6 Kandungan dalam Skincare yang Bisa Mengatasi Bekas Jerawat

6 Kandungan dalam Skincare yang Bisa Mengatasi Bekas Jerawat

Jerawat masih menjadi masalah kulit yang menyebalkan untuk banyak orang, tidak hanya perempuan tetapi hal ini juga bisa terjadi pada laki-laki. Jerawat sering disertai rasa gatal dan perih yang membuat tidak nyaman, selain itu kemerahan dan pimple dari jerawat juga cukup mengganggu penampilan. Tetapi masalah kulit ini, tidak hanya terjadi saat munculnya jerawat melainkan setelah kering biasanya akan menimbulkan noda hitam yang juga sulit dihilangkan.

Dikutip dari laman Healthline jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, kulit mati atau bakteri. Selain itu perubahan hormonal yang disebabkan oleh pubertas atau kehamilan, obat-obatan tertentu seperti pil KB atau kortikosteroid, diet tinggi gula atau karbohidrat, dan memiliki riwayat orang tua yang berjerawat. Dan biasanya noda hitam bekas jerawat akan muncul ketika saat terjadi peradangan pada kulit tidak ditangani dengan baik, sering memegang wajah saat berjerawat hingga memecahkan jerawat sendiri tanpa penanganan dengan baik.

Ketika noda hitam bekas jerawat muncul, kebanyakan orang akan mulai mencari produk-produk perawatan wajah yang dapat membantu menghilangkan hal tersebut. Sekarang ini sudah banyak produk skincare di pasaran mengandung bahan aktif yang dapat membantu untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Nah berikut adalah ulasan beberapa kandungan dalam skincare yang dapat membantu kita untuk mengatasi bekas jerawat:

1. Niacinamide

Beberapa tahun kebelakang ini, niacinamide cukup terkenal dikalangan beauty vlogger dan ahli kecantikan lainnya. Niacinamide merupakan kandungan skincare turunan dari bentuk vitamin B3 yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit. Skincare dengan kandungan ini memiliki banyak manfaat dari melembabkan kulit, mengobati jerawat kulit, mencerahkan hingga menghilangkan bekas noda jerawat. Hal ini dikarenakan niacinamide dapat merangsang produksi kolagen dalam kulit sehingga memperbaiki tekstur dan warna kulit yang tidak rata karena bekas jerawat.

2. Retinol

Retinol menjadi kandungan skincare yang tengah digandrungi sekarang ini. Kandungan ini dipercaya menjadi jawaban dari permasalahan kulit wanita seperti noda hitam, jerawat, pori-pori besar hingga tanda-tanda penuaan dini. Hal ini dikarenakan retinol merupakan turunan sintetik dari Vitamin A yang dapat membantu mempercepat regenerasi kulit dan juga meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Namun perlu diperhatikan dalam menggunakan retinol yaitu tidak mengaplikasikan bersamaan dengan vitamin C karena dapat menghilangkan fungsi dari keduanya.

3. Vitamin C

Manfaat dari vitamin C telah lama menjadi rahasia kecantikan kulit para wanita. Tak hanya untuk penggunaan secara oral tetapi juga dapat diaplikasikan sebagai kandungan skincare. Mengaplikasikan skincare yang mengandung vitamin C dapat membuat kulit tampak lebih sehat, cerah, halus bahkan dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Hal ini dikarenakan vitamin C mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas, memperbaiki sel kulit yang rusak dan juga meningkatkan produksi kolagen dalam kulit.

4. Glycolic Acid

Kandungan ini merupakan golongan dari AHA yang bermanfaat untuk mengeksfoliasi kulit. Glycolic acid bekerja dengan memecahkan ikatan antar kulit lapisan luar (sel kulit mati) dengan kulit yang ada di bawahnya. Proses regenerasi sel ini dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat, mencerahkan kulit serta membuat kulit lebih halus dan sehat.

5. Kojic Acid

Kojic acid merupakan kandungan skincare yang populer digunakan untuk memutihkan kulit dan merupakan suatu zat yang dapat menghambat proses produksi melanin dengan cara mencegah pembentukan tirosin yang merupakan asam amino yang dibutuhkan saat proses pigmen kulit. Penghambatan produksi melanin dalam kulit juga tak hanya dapat meningkatkan tone kulit tetapi juga menghilangkan hiperpigmentasi dan juga noda hitam bekas jerawat.

6. Alpha Arbutin

Cara kerja dari kandungan skincare ini yaitu menghambat proses pembentukan tirosin dalam kulit. Alpha arbutin merupakan zat turunan dari hydroquinone. Berbeda dengan hydroquinone yang tak boleh sembarangan digunakan untuk kandungan skincare, alpha arbutin dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan iritasi.



 

 

 

 

 

Sumber:

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait