6 Penyakit Ini Dapat Sembuh Dengan Berpuasa

6 Penyakit Ini Dapat Sembuh Dengan Berpuasa

Puasa merupakan hal yang umum dilakukan oleh banyak orang sekarang ini terutama umat muslim, selain puasa ramadhan yang memang diwajibkan tidak sedikit yang melakukan puasa sunnah dalam kesehariannya. Namun ternyata bukan hanya umat muslim saja yang saat ini banyak melakukan puasa, hal ini dikarenakan banyaknya penelitian yang dilakukan oleh para dokter-dokter ahli yang mengemukakan bahwa puasa ternyata dapat menjadi salah satu metode untuk mencegah, meringankan bahkan menyembuhkan penyakit dalam tubuh dari yang ringan hingga berat. Salah satu penelitian yang dilakukan di Inggris (19/12/18), menyatakan bahwa studi molekuler dan klinis berbasis penelitian yang dilakukan tentang ramadhan dan metode puasa lainnya sepakat bahwa puasa berdampak positif pada kesehatan manusia.
Puasa juga menyebabkan kesehatan metabolisme yang lebih baik dengan mengurangi peradangan dan stres oksidatif, akan tetapi bagi beberapa penderita penyakit kronis dianjurkan untuk tetap berkonsultasi kepada dokter sebelum melakukan puasa hal ini untuk mencegah terjadinya efek samping yang tidak diinginkan seperti kekurangan cairan, kelelahan, insomnia, mual hingga sakit kepala.

Untuk lebih jelasnya, dikutip dari berbagai sumber berikut penyakit dalam tubuh yang bisa sembuh dengan berpuasa:

1. Penyakit Lambung (Maag)

Saat berpuasa, berarti secara tidak langsung tubuh menyeimbangkan kandungan asam dalam lambung. Asam ini dianggap sebagai penyebab utama munculnya sakit maag, dan puasa mampu mengatur distribusi asam yang mengganggu sistem pencernaan di dalam lambung sehingga penyakit maag pun bisa mereda.

2. Sesak Napas dan Bronkitis

Hasil penelitian di Universitas Raja Khalid, Arab Saudi membuktikan bahwa berpuasa memiliki pengaruh besar dalam menghilangkan gejala sesak napas. Hal ini karena kosongnya perut dari makanan sehingga memberikan kesempatan bergerak bagi sekat rongga badan secara leluasa yang pada akhirnya kinerja paru-paru lebih baik dan bertambah kadar keluasannya.

3. Penyakit Peradangan

Puasa mampu mengaktifkan kelenjar kekebalan dan memproduksi unsur-unsur yang melawan penyakit sehingga menambah jumlah kelenjar dalam tubuh. Hasilnya puasa dapat mengobati berbagai penyakit radang seperti radang amandel, radang rongga hidung, radang otot, radang sendi dan radang kandung empedu.

4. Sakit Kepala Sebelah (Migrain)

Hasilnya survey di Amerika membuktikan jika puasa dapat mengobati lebih dari 80% penderita sakit migrain. Hal ini didapat setelah para pasien menjalankan terapi puasa selama 2 sampai 3 minggu secara terus menerus. Dan saat puasa dilanjutkan dalam jangka lama, maka penyakit tersebut bisa hilang total.

5. Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik terdiri dari kombinasi obesitas abdominal, hipertensi, dan dislipidemia. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2019, membuktikan bahwa banyak orang yang menjalani puasa mengalami penurunan berat badan dan obesitas hingga 5 kg. Selain itu puasa yang dilakukan dua hari per minggu menunjukkan penurunan tekanan darah yang signifikan hingga 3%-8% sistolik dan 6%-10% diastolik, puasa yang dilakukan secara berkala sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi dimana tekanan darah sistolik turun 20-60 mmHg dalam satu sampai dua minggu. Puasa juga telah dikenal untuk membalikkan diabetes tipe 2 pada manusia selama lebih dari satu abad.

6. Sebagai Terapi Kanker

Puasa menumbuhkan lingkungan kekurangan nutrisi yang mungkin bermusuhan dengan sel kanker. Potensi kegunaan puasa bersamaan dengan kemoterapi juga telah dinilai pada kanker lain, termasuk yang sering bermetastasis ke otak seperti kanker paru-paru dan payudara. Dalam studi terakhir puasa yang diterapkan sebelum atau setelah kemoterapi menurunkan efek samping kemoterapi, seperti rasa kelelahan, gangguan pencernaan, hingga mencegah penurunan sel darah merah, jumlah trombosit yang disebabkan kemoterapi dan mungkin melindungi sel normal dari kerusakan DNA. 



 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »