6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak yang berpikir bahwa tanda-tanda tersebut bisa hilang dengan beristirahat, namun ketika hal tersebut tidak terjadi justru akan menimbulkan kepanikan sendiri karena mengira sedang mengalami masalah kesehatan serius. Padahal tanda-tanda tersebut bisa jadi karena tubuh kita tidak mendapatkan cukup nutrisi seperti vitamin atau mineral tertentu. Dikutip dari laman Healthline Kekurangan nutrisi bisa disebabkan karena pola makan yang buruk, konsumsi obat yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi hingga adanya penyakit tertentu dalam tubuh.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut tanda-tanda tubuh kekurangan nutrisi:

1. Rambut rontok parah

Rambut rontok memang hal yang umum, karena setiap orang akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya namun jika tiba-tiba kita menemukan gumpalan rambut di bantal atau saluran pembuangan kamar mandi lebih baik segera konsultasikan kepada dokter. Karena hal tersebut bisa jadi adalah tanda dari tubuh kita kekurangan nutrisi seperti kadar zat besi yang rendah. 

2. Sensasi terbakar di kaki atau lidah

Hal ini bisa terjadi ketika tubuh mengalami kekurangan vitamin B12, dimana vitamin tersebut memiliki peran penting sebagai produksi hemoglobin yang berfungsi membantu sel-sel dalam tubuh untuk menerima oksigen. Selain itu vitamin tersebut juga dibutuhkan tubuh pada saluran pencernaan agar bekerja dengan baik.

3. Nyeri tulang

Nyeri tulang bisa menjadi tanda kekurangan vitamin D, pada pencegahan atau penanganan awal kita cukup mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin D seperti salmon, herring, sarden, tuna, udang atau produk-produk susu dan oatmeal. Namun jika gejala bertambah parah, akan sangat disarankan untuk konsultasi ke dokter untuk menambahkan dosisi vitamin D essential.

4. Kuku mengelupas dan pecah

Jika kuku-kuku menjadi lebih rapuh dan mudah terkelupas, hal ini bisa terjadi akibat dari kekurangan zat besi. 

5. Sudut bibir pecah-pecah

Hal ini biasanya dipicu oleh kekurangan riboflavin (vitamin B2) atau vitamin C. Produk susu merupakan sumber alami riboflavin dan kita juga dapat menemukan vitamin C pada buah jeruk serta sayuran hijau

6. Otot-otot sering kaku

Otot-otot yang sering terasa kaku dan kejang, bahkan ketika tak banyak bergerak ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan magnesium yang membantu mengatur fungsi tubuh.



 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait