Kenali 4 Hormon Kebahagiaan dan Cara Meningkatkannya untuk Bantu Jaga Kesehatan

Kenali 4 Hormon Kebahagiaan dan Cara Meningkatkannya untuk Bantu Jaga Kesehatan

Perasaan emosional sering kali kita rasakan setiap harinya baik sedih, bahagia, cemas, hingga marah. Hal-hal tersebut didukung oleh reaksi kimia dalam tubuh yang bertanggung jawab terhadap perasaan positif maupun negatif. Dari semua perasaan yang timbul tentunya perasaan bahagia dan senang lah yang paling banyak diinginkan muncul, namun banyak nya tekanan yang diterima sehari-hari baik dari segi pekerjaan hingga kehidupan sosial sering kali membuat sulit perasaan bahagia muncul.

Dikutip dari laman Healthline ada 4 hormon yang berperan aktif dalam memunculkan perasaan bahagia pada diri seseorang, diantaranya yaitu:

1. Dopamin

Dikenal juga dengan sebutan hormon “perasaan baik”. Dopamin adalah hormon dari neurotransmitter yang merupakan bagian penting dari sistem penghargaan di dalam otak. Hormon ini dikaitkan dengan sensasi menyenangkan, bersama dengan pembelajaran, memori, fungsi sistem motorik, dan banyak lagi.

2. Serotonin

Hormon ini membantu mengatur suasana hari serta pola tidur, nafsu makan, pencernaan, kemampuan belajar dan memori.

3. Oksitosin

Sering disebut dengan “hormon cinta”, oksitosin sangat penting dalam proses persalinan, menyusui dan ikatan orang tua-anak yang kuat. Selain itu hormon ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan, empati, dan ikatan dalam hubungan. Kadar oksitosin umumnya akan meningkat dengan kasih sayang dalam bentuk fisik seperti pelukan, ciuman hingga seks.

4. Endorfin

Hormon endorfin dapat dikatakan sebagai pereda nyeri alami untuk tubuh yang diproduksi sebagai respons terhadap stress atau ketidaknyamanan. Kadar endorfin juga biasanya akan meningkat saat kita melakukan aktivitas yang berhubungan dengan fisik seperti berolahraga.

Meningkatkan hormon kebahagiaan dalam tubuh ternyata sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh, stress tingkat tinggi yang dialami oleh seseorang apabila tidak ditangani dengan baik dapat mengganggu aktivitas bahkan kesehatan tubuh kita juga. Seperti banyak diketahui bersama, stress yang tidak ditangani dengan baik mampu menimbulkan beberapa penyakit seperti maag, sakit kepala hingga kenaikan tekanan darah atau darah tinggi. Namun banyak yang belum menyadari bahwa ternyata meningkatkan hormon kebahagiaan sangatlah mudah, bahkan cukup dengan melakukan hal-hal kecil.

Berikut ulasan cara meningkatkan hormon kebahagiaan yang bisa kita coba untuk bantu jaga kesehatan:

1. Olahraga

Cara terbaik dan paling efektif untuk meningkatkan serotonin adalah olahraga setiap hari. Olahraga 20 hingga 30 menit per hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaatnya. Selain itu olahraga memiliki bonus tambahan untuk mengatur tidur, menjernihkan pikiran, menjaga kesehatan jantung dan berat badan. Olahraga yang teratur dapat meningkatkan hormon endorfin dan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati dan tingkat energi.

2. Makan Coklat

Coklat hitam berkualitas baik memiliki banyak manfaat kesehatan yang luar biasa termasuk menjadi penguat endorfin. Selain itu coklat hitam juga dapat mengurangi peradangan, menurunkan tekanan darah dan melindungi kesehatan arteri.

3. Pergi Liburan 

Menghabiskan waktu di luar ruangan dan di bawah sinar matahari ternyata dapat meningkatkan kadar endorfin dan serotonin. Mulailah dengan setidaknya 10 hingga 15 menit di luar setiap hari dan coba jelajahi tempat-tempat baru yang menarik. Selain itu dalam sebuah penelitian pada tahun 2008 juga menegaskan paparan sinar matahari dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin.

4. Memasak dan Menikmati Makanan Favorit

Hal ini dapat meningkatkan keempat hormon kebahagiaan, kenikmatan yang didapat dari makan sesuatu yang enak dapat memicu pelepasan dopamin bersama endorfin. Selain itu berbagi makanan dengan orang terdekat juga dapat meningkatkan kadar hormon oksitosin. Makanan tertentu juga dapat berdampak pada kadar hormon, seperti:
Makanan pedas dapat memicu pelepasan endorfin, Yogurt, kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak dan almond dapat memicu pelepasan dopamin, Makanan tinggi triptofan, memicu peningkatan kadar serotonin, Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt, kimchi, dan sauerkraut juga dapat mempengaruhi pelepasan hormon



 

 

 

 

 

Sumber: