7 Bahan Alami yang Dapat Membantu Mengatasi Masalah Kulit Kering

Menjaga kulit kering tetap terhidrasi merupakan penanganan awal untuk menghindari keparahan kondisinya. Saat ini sudah banyak produk yang diluncurkan untuk membantu melembabkan kulit dan mengatasi kulit kering. Namun bagi beberapa orang yang juga memiliki kondisi kulit amat sensitif sulit untuk memilih produk yang sesuai dan aman untuk mereka gunakan.

Hal ini dikarenakan produk yang dijual di pasaran biasanya tidak hanya mengandung bahan pelembab saja namun juga mengandung pengawet, alkohol, serta wewangian. Kedua bahan tersebut menurut ahli dermatologi justru dapat memicu alergi dan iritasi beberapa orang.

Untuk kasus kulit kering ringan para ahli lebih merekomendasikan penggunaan bahan alami seperti minyak.Tidak seperti lotion dan krim berbahan dasar air atau yang mengandung pengawet, minyak murni memiliki bahan dasar alami yang menjadikannya sebagai obat kulit kering yang bagus.

Banyak cara untuk mendapatkan manfaat moisturizer dari bahan alami, baik digunakan langsung sebagai bahan utama ataupun dicampur dan ditambahkan dengan bahan lain. Berikut ulasan 8 bahan alami yang bisa digunakan membantu mengatasi masalah kulit kering:

      • Campuran Minyak Zaitun dan Gula

Scrub alami untuk membantu membuang sel kulit mati juga diperlukan sebagai penanganan kulit kering. Kombinasi minyak zaitun dan gula sangat baik digunakan sebagai pelembab kulit, gosokkan scrub dengan lembut ke kulit lalu bisa. Terakhir, gunakan pelembab yang menenangkan untuk mengunci manfaat kulit yang baru saja terkelupas.

      • Minyak Kelapa

Minyak kelapa sejak lama sudah digunakan sebagai pelembab alami bagi tubuh, hal ini pun didukung oleh studi yang menemukan bahwa minyak kelapa sama aman dan efektifnya dengan petroleum jelly untuk merawat kulit kering. Selain itu minyak kelapa juga mengandung asam lemak jenuh yang memiliki sifat emolien sehingga berfungsi sebagai pelembab dengan mengisi celah di kulit kering dan membuatnya terasa halus.

      • Madu

Manfaat madu sudah dikenal luas sebagai salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menyembuhkan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun selain itu hasil studi juga menunjukkan bahwa madu juga dapat digunakan sebagai pelembab serta anti inflamasi sehingga sangat baik dijadikan perawatan rumah yang ideal untuk meredakan kulit.

      • Aloe Vera

Gel lidah buaya dapat membantu meredakan kulit kering dengan cara mengoleskan gel lidah buaya secara merata ke area yang terasa kering dan digunakan saat malam menjelang tidur.

      • Masker Alpukat

Masker alpukat dapat membantu menenangkan kulit kering, cukup campurkan setengah buah alpukat dan mencampurkannya dengan 1 sendok teh minyak zaitun dan madu untuk kulit yang terlalu kering biarkan 15 sampai 20 menit lalu bilas. Campuran bahan-bahan tersebut dapat membantu kulit terasa lebih lembab dan menggandakan efek hidrasi pada kulit.

      • Oatmeal dan Madu

Campuran oatmeal dan madu dapat digunakan sebagai eksfoliasi kulit yang dapat membantu menenangkan dan menghidrasi kulit kering. Campurkan 2 sdm oat dengan 1 sdm madu dan sedikit air kemudian hangatkan dan oleskan pada bagian kulit yang kering biarkan 15-20 menit dan bilas.

      • Susu

Menambahkan susu ke dalam campuran air mandi ternyata dapat membantu meringankan kulit kering dan gatal. Susu mengandung asam laktat yang membantu pengelupasan kulit mati, selain itu terdapat anti inflamasi sehingga dapat membantu mempertahankan kelembaban kulit. Gunakan susu sapi atau kambing murni, dan cukup tuangkan pada air hangat untuk mandi. Atau bisa juga merendam kain lap ke dalam susu kemudian meletakkannya di area kulit kering selama 10 menit kemudian bilas.

 

 

 



 

 

 

 

 

Sumber:

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait