5 Tips Agar Kulit Cantik dan Sehat Saat Lebaran

5 Tips Agar Kulit Cantik dan Sehat Saat Lebaran

Setelah menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh, umat muslim diseluruh dunia akan merayakan hari raya idul fitri atau yang lebih akrab disebut hari raya lebaran di Indonesia. Berbagai persiapan menjelang lebaran pasti dilakukan oleh semua orang, mulai dari kudapan khas lebaran hingga penampilan. Bahkan di Indonesia sampai saat ini masih sangat akrab dengan tradisi membeli baju baru untuk lebaran, karena hampir seluruh masyarakat Indonesia beranggapan bahwa lebaran adalah momentum untuk mempercantik diri terutama soal penampilan. Namun selain penggunaan baju baru untuk mendukung penampilan yang cantik saat lebaran, akan ada baiknya kita juga memperhatikan kesehatan kulit kita agar menambah kecantikan saat di hari raya. Karena faktanya, dikutip dari laman London Premier Laser saat ramadan kita akan lebih sering kurang mengkonsumsi air, terganggunya waktu tidur, stress dan tidak makan-makanan yang bergizi dimana hal ini berpengaruh pada kesehatan kulit. Dampak yang paling sering dijumpai adalah kulit menjadi kering dan kusam yang pastinya akan mengganggu penampilan, terutama di saat hari lebaran tiba. Lalu bagaimana cara kita menjaga agar kulit tetap cantik dan sehat saat lebaran?

Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar kulit cantik dan sehat saat lebaran:

1. Konsumsi air putih yang cukup

Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering, garis-garis halus, keriput dan kendur. Walaupun saat ramadhan kita tidak bisa mengkonsumsi air putih di siang hari, tetapi sebenarnya kecukupan air yang kita perlukan tidak berubah. Jadi pastikan kita mengkonsumsi cukup air mulai dari buka puasa hingga sahur. Untuk orang dewasa yang sehat dengan kata lain tanpa gangguan kesehatan khusus konsumsi air yang dianjurkan adalah 1,5-2 lt per hari. Atau kita bisa menghitung berapa banyak air yang harus diminum disesuaikan dengan berat badan, caranya: Air(liter) untuk diminum sehari = Berat badan (Kg) dikalikan 0,033, artinya jika berat badan 55 kg, maka harus minum air sebanyak 1,8 liter per hari dengan perhitungan: 55 x 0,033 = 1,8

2. Gunakan skincare yang tepat

Setelah memastikan kulit terhidrasi dengan baik, langkah selanjutnya adalah mencegah kerusakan sel-sel kulit. Kehilangan vitamin dan mineral penting saat berpuasa dapat mempengaruhi pertahanan diri serta kemampuan kulit dalam menjaga keseimbangan pH dan minyak. Disinilah pentingnya penggunaan skincare bagi kulit, hal yang harus dipastikan adalah pilihlah produk sesuai jenis kulit agar mencegah masalah lain yang timbul seperti jerawat atau kulit terlalu kering.

3. Gunakan pelembab

Meski tidak minum air yang cukup saat siang hari di bulan ramadhan, pastikan kulit tetap terhidrasi dengan menggunakan pelembab terutama yang mengandung mineral. Perlu diingat bahwa kulit berminyak juga tetap perlu menggunakan pelembab, namun disarankan untuk tetap memilih produk sesuai dengan jenis kulit.

4. Gunakan masker wajah

Cara ini biasanya dilakukan untuk mendapatkan hasil yang cepat namun tetap maksimal, penggunaan masker wajah dapat membantu mengencangkan hingga meningkatkan kilau kulit saat terasa kusam. Selain itu masker wajah juga dapat membantu meningkatkan kelembaban pada kulit. Jika dirasa kulit terlalu sensitif menggunakan produk-produk yang ada dipasaranan, kita juga bisa membuat masker sendiri dengan menggunakan bahan alami yang tersedia di rumah.

5. Konsumsi makanan kaya antioksidan

Antioksidan tinggi dapat membantu melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV seperti hiperpigmentasi. Konsumsi anggur, buah beri, dan kacang-kacangan seperti kenari yang kaya akan polifenol dapat membantu mempercantik kulit secara alami



 

 

 

 

 

Sumber:

 

 

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Terkait