You are currently viewing 5 Bahan Alami dan Herbal ini Bantu Atasi Diabetes

5 Bahan Alami dan Herbal ini Bantu Atasi Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit atau gangguan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah disertai dengan gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan protein akibat gangguan fungsi insulin. Meskipun demikian dengan pola hidup yang sehat dan teratur penderita diabetes tetap dapat hidup normal dan menjalankan aktivitas mereka sehari-hari. Seiring berkembangnya teknologi banyak pengobatan alternatif yang ditawarkan untuk membantu mengendalikan gejala diabetes, salah satunya ialah pengobatan dengan memanfaatkan bahan alami yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah yang tinggi.

Namun, pemilihan pengobatan ini juga terus dilakukan penelitian terkait khasiat dan efek samping terhadap penderita diabetes. Karena tidak semua bahan alami dapat dikonsumsi oleh  penderita diabetes.

Apakah diabetes dapat diobati dengan obat herbal?

Penting untuk diingat bahwa bahan alami dan herbal bukan menjadi pengganti atau pengobatan utama untuk diabetes. Tidak ada kandungan bahan alami dan herbal sebagai terapi tunggal yang dapat memperbaiki pankreas yang berhenti memproduksi insulin atau meningkatkan kemampuan sel menyerap insulin.

Sejauh ini beberapa hasil penelitian menunjukkan beberapa bahan alami dan herbal yang memiliki potensi sebagai penurun kadar gula darah penderita diabetes.

Namun, perlu dipahami bersama sebelum menggunakan bahan alami atau herbal sebagai tambahan pengobatan diabetes bahwa tidak semua zat tersebut memberikan dampak yang sama untuk semua penderita diabetes. Beberapa pasien diabetes yang memiliki riwayat alergi atau penyakit kronis lain seperti hipertensi, jantung, dan kanker mungkin memiliki risiko mengalami reaksi yang berbahaya setelah mengkonsumsi bahan alami atau herbal tersebut.

Sementara bukti dan studi tentang efek bahan alami atau herbal ini terbatas, beberapa bahan alami di bawah ini telah terbukti memiliki beberapa kemanjuran dalam membantu mengobati diabetes Tipe 2.

5 Bahan Alami dan Herbal untuk obat diabetes

Kunyit

Senyawa kurkumin dalam kunyit telah terbukti meningkatkan kontrol gula darah dan membantu mencegah timbulnya diabetes. Hasil studi juga menunjukkan mengonsumsi kunyit dapat membantu mencegah perkembangan penyakit diabetes tipe 2 pada orang prediabetes dan mencegah terjadinya komplikasi diabetes.

Ginseng

Ginseng telah lama digunakan sebagai obat tradisional, hasil penelitian menunjukkan bahwa ginseng dapat membantu menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Senyawa alami dalam ginseng dapat membantu mengatur penyerapan glukosa sehingga mencegah gula darah melonjak tiba-tiba. Ginseng juga diketahui dapat menurunkan kadar gula darah puasa, gula darah dua jam setelah makan, dan gula darah selama 3 bulan terakhir. Namun tingkat efektivitas ginseng sebagai penurun kadar gula darah tergantung jumlah senyawa aktif yang terkandung dalam masing-masing jenis ginseng.

Kayu Manis

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi sekitar setengah sendok teh kayu manis per hari dapat menurunkan risiko resistensi insulin, menurunkan kadar gula darah setelah makan, serta melawan peradangan karena dapat meningkatkan metabolisme glukosa. Kayu manis juga dapat menekan resiko komplikasi diabetes seperti darah tinggi dan juga penyakit jantung.

Jahe

Hasil penelitian menunjukkan jahe mampu membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan kadar HbA1c. Selain itu jahe juga diketahui dapat mencegah peradangan yang menyebabkan komplikasi pada mata serta penyakit jantung sebagai akibat dari komplikasi diabetes.

Daun Sirsak

Kandungan polifenol dan flavonoid dalam daun sirsak diketahui bersifat antihiperglikemik, yang dapat mengurangi laju pemecahan gula dari makanan menjadi lebih sederhana, sehingga memberi lebih banyak waktu pankreas memproduksi insulin untuk membantu penyerapan gula darah.

Tidak hanya dengan mengandalkan bahan alam, rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik dapat membantu mengontrol gula darah. Menurut beberapa ahli, latihan fisik ternyata dapat menstabilkan kadar gula darah sekaligus meningkatkan sensitivitas insulin pada otot penderita diabetes. Aktivitas fisik yang dilakukan dapat disesuaikan dengan kemampuan masing-masing penderita, harus dilihat juga apakah aktivitas fisik yang dilakukan dapat menimbulkan komplikasi atau tidak. Selain itu, penderita diabetes identik dengan obesitas maka olahraga bagi penderita diabetes sangat disarankan karena dapat membakar lemak dan juga gula. Dengan terbakarnya lemak dan gula tersebut kadar gula bisa menurun sekaligus menurunkan berat badan.

Itulah tadi pembahasan mengenai bahan alami dan herbal yang dapat membantu mengobati diabetes. Namun, Sahabat Kaef harus selalu ingat untuk konsultasikan terlebih dahulu setiap pengobatan alternatif yang akan dilakukan dan selalu kontrol kadar gula darah secara berkala.

Sahabat Kaef juga dapat melakukan reservasi layanan kesehatan hingga laboratorium dengan mudah melalui melalui aplikasi Kimia Farma Mobile. Caranya download aplikasi Kimia Farma Mobile melalui App Store atau Google Play.

Sumber: