6 Cara Mempersiapkan Tubuh Untuk Menghadapi Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat

6 Cara Mempersiapkan Tubuh Untuk Menghadapi Bulan Ramadhan Agar Tetap Sehat

Saat Ramadhan banyak hal yang harus kita jaga agar ibadah selama satu bulan berjalan dengan baik dan tidak mendapatkan hambatan, salah satunya adalah kesehatan tubuh kita. 

Puasa tak sekedar menahan lapar dan haus, banyak hal yang harus dihadapi terutama bagi masyarakat dengan mobilitas tinggi dan hidup di perkotaan. Kondisi cuaca yang tidak menentu juga akan sangat berpengaruh pada tubuh kita selama menjalankan puasa.

Untuk itu sebelum memulai puasa Ramadhan ada baiknya kita mulai mempersiapkan tubuh kita agar dapat menjalankan ibadah dengan baik.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mempersiapkan tubuh menghadapi bulan Ramadhan agar tetap sehat:

1. Mulailah minum lebih banyak air sekarang

Sebelum memasuki awal Ramadhan, tingkatkan asupan air kita untuk mendapatkan tubuh dalam keadaan hidrasi yang optimal. Tambahkan satu atau dua gelas ekstra sehari untuk mencoba dan menurunkan tingkat dehidrasi yang akan dihadapi tubuh selama berpuasa.

2. Kurangi asupan kalori 

Jika kebanyakan orang mungkin tergoda untuk makan sepuasnya jelang Ramadhan, sebenarnya yang harus dilakukan adalah sebaliknya. Kebiasaan makan banyak yang dilakukan akan membuat tubuh terbiasa makan lebih banyak, dan mudah merasakan lapar. Mulai kurangi asupan kalori sekarang dan menukar makanan berlemak tinggi dengan pilihan protein tinggi.

3. Kurangi jumlah konsumsi kopi harian

Mengurangi jumlah konsumsi kopi harian menjelang Ramadhan sangat dianjurkan, hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala sakit kepala akibat kekurangan kafein. Mulailah kurangi jumlah konsumsi terutama pada sore hari. Selain kopi, untuk perokok aktif juga dianjurkan mulai mengurangi konsumsi rokok perhari karena efek samping yang sering dirasakan bagi pecinta kopi dan rokok jika kebiasaan tersebut dihentikan secara mendadak akan mengalami sakit kepala yang berlebihan

4. Mulailah mengubah pola tidur

Setel alarm lebih awal setiap hari, jika biasanya kita bangun jam 7 pagi maka lakukan jam 6 pagi dan hari berikutnya menjadi 05.30 begitu seterusnya. Dan mulailah untuk tidur lebih awal, hal ini akan membuat tubuh terbiasa beraktivitas lebih cepat sehingga tidak akan menimbulkan kelelahan.

5. Hentikan semua camilan

Kebanyakan orang sudah terbiasa dengan pola makan utama tiga kali sehari dan sesekali camilan. Jika tidak mulai dikurangi dari sekarang menjelang Ramadhan, tubuh akan kurang beradaptasi sehingga mungkin akan merasa kelaparan di siang hari.

6. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Ada beberapa manfaat yang akan dirasakan jika memperbanyak konsumsi buah dan sayuran. Pertama, keduanya kaya akan mineral sehingga bisa meningkatkan air yang masuk ke tubuh. Kedua, buah dan sayuran juga berperan dalam meningkatkan kualitas karbohidrat yang kita konsumsi. Jadi, tubuh kita bisa mempersiapkan diri lebih baik saat puasa nant kemungkinan untuk merasa lemah pun bisa diminimalkan. Ketiga, buah dan sayur kaya akan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Proses metabolisme semakin lancar, tekanan darah dapat dijaga, serta badan akan tetap sehat saat bulan Ramadhan datang.



 

 

 

 

 

Sumber:

Arabnews.com : Lifestyle – Ready, set, fast: Prepare your body for Ramadhan with these health tips

Idntimes.com : 8 tip mempersiapka  tubuh sambut ramadan agar kuat dan sehat

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

6 Tanda Tubuh Kurang Nutrisi

Kegiatan padat yang dilakukan sehari-hari terkadang tanpa sadar menguras banyak energi dalam tubuh dan tidak jarang membuat kita kelelahan hingga mengalami gejala penurunan kesehatan. Banyak

Read More »