.

Karena penyebab dari mata panda bisa dari dua faktor yaitu keturunan dan gaya hidup, kita bisa melakukan ‘tes cubit’. Jika kita mencubit kulit dan mengangkatnya dari permukaan, warnanya tetap coklat maka itu adalah masalah pigmen atau keturunan. Namun jika warnanya terlihat lebih baik saat kita melakukan itu, maka mata panda yang terjadi adalah akibat dari pelebaran pembuluh darah.

Sebenarnya mata panda atau lingkaran hitam pada mata tidak membahayakan kesehatan, hanya saja hal tersebut dapat mengganggu penampilan dan membuat kita terlihat sangat lelah sepanjang hari. Lalu bagaimana cara mengurangi atau menghilangkan lingkarang hitam pada mata? Jalan terbaik untuk menghilangkan mata panda adalah merubah pola tidur dan mengurangi segala bentuk penyebab kelelahan. Selain itu bagi kaum wanita mungkin dapat menggunakan concealer untuk menutupi hal tersebut dan memperbaiki penampilannya. Tetapi jika hal ini terjadi pada lelaki akan sangat tidak nyaman jika mereka menggunakan metode yang sama bukan?

Nah berikut adalah beberapa ulasan cara menghilangkan mata panda dengan bahan alami yang ada di rumah:

1. Irisan timun

Timun dapat menenangkan mata lelah dan bengkak, kandungan timun yang tinggi air dan vitamin C dapat membantu melembabkan kulit. Mentimun juga mengandung silika yang penting untuk menjaga jaringan kulit tetap sehat. Cukup potong tipis-tipis timun yang sudah dibersihkan, lalu tempelkan ke area mata tunggu hingga 10-15 menit.

2. Tempelkan kompres dingin

Menggunakan kompres dingin ke mata dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi lingkaran hitam di sekitar mata. Jika tidak memiliki kompres dingin, bisa menggunakan handuk berisi es batu.

3. Teh celup

Banyak orang memakai teh sebagai cara alami menghilangkan mata panda, caranya cukup gunakan teh celup agar lebih praktis untuk mengompres area sekitar mata. Kandungan kafein dalam teh memiliki sifat antioksidan yang dapat merangsang sirkulasi darah disekitar mata. Caranya rebus dua kantong teh celup ke dalam air sampai mendidih, tunggu dingin baru letakkan ke mata. Sebelum mengompreskan langsung ke mata, bisa juga taruh kantong teh tersebut ke lemari es untuk memberikan efek dingin.

4. Tomat

Tomat memiliki asam sitrat yang ringan dan lembut digunakan di area bawah mata, buah dengan kandungan asam sitrat biasanya memiliki sifat pemutih. Caranya ambil sepotong tomat dan letakkan dibawah mata hingga meresap, setelah selesai bersihkan dengan air dingin.

5. Kentang

Parut kentang dan gunakan bola kapas untuk menerapkan ke kantung mata. Setelah kering bersihkan, lakukan ini dua kali seminggu karena kentang mengandung pati, enzim, dan vitamin C yang membantu mencerahkan kulit.

6. Lidah buaya

Kandungan vitamin E, A, dan C pada lidah buaya dapat membantu menutrisi dan memperbaiki kondisi kulit. Rutin mengaplikasikan lidah buaya di bagian bawah mata setiap tidur malam, dapat membantu untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, usapkan gel lidah buaya pada bagian bawah mata yang menghitam diamkan selama 15 menit dan bilas bersih dengan air.

7. Putih telur

Putih telur mengandung vitamin yang dapat membantu mengencangkan kulit, sehingga dianggap paling efektif untuk menghilangkan kantung mata. Caranya, oleskan putih telur pada bagian mata yang hitam. Biarkan selama 20 menit atau hingga kering, kemudian bilas dengan air hangat.

8. Madu

Madu memiliki kemampuan untuk meregenerasi kulit sehingga ketika dioleskan pada kantung mata, kulit di area tersebut akan menjadi cerah lagi. Cara menghilangkan mata panda dengan madu sangat mudah yakni dengan mengoleskan madu pada kantung mata dan biarkan selama 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal lakukan cara ini pada malam hari sebelum tidur.



 

Sumber:

 

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait