7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Menghilangkan Jerawat

Dalam mengatasi jerawat di wajah banyak cara yang dilakukan oleh orang-orang, baik membeli produk-produk kecantikan yang dijual dipasaran hingga berkonsultasi dengan dokter. Namun tidak sedikit yang nyatanya tidak mengalami kecocokan dengan metode-metode tersebut, banyak yang peradangan jerawatnya menjadi parah atau efek samping lain karena bahan-bahan kimia yang digunakan. Atau ada juga yang beranggapan terlalu membuang tenaga, waktu dan uang jika harus membeli produk-produk kecantikan atau ke dokter karena memang biasanya biaya yang dikeluarkan untuk menyembuhkan jerawat tidaklah sedikit. Tetapi ternyata bahan alami yang ada di rumah dapat membantu kita dalam menghadapi jerawat yang membandel.

Dikutip dari laman Medical News Today Memang belum ada bukti ilmiah yang kuat untuk mengurangi jerawat jika hanya menggunakan bahan alami yang ada di rumah, namun kandungan dari bahan-bahan tersebut dapat mengurangi kadar minyak kulit, mengurangi peradangan, membunuh bakteri dan mencegah timbulnya jerawat di masa mendatang.

Berikut beberapa ulasan bahan alami yang bisa kita gunakan untuk membantu menghilangkan jerawat:

1. Lidah buaya

Lidah buaya adalah antibakteri dan anti-inflamasi alami, yang berarti dapat mengurangi munculnya jerawat dan mencegah munculnya jerawat. Dikutip dari laman Medical News Today dalam sebuah penelitian tahun 2014, para peneliti memberi orang dengan gel lidah buaya ringan hingga sedang dan krim tretinoin yang merupakan obat jerawat umum digunakan selama 8 minggu. Hasilnya peserta penelitian melaporkan peningkatan yang signifikan pada jerawat inflamasi dan non inflamasi dibandingkan dengan orang yang hanya menggunakan gel tretinoin. 

2. Madu

Madu terbukti mengandung antioksidan yang dapat membersihkan kotoran dari pori-pori yang tersumbat selain itu kandungan antibakteri dan penyembuh luka pun dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat bahkan selama ribuan tahun.

3. Bawang putih

Bawang putih dipercaya dapat mengobati infeksi dan meningkatkan kemampuan tubuh melawan kuman. Kita bisa menambahkan sedikit lebih banyak bawang putih dalam setiap makanan atau masakan yang akan dikonsumsi atau membeli kapsul ekstrak bawang putih agar lebih praktis. Usahakan untuk tidak langsung mengoles bawang putih pada jerawat, hal ini dikarenakan bawang putih dapat membakar kulit jika tidak digunakan dengan hati-hati justru dapat iritasi kulit lebih lanjut.

4. Teh hijau

Kandungan antioksidan polifenol atau katekin yang tinggi dalam teh hijau dipercaya dapat membantu tubuh memecah bahan kimia dan produk limbah yang dapat merusak sel-sel sehat. Teh hijau dapat membantu membersihkan beberapa kotoran dan limbah yang menumpuk di luka jerawat terbuka. Teh hijau juga mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi produksi sebum kulit, P.acnes, dan peradangan. Kita dapat mengkonsumsinya secara langsung atau menggunakan ekstraknya pada kulit yang berjerawat.

5. Minyak kelapa

Senyawa anti inflamasi dan antibakteri dalam minyak kelapa dapat menghancurkan penyebab jerawat dan mengurang kemerahan dan pembengkakan pada jerawat. Minyak kelapa juga dapat mempercepat penyembuhan luka jerawat terbuka. Caranya cukup mudah yaitu cukup gosok perlahan minyak kelapa pada kulit yang berjerawat, dan usahakan menggunakan minyak yang benar-benar murni.

6. Cuka apel

Cuka apel memiliki kandungan antiseptik alami yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Cukup oleskan cuka apel ke bagian wajah yang berjerawat dengan menggunakan kapas bersih lalu bilas, pemakaian rutin terbukti mampu mengatasi kulit berjerawat.

7. Es batu

Es batu mampu mengurangi peradangan pada kulit akibat wajah berjerawat, cara ini banyak digunakan untuk menghilangkan masalah kulit tersebut dalam waktu yang cpeat.



 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait